15 Cara Menjadi Dropship Agar Sukses dengan Penghasilan Lumayan
Dropship adalah metode bisnis dimana Anda dapat memulai penjualan tanpa memerlukan modal belanja.Yang Anda butuhkan hanya katalog dan gambar yang bisa Anda dapatan secara cuma cuma dari pihak supplier. Anda tidak perlu menimbun stok produk yang memiliki potensi besar merugi apabila stok rusak atau tidak laku. Yuk simak bagaimana cara menjadi dropshiper sukses dengan penghasilan lumayan berikut ini.

Dropship adalah metode bisnis dimana Anda dapat memulai penjualan tanpa memerlukan modal belanja.Yang Anda butuhkan hanya katalog dan gambar yang bisa Anda dapatan secara cuma cuma dari pihak supplier. Anda tidak perlu menimbun stok produk yang memiliki potensi besar merugi apabila stok rusak atau tidak laku. Cara menjadi dropship agar sukses dengan penghasilan lumayan yag paling sederhana adalah dengan menaikkan volume penjualan. Semakin banyak penjualan yang terjadi maka semakin banyak pula keuntungan yang akan Anda dapatkan. Namun sebelum sampai ke tahap meningkatkan volume penjualan, yang pertama kali harus Anda lakukan adalah menghasilkan penjualan pertama kalinya. ada beberapa hal yang harus Anda penuhi untuk dapat menghasilkan uang untuk pertama kalinya, seperti memiliki Toko Online, memiliki Suplier yang dapat dipercaya, meningkatkan kepercayaan konsumen dan sejumlah hal lainnya yang dapat Anda temukan dalam ulasan menarik dibawah ini.

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa perbedaan utama seorang Dropsip dengan seorang Reseller terletak pada modal. Resseler membutuhkan modal untuk belanja produk, sedangkan dropship tidak memerlukan modal belanja untuk mendapatkan produk, uang yang digunakan untuk membeli produk dropship didapat dari konsumen. Jadi dapat disimpulkan bahwa Dropshiper adalah jembatan yang menghubungkan Supllier dan Konsumen. Tentunya sebesar apapun keuntungan yang diambil oleh Dropship, produsen tidak akan merasa dirugikan, karena mereka sendiri sudah memasang harga, sehingga ketika dropship mengambil keuntungan pihak produsen tidak akan dirugikan. Yuk simak 15 cara menjadi dropship agar sukses dengan penghasilan lumayan.

1) Bangun Toko Online

15 Cara Menjadi Dropship yang Sukses
Bangun Toko Online

Meskipun Dropshiper hanya bermodalkan foto katalog produk dari supplier, namun seorang dropsiper haruns memiliki toko online untuk memudahkan penempatan produk yang ada di katalog. Toko Online menjadi etalasa Anda di dunia maya untuk memudahkan konsumen melihat lihat produk apa yang bisa dia dapatkan dari Anda. Jika Anda memiliki sedikit modal atau uang lebih, mintalah seseorang untuk membuatkan Anda toko online yang memiliki tampilan yang nyaman dan juga memanjakan mata, hal tersebut dilakukan untuk membuat konsumen tetap betah di toko Anda. Toko Online yang dimaksud adalah “wadah” bagi Dropship untuk menampung Foto Produk dari Supplier, sehingga dalam prakteknya, Toko Online tidak hanya berupa Web atau Blog, namun juga dapat berupa akun sosial media, seperti Instagram atau facebook. Nama yang digunakan sebagai Toko Online sepenuhnya menjadi kewenangan Dropship.

2) Melakukan Riset Terhadap Supplier

15 Cara Menjadi Dropship yang Sukses
Melakukan Riset Terhadap Supplier

Bagi seorang Dropshiper, supplier memiliki peranan penting dalam rantai distribusi barang, karena tanpa supplier tidak akan ada produk yang dapat di jual atau disalurkan ke konsumen.

Namun tidak semua supplier dapat dipercaya. Berhati hatilah saat memilih supplier, karena Jika anda salah memilih supplier, anda dapat juga terjerumus kedalam hal buruk, seperti penipuan, ketika Anda sudah memesan sejumlah produk, supplier tersebut menghindar dan memutuskan hubungan dengan anda. Sehingga sebagai Dropshiper, Anda akan berhadapan langsung dengan konsumen. Untuk menghindari hal tersebut Anda sebaiknya mencari tahu kualitas barang, kredibilitas supplier dengan membaca rivew atau testimoni dari pelanggan, atau Anda dapat mencoba melakukan pembelian terlebih dahulu sebelum menjadi Dropship dari supplier tersebut, lalu anda nilai sendiri apakah supplier tersebut sudah layak untuk anda ajak kerjasama. Layak tidaknya supplier meliputi cepat lamanya pengiriman, tanggap tidaknya suplier ketika menghadapi komplain dan kesamaan barang dengan foto yang diperlihatkan.

3) Lengkapi Deskripsi Produk dari Barang yang akan Anda Jual

15 Cara Menjadi Dropship yang Sukses
Lengkapi Deskripsi Produk dari Barang yang akan Anda Jual

Salah satu kelemahan dropshiper yang sering dilakukan adalah menawarkan produk tanpa memperjelas deskripsi produk. Padahal deskripsi produk adalah poin yang penting bagi calon pembeli untuk memutuskan apakah Dia membutuhkan barang tersebut atau tidak, atau dia merasa nyaman dengan bahan yang digunakan atau tidak. Maka demi kenyamanan calon konsumen, segera lengkapi deskripsi dari produk yang Anda tawarkan, jika terkendala dengan deskripsi produk, Anda dapat menanyakannya langsung ke supplier.

4) Gunakan Foto Produk Yang menarik

15 Cara Menjadi Dropship yang Sukses
Gunakan Foto Produk Yang menarik

Salah satu riset menunjukkan bahwa foto menjadi salah satu faktor utama seseorang melakukan pembelian di toko online. Karena itu kualitas foto yang digunakan untuk menampilkan produk sangatlah berpengaruh, semakin berkualitas foto tentu akan semakin ampuh menarik mata konsumen agar tertuju pada toko online Anda. Selain kualitas, background juga memiliki pengaruh, carilah produk dengan background satu warna,karena background polos satu warna akan memudahkan mata calon konsumen tertuju pada produk yang ditawarkan.

5) Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

15 Cara Menjadi Dropship yang Sukses
Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Bisnis dropsip tidak dapat ditopang oleh satu kali pembelian konsumen, dibutuhkan berkali kali pembelian dari satu orang konsumen agar bisnis dropship anda dapat berkembang. Pembelian yang berkali kali oleh konsumen yang sama menunjukan bahwa mereka menemukan apa yang mereka butuhkan pada toko Anda. Salah satu cara untuk membuat mereka berkali kali melakukan transaksi pembelian adalah dengan meningkatkan kepercayaan konsumen pada toko Anda. Jika mereka percaya, maka mereka akan dengan mudah melakukan transaksi, namun jika mereka meragukan anda, tentunya mereka akan mencari toko lain untuk memenuhi kebutuhan mereka.

6) Memberikan Pelayanan yang Ramah

15 Cara Menjadi Dropship yang Sukses
Memberikan Pelayanan yang Ramah

Pelayanan yang ramah merupakan salah satu unsur penting dalam bisnis untuk membuat konsumen tetap memilih Anda ketika akan melakukan pembelian dikemudian hari. Pelayanan yang tidak ramah hanya akan membuat konsumen merasa tidak nyaman dan enggan melakukan transaksi kembali. Selain itu Anda juga harus selalu siap dengan komplain, sekeras baja adalah mental yang harus dibangun oleh Dropshiper, karena ada saja kemungkinan barang terlambat sampai, karena hal hal yang tidak dapat diduga seperti kecelakanan pada kurir, atau banjir yang membuat perjalanan kurir terhambat, dan hal tersebut tentu saja akan membuat konsumen menjadi meradang lalu memarahi Anda karena keterlambatan barang, yang tentu saja diatas kemauan Anda sendiri.

7) Jual Produk Branded

15 Cara Menjadi Dropship yang Sukses
Jual Produk Branded

Produk Branded atau produk yang sudah memiliki “nama” mempunyai nilai tambah tersendiri bagi dropshiper, kenapa? Karena barang brabded mudah dikenali oleh konsumen dan sudah pasti dicari oleh konsumen, sehingga Dropshipper tidak lagi dibebani oleh keraguan calon pembeli atas produk yang ditawarkan. Tiap produk branded memiliki kebijakan masing masing untuk kerjasama dengan dropshiper, pahami kebijakan dan aturan yang telah mereka tetapkan.

8) Perluas Jangkauan Marketing

15 Cara Menjadi Dropship yang Sukses
Perluas Jangkauan Marketing

Jika Anda selama ini mempromosikan produk hanya di satu platform sosial media, maka perluas marketing Anda dengan membuat akun di sejumlah platform sosial media, hal ini dilakukan untuk lebih luas menjangkau calon konsumen.

9) Perluas Produk

15 Cara Menjadi Dropship yang Sukses
Perluas Produk

Jika selama ini Anda menjual produk bayi dan anak, maka perluas produk yang anda jual dengan menambahkan katagori orang tua, remaja dan wanita. Hal ini dilakukan untuk menarik konsumen baru. Semakin banyak barang yang anda jual , tentunya akan semakin banyak penghasilan yang bisa ada dapatkan bukan?

10) Analisa Pesaing Bisnis

15 Cara Menjadi Dropship yang Sukses
Analisa Pesaing Bisnis

Agar Anda tidak cepat tenggelam dalam dunia bisnis Dropship, Anda harus mulai menganalisa pesaing bisnis Anda. Siapakah Pemilik Toko Online yang memiliki produk yang serupa dengan Anda? Lalu seberapa besar jarak jumlah penjualan perbulan? Jika tingkat penjualan melebihi total penjualan Toko Anda dalam sebulan, Maka jelas dia adalah pesaing yang harus Anda taklukan. Namun jika pesaing Anda memainkan perang harga, Anda tak perlu ikut dalam permainannya, Anda dapat melawannya dengan menambah slogan di toko Online anda, bahwa “kualitas tidak dijamin oleh harga murah” Hal tersebut paling tidak, akan membuat calon konsumen Anda ragu untuk berpindah ke toko sebelah yang memasang harga jauh lebih murah.

11) Cari Produk Yang Mudah Laku

15 Cara Menjadi Dropship yang Sukses
Cari Produk Yang Laku

Carilah produk yang paling laku dipasaran, Anda dapat mengamati laku tidaknya suatu produk dari jumlah penjualan di toko toko online lainnya.

12) Promosi Di Sosial Media

15 Cara Menjadi Dropship yang Sukses
Promosi Di Sosial Media

Lakukan promosi di berbagai platform sosial media, agar Toko Online Anda semakin dikenal banyak orang, semakin banyak orang yang mengetahui toko Anda maka semakin besar potensi pembelian dapat terjadi.

13) Targetkan Calon Pembeli

15 Cara Menjadi Dropship yang Sukses
Targetkan Calon Pembeli

Hal ini terkait dengan promosi, agar toko Anda dikunjungi oleh orang, maka Anda perlu menargetkan calon konsumen, misal Anda menargetkan mahasiswa, karena produk yang Anda jual adalah alat alat tulis Mahasiswa, maka Anda hanya perlu melakukan promosi ke grup atau pengguna akun dengan kriteria Mahasiswa.

Baca Juga : 15 Cara Menjadi Reseller Online Shop yang Sukses Untuk Pemula

14) Fokus dan Konsisten Membangun Brand Toko

15 Cara Menjadi Dropship yang Sukses
Fokus dan Konsisten Membangun Brand Toko

Jika ingin mendapatkan kepercayaan konsumen, Anda harus fokus dan konsisten membangun Brand Toko Online dengan melengkapi berbagai fitur yang memudahkan konsumen untuk mengetahui deskripsi produk, fitur untuk mengetahui jasa pengiriman yang digunakan, dan tanggap respon atas komplain yang diberikan oleh konsumen.

15) Aplikasikan Konsep One Stop Shoping

15 Cara Menjadi Dropship yang Sukses
Aplikasikan Konsep One Stop Shoping

Meskipun ini bukan toko di dunia nyata, namun Anda masih dapat mengaplikasikan konsep one stop shopping dengan menawarkan berbagai produk yang mungkin saja konsumen butuhkan, misalnya toko Online Anda memiliki produk utama Fashion Pria Anda dapat menambahkan dengan produk lain semisal aksesoris hape, aksesoris laptop, bantal atau yang lainnya.

Demikianlah ulasan 15 cara menjadi dropship agar sukses dengan penghasilan lumayan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga