15 Cara Mengusir Semut Secara Aman
Semut adalah serangga kecil yang biasa muncul di dekat makanan. Semut sendiri menyukai makanan manis. Semut biasanya berjalan lurus dan selalu berkelompok. Semut nyatanya sangat menganggu kita karena mengambil makanan yang kita makan. Cara mengusir semut sendiri dapat dilakukan secara alami.

Cara mengusir semut – Disaat makanan di dapur dipenuhi oleh semut pastinya kamu ingin sekali membasmi semua semut yang hinggap pada makanan. Namun sayangnya semut juga dapat melukai kita. Gigitan semut sendiri ternyata juga sakit bila mengenai kulit tubuh. Untuk mengusir semut pastinya diperlukan sebuah taktik. Berikut ini cara mengusir semut.

 

1. Lemon

Cara mengusir semut
Lemon

Cara mengusir semut yang pertama adalah dengan menggunakan lemon. Lemon sendiri sangat bermanfaat bila diminum setiap hari. Lemon sendiri dapat membuat lemak ditubuh untuk cepat keluar. Lemon mengandung asam sitrat dengan rasa asem yang sangat tinggi. Lemon ternyata tidak disukai oleh semut. Cara mengolah lemon sebagai obat pengusir semut dengan cara mencampurkan air lemon dengan air. Setelah itu taruh pada tempat semprotan. Semprotkan air lemon pada semut.

 

2. Bawang Putih

Cara mengusir semut
Bawang Putih

Bawang adalah bumbu dapur yang harus selalu ada di dapur untuk kebutuhan memasak. Bawang putih juga dapat menyembuhkan penyakit. Bawang putih sendiri juga berguna untuk mengusir semut. Caranya hanya perlu mengupas bawang putih. Kemudian taruh bawang putih di dekat gula ataupun tempat yang disukai oleh semut.

 

3. Kayu Manis

Cara mengusir semut
Kayu Manis

Kayu manis adalah bumbu dapur yang sangat dibutuhkan untuk kebutuhan masak. Kayu manis sendiri memiliki aroma yang sangat kuat. Beberapa serangga bahkan tidak menyukai aroma kayu manis. Kayu manis dapat digunakan untuk mengusir semut. Tempatkan kayu manis pada daerah yang disukai oleh semut. Bila perlu haluskan kayu manis terlebih dahulu kemudian tempatkan pada wadah.

 

4. Cabai Rawit

Cara mengusir semut
Cabai Rawit

Cabai adalah bahan masak yang sangat dibutuhkan untuk memasak. Semua masakan tidak bisa lepas dengan cabai. Cabai sendiri memiliki harga jual yang sangat tinggi. Cabai rawit juga berfungsi untuk mengusir semut. Caranya hanya perlu menggunakan bubuk cabai rawit. Kemudian taruh bubuk cabai pada tempat dan tempatkan pada tempat yang disukai semut.

 

5. Cuka Putih

Cara mengusir semut
Cuka Putih

Cuka putih biasanya berada pada dapur untuk masakan. Cuka putih juga dapat mengusir semut. Caranya hanya perlu menyiapkan cuka putih serta air. Lalu campurkan kedua bahan pada tempat semprotan. Setelah itu semprot semut, semut akan mati karena bahan tersebut. Dapat pula kamu membersihkan bagian rumah seperti jendela, pintu dengan bahan tersebut agar semut tidak datang.  

 

6. Kapur Semut

Cara mengusir semut
Kapur Semut

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengusir semut adalah dengan menggunakan kapur semut. Kapur semut sendiri dapat mudah kamu temukan di toko. Kamu hanya perlu membuat garis pada daerah yang sering didatangi semut. Pastinya hal ini akan memberikan bekas serta membuat sedikit kotor. Namun hal ini patut dicoba karena sangat mudah.

 

7. Sabun

Cara mengusir semut
Sabun

Setiap hari untuk membersihkan tubuh pastinya kita membutuhkan sabun. Sabun sendiri mempunyai kandungan yang dapat membuat kotoran menghilang pada tubuh. Namun untuk mengusir semut, sabun yang digunakan bukanlah sabun yang biasa digunakan untuk membersihkan tubuh. Sabun yang digunakan adalah sabun untuk mencuci piring. Caranya hanya perlu mempersiapkan sabun cuci piring lalu tambahkan dengan air. Setelah itu taruh pada botol semprotan. Pastikan bahwa sabun cuci piring lebih banyak dibanding dengan airnya. Semprotkan di daerah yang sering didatangi semut. Bila perlu semprot sarang semut.

 

8. Semprotan Serangga

Cara mengusir semut
Semprotan Serangga

Salah satu hal yang paling mudah untuk membasmi serangga seperti semut adalah dengan menggunakan semprotan serangga. Semprotan serangga sendiri dapat kamu beli di toko hewan. Semprotan serangga biasanya memiliki bahan-bahan kimia yang dapat mematikan serangga. Gunakan semprotan serangga secara bijak agar tidak merusak lingkungan.

 

9. Kopi

Cara mengusir semut
Kopi

Kopi adalah minuman yang biasa diminum saat pagi hari ataupun saat udara dingin.  Kopi sendiri dipercaya dapat memberikan rasa rileks dan tenang pada tubuh. Kopi memiliki banyak jenis. Ada yang berpendapat bahwa kopi semakin pahit pastinya akan semakin lezat. Selain untuk diminum, kopi juga dapat mengusir semut. Caranya kopi hanya perlu di taruh pada wadah kecil lalu tempatkan pada tempat yang disukai oleh semut.

 

10. Bedak Bayi

Cara mengusir semut
Bedak Bayi

Bayi mempunyai bau yang sangat wangi karena bayi mendapatkan perawatan seperti diberikannya bedak bayi. Bedak bayi sendiri mempunyai aroma yang sangat menyegarkan untuk hidung. Aroma bedak bayi sendiri dapat mengusir semut agar tidak berdatangan.  

 

11. Garam

Cara mengusir semut
Garam

Garam digunakan untuk memberi rasa pada makanan. Garam akan selalu ada pada dapur. Garam berasal dari laut. Harga garam sendiri tidaklah begitu mahal. Selain untuk masakan, garam juga dapat digunakan untuk mengusir semut. Caranya hanya perlu mencampurkan garam dengan air. Lalu taruh pada botol semprotan. Gunakan larutan air garam sebagai semprotan pada tempat yang disukai oleh semut.

 

12. Air Mendidih

Cara mengusir semut
Air Mendidih

Air adalah kebutuhan yang tidak boleh dilewati setiap hari. Tanpa minum pastinya tubuh kita akan sakit. Namun air yang digunakan untuk mengusir semut adalah air mendidih yang baru saja kita masak. Air mendidih ini pastinya masih sangat panas dan dapat membunuh semut. Hal yang perlu kita lakukan adalah mengetahui sarang semut setelah itu siram sarang dengan air mendidih.

 

13. Mentimun

Cara mengusir semut
Mentimun

Mentimun biasa digunakan sebagai lalapan ketika makan. Selain itu juga dapat digunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Mentimun sendiri sangat berguna bila digunakan untuk perawatan tubuh.  Mentimun juga dapat digunakan untuk mengusir semut. Hanya perlu menghaluskan mentimun kemudian taruh pada jalur yang biasa dilalui oleh semut.

 

14. Kulkas

Cara mengusir semut
Kulkas

Kulkas biasanya akan dipenuhi oleh makanan dan minuman agar tidak menjadi basi. Makanan dan minuman yang berada di kulkas pastinya aman dari serangga karena kulkas memiliki udara yang sangat dingin. Agar semut tidak datang ke makananmu maka makanan perlu kamu pindahkan ke dalam kulkas. Disaat semut masuk ke dalam kulkas pastinya semut tidak akan hidup terlalu lama.

 

15. Membersihkan Area

Cara mengusir semut
Membersihkan Area

Cara mengusir semut yang terakhir adalah dengan cara membersihkan  area yang biasa disukai oleh semut seperti mangkuk ataupun gelas. Disaat setelah makan atau minum segeralah untuk membersihkannya. Semut sangat senang dengan tempat yang masih kotor apalagi mengandung banyak gula.

Baca Juga