19 Cara Mengusir Nyamuk Secara Ampuh
Nyamuk adalah serangga yang tidak boleh diremehkan. Walaupun nyamuk adalah serangga kecil namun gigitannya dapat membuat nyawa manusia menjadi hilang. Nyamuk sangat menyukai dengan tempat yang digenangi air dan gelap. Untuk itu nyamuk perlu dibasmi. Cara mengusir nyamuk sendiri dapat menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur.

Cara mengusir nyamuk – Setiap ingin tidur terkadang kita merasakan ada serangga kecil yang menganggu telinga yaitu nyamuk. Nyamuk suka sekali mengambil darah pada tubuh kita. Nyamuk juga menyebabkan kita terkena penyakit khususnya demam berdarah. Nyamuk sendiri perlu dibasmi agar tidak memberikan penyakit. Berikut ini cara mengusir nyamuk.

 

1. Kelambu

Cara mengusir nyamuk
Kelambu

Cara mengusir nyamuk yang pertama adalah dengan menggunakan kelambu. Kelambu sendiri adalah jaring-jaring kecil yang menyerupai sebuah tenda. Biasanya kelambu ditempatkan pada tempat tidur agar nyamuk tidak berdatangan. Pastikan bila kelambu tidak robek. Kelambu dapat melindungi kamu dari serangan nyamuk.

 

2. Pakaian Panjang

Cara mengusir nyamuk
Pakaian Panjang

Untuk mengusir nyamuk yang perlu kita lakukan menggunakan pakaian panjang. Pakaian panjang akan membuat nyamuk tidak bisa menyentuh kulit tubuh. Pastikan bila pakaian atas dan pakaian bawah adalah panjang. Selain itu hindari untuk menggunakan pakaian berwarna gelap. Pakaian berwarna gelap sangat disukai oleh nyamuk. Bila perlu semprotkan pakaian dengan anti nyamuk agar nyamuk tidak berdatangan.

 

3. Produk Anti Nyamuk

Cara mengusir nyamuk
Produk Anti Nyamuk

Salah satu cara untuk mengusir nyamuk, kamu dapat menggunakan produk anti nyamuk. Produk anti nyamuk ada yang berbahan dasar minyak.  Namun sayangnya produk anti nyamuk mempunyai kandungan kimia yang mana dapat dirusak oleh tubuh. Penggunaan produk anti nyamuk tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan efek samping.

 

4. Raket nyamuk

Cara mengusir nyamuk
Raket nyamuk

Cara mengusir nyamuk dapat menggunakan raket nyamuk. Raket nyamuk sendiri mempunyai kandungan listrik yang kecil namun dapat membuat nyamuk mati. Raket nyamuk dapat mudah dibeli di toko. Raket nyamuk tidak berbahaya untuk kesehatan tubuh. Saat nyamuk datang, kamu dapat menggunakan raket nyamuk untuk mematikannya. Namun perlu berhati-hati agar tidak terkena sengatan listrik dari raket nyamuk.

 

5. Tirai Nyamuk

Cara mengusir nyamuk
Tirai Nyamuk

Bila kamu tidak ingin repot mengusir nyamuk, kamu dapat menggunakan tirai nyamuk. Tirai nyamuk sendiri berbentuk seperti tirai namun di tengahnya terdapat lubang-lubang kecil seperti kelambu. Tirai nyamuk akan menghalangi nyamuk untuk masuk ke rumah atau kamar. Tirai nyamuk biasanya di pasang pada pintu. Pastikan bila tinggi pintu sama dengan tirai nyamuk. Untuk mendapatkan tirai nyamuk sangatlah mudah ditemukan.

 

6. Tidak Keluar Rumah

Cara mengusir nyamuk
Tidak Keluar Rumah

Ketika waktu malam, biasanya nyamuk akan keluar dari sarangnya. Selain itu, nyamuk akan berkumpul pada daerah-daerah yang sangat gelap. Saat itu pula kamu jangan keluar rumah karena nyamuk sedang banyak-banyaknya. Bila kamu keluar rumah pastinya nyamuk akan berdatangan dan mencoba mengigit kulit tubuh. Oleh karena itu tetaplah di dalam rumah.

 

7. Buang Genangan Air

Cara mengusir nyamuk
Buang Genangan Air

Bila kamu ingin sekali mengusir nyamuk dari rumah secara bersih khususnya sarangnya maka yang perlu dilakukan adalah membuang semua genangan air di rumah. Genangan air adalah tempat berkembang biaknya nyamuk. Pastikan bila kamu menguras tempat yang biasa diisi oleh air sebanyak dua hingga tiga kali seminggu. Untuk membasmi sarang nyamuk nyatanya sangat mudah dilakukan.

 

8. Memotong Rumput

Cara mengusir nyamuk
Memotong Rumput

Bila kamu di rumah mempunyai halaman dengan rumput pastikan bahwa rumput tersebut bersih dari kotoran. Selain itu, guntinglah rumput secara rutin. Kebersihan rumput ternyata sangatlah penting karena dapat menghindari rumput sebagai sarang nyamuk. Potonglah rumput selama seminggu sekali.

 

9. Tanaman Pengusir Nyamuk

Cara mengusir nyamuk
Tanaman Pengusir Nyamuk

Beberapa tanaman ada yang dapat mengusir nyamuk seperti tanaman lavender. Tanaman lavender dapat kamu beli dengan mudah di toko tanaman. Tempatkan tanaman lavender pada daerah yang sering didatangi oleh nyamuk. Selain itu, siramlah tanaman secara rajin agar tidak mati.

 

10. Kapur Barus

Cara mengusir nyamuk
Kapur Barus

Kapur barus berbentuk seperti kapur tulis. Kapur barus dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Kapur barus sendiri harganya sangat murah. Untuk mengusir nyamuk dengan kapur barus, kamu hanya perlu menyiapkan kapur barus dengan air. Kemudian masukkan kapur barus ke dalam air. Setelah itu taruh pada tempat yang biasa didatangi oleh nyamuk.

 

11. Minyak sereh

Cara mengusir nyamuk
Minyak sereh

Sereh sendiri biasanya digunakan pada masakan. Sereh memiliki bau yang menyengat. Sereh sendiri dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Caranya hanya dengan mengolesi tubuh menggunakan minyak sereh. Nyamuk tidak akan datang kepada tubuh kita karena bau sereh yang tidak disukai.

 

12. Daun Kemangi

Cara mengusir nyamuk
Daun Kemangi

Daun kemangi adalah sayuran yang biasa ada pada masakan. Daun kemangi juga dapat digunakan sebagai lalapan dengan cara dimakan langsung. Selain itu, daun kemangi dapat membuat mulut menjadi wangi. Untuk mengusir nyamuk, kamu dapat menggunakan daun kemangi. Daun kemangi dapat dihaluskan terlebih dahulu kemudian olesi pada tubuh sebelum tidur ataupun setelah mandi.

 

13. Lotion Anti Nyamuk

Cara mengusir nyamuk
Lotion Anti Nyamuk

Lotion biasanya digunakan untuk membuat kulit menjadi lebih sehat. Namun berbeda dengan lotion anti nyamuk. Lotion anti nyamuk sendiri berfungsi agar nyamuk tidak mengigit kulit. Lotion anti nyamuk sangat ampuh untuk mengusir nyamuk yang ada di sekitar kita.

 

14. Kulit Jeruk

Cara mengusir nyamuk
Kulit Jeruk

Terkadang kita menemui sebuah lotion dengan aroma kulit jeruk. Kulit jeruk sendiri ternyata tidak disukai oleh nyamuk. Kulit jeruk dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Caranya kamu hanya perlu menaruh kulit jeruk di dekat jendela ataupun daerah gelap yang disukai oleh nyamuk.  

 

15. Minyak Kayu Putih

Cara mengusir nyamuk
Minyak Kayu Putih

Saat badan kita merasa tidak enak terkadang kita mengolesi minyak kayu putih untuk tubuh agar tetap hangat. Minyak kayu putih sendiri digunakan untuk menyembuhkan penyakit dalam khususnya masuk angin. Minyak kayu putih juga merupakan bahan alami untuk mengusir nyamuk. Kamu hanya perlu mencampurkan minyak kayu putih dengan lemon, lalu olesi pada tubuh.

 

16. Bawang Putih

Cara mengusir nyamuk
Bawang Putih

Bawang putih memiliki rasa yang pedas bila digigit dalam keadaan mentah. Selain itu aroma bawang putih sangat menyengat. Bawang putih sendiri dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Caranya hanya perlu memotong bawang putih, kemudian masak bawang putih dengan air. Setelah itu gunakan air bawang putih sebagai semprotan. Semprotkan ruangan dengan air bawang putih.

 

17. Bubuk Kopi

Cara mengusir nyamuk
Bubuk Kopi

Cara mengusir nyamuk yang lainnya adalah dengan menggunakan bubuk kopi. Bubuk kopi mempunyai aroma yang sangat kuat. Aroma kopi sendiri tidak disukai oleh nyamuk. Kamu dapat menaburkan bubuk kopi pada sarang nyamuk ataupun genangan air agar nyamuk tidak bisa berkembang biak.

 

18. Suara

Cara mengusir nyamuk
Suara

Salah satu cara yang tidak merepotkan untuk mengusir nyamuk adalah dengan menggunakan suara. Untuk mendapatkan suara tersebut kamu dapat menggunakan handphonemu untuk menginstal aplikasi pengusir nyamuk. Aplikasi pengusir nyamuk biasanya berisi suara yang dapat mengusir nyamuk.

 

19. Perangkap Nyamuk

Cara mengusir nyamuk
Perangkap Nyamuk

Cara  mengusir nyamuk yang terakhir adalah dengan menggunakan perangkat nyamuk. Kamu dapat membuat perangkat nyamuk dengan menggunakan bahan bekas seperti botol bekas dengan tambahan gula pasir di dalamnya.

 

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.