17 Cara Mengusir Lalat Secara Ampuh
Pada saat kita sedang makan terkadang ada serangga yang hinggap di makanan untuk memberikan bakteri. Lalat sendiri dapat memberikan penyakit pada tubuh kita. Lalat pada nyatanya perlu diusir agar tidak berdatangan kembali. Cara mengusir lalat dapat menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar kita.

Cara mengusir lalat – Lalat adalah binatang kecil yang biasa muncul pada makanan. Lalat sendiri membawa penyakit bila sudah menyentuh makanan. Lalat bila tidak diusir pastinya akan hinggap pada makanan.  Makanan yang telah dihinggapi lalat pastinya tidak boleh dimakan. Berikut ini cara mengusir lalat.

 

1. Raket Listrik

Cara mengusir lalat
Raket Listrik

Cara mengusir lalat yang pertama adalah dengan menggunakan raket listrik. Raket listrik sendiri berfungsi untuk menangkap serangga terbang seperti nyamuk, lalat ataupun laron tanpa perlu kita bersusah payah karena listrik pada raket yang akan bekerja. Raket mempunyai kekuatan listrik yang sedang sehingga ketika serangga terperangkap pastinya akan jatuh dan mati.

 

2. Lem Lalat Kertas

Cara mengusir lalat
Lem Lalat Kertas

Salah satu solusi yang sangat gampang dilakukan untuk mengusir lalat adalah dengan menggunaan lem lalat kertas. Lem lalat kertas sama halnya seperti sebuah lem yang mana lalat akan bisa terjebak pada lem sehingga tidak bisa bergerak. Selain itu, lem lalat kertas mudah dicari di toko. Pasanglah lem lalat kertas pada tempat yang biasa muncul. Pastikan lalat yang menempel pada lem lalat kertas tidak jatuh pada makanan yang di masak.

 

3. Lampu Perangkap

Cara mengusir lalat
Lampu Perangkap

Serangga terbang seperti laron ataupun lalat pastinya sangat menyukai cahaya yang sangat terang. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan lampu perangkap untuk mengusir lalat. Lampu perangkap biasanya di pasang di atas langit-langit dengan ketinggian 2 meter dari lantai. Saat lalat mencoba mendekati lampu, lampu akan memberikan sengatan listrik yang mana lalat akan mati.

 

4. Daun Pandan

Cara mengusir lalat
Daun Pandan

Daun pandan adalah bahan yang digunakan untuk membuat aroma masakan menjadi wangi khususnya pada kue ataupun nasi. Di samping itu, ternyata aroma daun pandan tidak disukai oleh lalat. Untuk mengusir lalat dengan daun pandan sendiri dapat dilakukan dengan cara memotong daun pandan menjadi kecil. Kemudian taruh daun pandan pada wadah kecil. Taruhlah daun pandan pada tempat yang disukai oleh lalat. Setelah itu, lalat tidak akan kembali lagi karena aroma daun pandan yang sangat menyengat.

 

5. Cengkeh

Cara mengusir lalat
Cengkeh

Siapa yang tidak kenal dengan cengkeh? Cengkeh sendiri adalah bumbu dapur yang mempunyai sejuta manfaat dan akan selalu dibutuhkan untuk berbagai pengolahan. Aroma cengkeh sendiri sangatlah kuat karena aromanya sangat ciri khas. Selain itu, aroma cengkeh ternyata sangat dibenci oleh lalat. Kamu dapat menaruh cengkeh pada wadah kecil. Lalu taruh cengkeh di tempat lalat yang biasa didatangi. Maka lalat akan tidak kembali lagi.

 

6. Lavender

Cara mengusir lalat
Lavender

Lavender mempunyai aroma yang sangat wangi sehingga lavender digunakan untuk membuat aroma ruangan menjadi wangi. Lalat sendiri ternyata juga tidak menyukai dengan bau dari lavender. Lavender dapat diolah dengan cara dipotong lalu tambahkah sedikit air. Setelah itu taruh pada tempat lalat biasa datang.

 

7. Lemon

Cara mengusir lalat
Lemon

Lemon mempunyai rasa yang sangat asem serta mempunyai bau yang sangat khas dari kulitnya. Lemon dapat digunakan untuk perawatan tubuh, penambah rasa pada makanan ataupun minuman. Lemon sangat baik untuk tubuh bila dikonsumsi. Lemon sendiri juga dapat mengusir lalat. Caranya hanya perlu mempersiapkan sebuah lemon serta air dalam sebuah wadah. Lalu potong lemon menjadi dua bagian. Setelah itu taruh lemon pada wadah air. Tempatkan wadah yang berisi air dengan lemon di tempat lalat biasa datang.

 

8. Plastik Bening Berisi Air

Cara mengusir lalat
Plastik Bening Berisi Air

Bila kita pergi ke tempat makan biasanya kita melihat ada plastik bening berisikan air yang dipasang. Hal ini bertujuan untuk mengusir lalat agar tidak hinggap pada makanan. Plastik bening dapat membuat pandangan lalat menjadi terganggu khususnya bila berdekatan dengan cahaya lampu.

 

9. Lilin

Cara mengusir lalat
Lilin

Lilin digunakan untuk menyinari cahaya saat gelap ataupun mati lampu. Lilin sendiri sangat mudah ditemui di restoran karena bertujuan untuk mengusir lalat agar tidak berdatangan pada makanan. Cahaya dari lilin sendiri dapat menganggu pandangan lalat. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan lilin saat sedang makan agar tidak berdatangan.

 

10. Kipas

Cara mengusir lalat
Kipas

Kipas bertujuan untuk memberikan rasa dingin pada tubuh kita. Kipas sendiri tidak boleh digunakan secara berlebihan karena dapat membuat kita masuk angin. Orang yang tidur pun sebaiknya tidak menggunakan kipas angin. Kipas angin dapat mengusir lalat karena angin yang dihasilkan dari kipas angin dapat menganggu aktifitas terbang lalat .

 

11. Susu

Cara mengusir lalat
Susu

Susu adalah minuman yang disukai oleh semua orang karena rasanya yang sangat lezat serta bergizi untuk tubuh. Susu sendiri juga disukai oleh serangga lalat. Namun untuk mengusir lalat, susu perlu ditambahkan oleh beberapa bahan agar lalat tidak kembali lagi. Caranya masaklah susu terlebih dahulu lalu tambahkan gula dan lada. Disaat lalat mencium aroma gula, lalat akan terjebak dan tenggeram pada bahan tersebut.

 

12. Cuka Apel

Cara mengusir lalat
Cuka Apel

Cuka apel sendiri selain sangat berguna untuk perawatan tubuh dan menyembuhkan penyakit ternyata juga bermanfaat untuk mengusir lalat. Caranya panaskan cuka apel selama beberapa menit. Kemudian masukkan cuka apel pada wadah tertutup dan lubangi seukuran tubuh lalat. Setelah itu tempatkan pada tempat lalat biasa datang. Ketika lalat mencium aroma cuka apel, lalat akan terjebak.

 

13. Tanaman Pengusir Serangga

Cara mengusir lalat
Tanaman Pengusir Serangga

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengusir lalat adalah dengan cara menggunakan tanaman pengusir serangga. Tanaman pengusir serangga dapat dengan mudah kamu temukan pada toko seperti kantung semar. Setelah itu tempatkan di tempat biasa lalat datang.

 

14. Daun Beraroma

Cara mengusir lalat
Daun Beraroma

Bila tubuh kita membutuhkan daun-daunan untuk membuat beberapa organ tubuh menjadi wangi maka berbeda dengan lalat. Lalat sangat membenci dengan wangi dari dedaunan. Aroma dedaunan seperti kemangi ternyata tidak disukai oleh lalat. Oleh karena itu, tempatkan daun beraroma di tempat biasa lalat datang.

 

15. Garam

Cara mengusir lalat
Garam

Garam adalah bumbu dapur yang sangat berguna untuk segala kebutuhan manusia. Garam sendiri adalah bahan yang harus ditambahkan pada masakan.  Masakan yang tidak ditambahkan garam pastinya akan terasa tidak enak. Garam sendiri ternyata juga dapat mengusir lalat. Caranya campur larutan garam saat mencuci peralatan masak ataupun peralatan makan.

 

16. Tudung Saji

Cara mengusir lalat
Tudung Saji

Bila kamu tidak ingin repot untuk mengusir lalat, kamu dapat mencegah lalat untuk datang kepada makananmu dengan cara menggunakan tudung saji untuk menutupi makanan. Dengan menutup makanan menggunakan tudung saji pastinya makanan akan terhindar dari bakteri lalat.

 

17. Membersihkan Rumah

Cara mengusir lalat
Membersihkan Rumah

Cara mengusir lalat yang terakhir adalah dengan membersihkan rumah. Lalat akan datang disaat rumah kita kotor khususnya bila ada sampah yang menumpuk. Sampah yang menumpuk pastinya akan menjadi sarang lalat. Oleh karena itu, pastikan rumah kamu bersih dari sampah agar lalat tidak datang.

 

 

 

Baca Juga