18 Cara Mengusir Kucing Tanpa Menyakitinya
Beberapa hewan kucing dipelihara di dalam rumah karena kelucuannya. Namun beberapa orang tidak menyukainya karena kucing yang sangat sulit diatur apalagi bila membuang kotoran secara sembarangan. Namun ada pula kucing yang datang ke rumah tanpa diundang. Pastinya hal ini sangat menjengkelkan. Cara mengusir kucing diperlukan sebuah kehati-hatian agar tidak menyakitinya.

Cara mengusir kucing – Kucing adalah hewan peliharaan yang dipelihara di dalam rumah. Tidak semua kucing membuang kotoran pada tempatnya. Bahkan ada kucing yang membuang kotoran secara sembarangan di dalam rumah bahkan memberantakan barang-barang. Untuk itulah kucing perlu diusir jika sudah kelewatan. Berikut ini cara mengusir kucing.

 

1. Ramuan Bawang Putih

Cara mengusir kucing
Ramuan Bawang Putih

Cara mengusir kucing yang pertama adalah dengan membuat ramuan bawang putih, lada dan limau. Bahan-bahan ini sendiri sangat mudah ditemui di dapur. Hal yang perlu disiapkan adalah 1 sendok lada, 4 tetes limau, air dan 1 siung bawah putih. Bawang putih sendiri harus dihaluskan terlebih dahulu. Sama halnya dengan lada, lada juga harus diharuskan terlebih dahulu. Setelah itu campurkan bawang putih, lada dan limau dalam botol semprot. Jangan lupa masukkan air dan kocok. Ramuan ini dapat membuat kucing tidak ingin masuk rumah.

 

2. Ramuan Minyak Sitronela

Cara mengusir kucing
Ramuan Minyak Sitronela

Cara mengusir kucing yang kedua adalah dengan membuat ramuan sitronela. Hanya perlu mencampurkan minyak sitronela dengan air. Taruh kedua campuran tersebut pada botol semprotan. Setelah itu, siram di luar rumah khususnya halaman.

 

3. Ramuan Sitrun

Cara mengusir kucing
Ramuan Sitrun

Cara mengusir kucing yang ketiga adalah dengan membuat ramuan sitrun. Kamu hanya memerlukan kulit jeruk, air, serta air limau. Setelah itu campurkan ketiga bahan tersebut. Masukkan ke dalam botol semprot dan gunakan sebagai air semprotan. Lakukan hal tersebut pada pagi dan sore hari. 

 

4. Ramuan Cuka

Cara mengusir kucing
Ramuan Cuka

Cara mengusir kucing yang ketiga adalah dengan ramuan cuka. Bahan yang dibutuhkan sangatlah mudah yaitu cuka, air, serta sabun pencuci tangan. Setelah itu, campurkan ketiga bahan tersebut menjadi satu. Masukkan ke dalam botol dan semprotkan ke luar ruangan. Hal ini dapat mencegah kucing masuk ke dalam rumah.

 

5. Ramuan Minyak Atsiri

Cara mengusir kucing
Ramuan Minyak Atsiri

Cara mengusir kucing yang kelima adalah dengan ramuan minyak atsiri. Bahan yang dibutuhkan hanya minyak atsiri lavender dan air. Setelah itu aduk menjadi satu bahan lalu masukkan ke dalam botol semprotan. Jangan lupa siram halaman dengan bahan tersebut. Pastikan bila tidak mengenai badan kucing.

 

6. Lempar Sesuatu

Cara mengusir kucing
Lempar Sesuatu

Cara mengusir kucing yang keenam adalah dengan cara melempar sesuatu benda kepada kucing. Berhati-hatilah saat melempar benda agar tidak mengenai badan kucing. Hindari melempar benda-benda tajam yang dapat melukai si kucing. Ada baiknya bila melempar dengan benda seperti buntelan kertas yang mana tidak bisa melukai badan kucing.

 

7. Tutup Akses Masuk ke Atap

Cara mengusir kucing
Tutup Akses Masuk ke Atap

Beberapa kucing sangat menyukai untuk tinggal di dalam atap rumah. Di saat atap rumah terdapat celah atau bolong pastinya hal ini dapat membuat mudah kucing masuk ke dalam rumah. Oleh karena itu, hal yang perlu kita lakukan adalah menutup akses masuk khususnya bila genting rumah ada yang bolong ataupun bocor maka kita harus segera untuk memperbaikinya.  

 

8. Menyalakan Suara Kucing

Cara mengusir kucing
Menyalakan Suara Kucing

Bila kucing masih berada di atap rumah, hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan menyalakan suara kucing melalui handphonemu. Hal ini dapat mengundang kucing untuk turun dari atap rumah dan menghampiri suara yang ada di handphonemu. Kucing mempercayai jika suara rekaman kucing adalah temannya.  

 

9. Menjebak dengan Makanan

Cara mengusir kucing
Menjebak dengan Makanan

Bila kamu sudah lelah dengan aktivitas kucing yang menganggu di atap rumah namun kucing tidak pergi juga maka yang perlu kamu lakukan adalah dengan cara menjebaknya secara halus menggunakan makanan. Disaat kucing sedang memakan makanannya maka kita harus segera menangkapnya lalu memasukkannya ke dalam karung.

 

10. Lada

Cara mengusir kucing
Lada

Bila hidung manusia sangat sensitif dengan lada, maka sama halnya dengan kucing yang juga sangat sensitif dengan lada. Untuk mengusir kucing, kamu dapat menggunakan lada dengan melemparkannya ke atap rumah agar kucing segera turun dan pergi.  

 

11. Air

Cara mengusir kucing
Air

Hal yang perlu kita lakukan ketika kucing datang ke rumah adalah dengan menyemprotkan air kepada badan kucing. Kucing sendiri sangat tidak menyukai dengan air. Oleh karena itu, kucing akan mudah kabur bila kita langsung menyiramnya.

 

12. Memasang Pagar Anti Kucing

Cara mengusir kucing
Memasang Pagar Anti Kucing

Cara mengusir kucing yang lainnya adalah dengan memasang pagar anti kucing. Memasang pagar seperti ini pastinya membutuhkan biaya yang cukup mahal namun hal ini akan membuat kucing sulit untuk memasuki rumah kita. Selain itu, sudah dipastikan kucing tidak akan kembali lagi ke rumah kita.

 

13. Menakut-nakuti

Cara mengusir kucing
Menakut-nakuti

Bila kucing sedang memasuki rumah kamu dan sulit diusir, kamu dapat menakut-nakutinya dengan cara seperti gertakan kaki ataupun melemparkan benda kecil ke arahnya. Biasanya di saat kita mengertakkan kaki kucing akan langsung berlari ke luar rumah. 

 

14. Sapu Lidi

Cara mengusir kucing
Sapu Lidi

Sapu lidi yang biasa digunakan untuk membersihkan rumah dapat kamu manfaatkan untuk mengusir kucing. Namun kamu tidak boleh melempar sapu lidi ke badan kucing karena berbahaya. Kamu hanya perlu menggerakkan sapu lidi hingga berbunyi di depan kucing agar kucing takut dan pergi.

 

15. Tidak Memberi Makan

Cara mengusir kucing
Tidak Memberi Makan

Kucing datang ke rumah pastinya karena mencari makanan. Oleh karena itu, hal yang harus kita lakukan adalah dengan membersihkan rumah serta membuang makanan yang ada pada tempat sampah secara rapi agar kucing tidak bisa menciumnya apalagi memakannya. Di saat kucing merasa ada makanan di dalam rumah pastinya kucing akan kembali lagi ke rumah tersebut.

 

16. Menghilangkan Jejak

Cara mengusir kucing
Menghilangkan Jejak

Kucing sangat senang sekali meninggalkan jejak seperti kotoran ataupun makanan di daerah yang disukainya. Maka langkah yang harus kita lakukan adalah langsung membersihkannya agar kucing tidak bisa kembali ke tempat yang ia sukai.

 

17. Bau Menyengat

Cara mengusir kucing
Bau Menyengat

Selain manusia yang tidak menyukai bau menyengat, kucing juga tidak menyukai bau menyengat. Kamu dapat menaburkan ataupun menyemprotkan bau menyengat di halaman rumah dengan aroma seperti jeruk, serai atau bawang putih.

 

18. Menaruh Botol Air

Cara mengusir kucing
Menaruh Botol Air

Cara mengusir kucing yang terakhir adalah dengan cara menaruh botol air pada daerah yang sering dilalui kucing untuk masuk ke dalam rumah. Hal ini dapat memicu kucing untuk tidak masuk ke dalam rumah karena takut melihat air.

 

Baca Juga