15 Cara Mengusir Curut Agar Tidak Kembali
Pastinya kita selalu mengharapkan rumah yang terbebas dari hewan curut. Hewan curut selalu menganggu tanaman yang ada di perkarangan rumah. Bila curut didiamkan begitu saja pastinya hal ini akan merugikan kita. Cara mengusir curut sendiri dapat dilakukan menggunakan bahan kimia ataupun bahan alami yang ada di dapur.

Cara mengusir curut – Setiap orang pastinya akan geli jika melihat curut berkeliaran di dalam rumah apalagi memakan makanan yang ada di rumah. Curut sendiri adalah hewan hama yang dapat merusak ataupun memakan tanaman. Curut tidak ada gunanya bila dirawat di rumah karena kotorannya pun berceceran sembarangan. Untuk itu, curut perlu dibasmi. Berikut ini cara mengusir curut.

 

1. Memelihara Kucing

Cara mengusir curut
Memelihara Kucing

Cara mengusir curut yang pertama adalah dengan memelihara kucing. Makanan kucing sendiri adalah curut. Disaat kucing berada di rumah dan melihat curut pastinya kucing akan mengejar curut hingga dapat. Sedangkan curut sendiri sangat membenci dengan kucing karena merupakan makanan terlezatnya.

 

2. Bedak Bayi

Cara mengusir curut
Bedak Bayi

Bedak bayi biasa digunakan oleh bayi setelah mandi untuk memberikan kenyamanan dan keharuman pada bayi. Bedak bayi biasa ditaburkan pada tubuh bayi. Bedak bayi dapat dimanfaatkan untuk mengusir curut dari rumah. Caranya hanya perlu menaburkan bedak bayi di daerah yang sering dilewati oleh tikus. Lakukan selama beberapa kali bila bedak telah hilang. Pastikan bila kamu mengetahui tempat yang sering dilewati oleh curut.

 

3. Kotoran Sapi

Cara mengusir curut
Kotoran Sapi

Bila kamu memelihara sapi di rumah, kamu dapat memanfaatkan kotoran sapi untuk mengusir curut. Kotoran sapi pastinya memiliki bau yang tidak sedap dan pastinya akan sulit dihilangkan. Untuk mengusir curut, kamu dapat menaruh kotoran sapi dekat dengan lubang pada luar rumah. Bila kamu memelihara hewan ternak, kamu dapat menaruh kotoran sapi pada luar kandang.

 

4. Kapur Barus

Cara mengusir curut
Kapur Barus

Kapus barus dapat kamu manfaatkan untuk mengusir curut. Kapur barus memiliki wangi yang sangat pekat. Kapus barus dapat kamu taruh pada area yang sering dilewati oleh tikus. Hal ini akan membuat tikus kesal karena kapur barus adalah hal yang sangat dibenci oleh tikus. Bila kapur barus telah hilang, kamu dapat menaruh kapur barus kembali di daerah yang sering dilalui oleh tikus.

 

5. Cabai

Cara mengusir curut
Cabai

Cabai dimanfaatkan oleh kita untuk membuat  rasa masakan menjadi pedas. Cabai sendiri dapat diolah menjadi bubuk cabai, sambal yang dapat membuat makanan menjadi tambah lezat. Di samping itu, cabai juga dapat mengusir curut. Caranya hanya perlu mencampurkan saus cabai, detergen dengan air. Lalu campurkan ketiga bahan tersebut. Kemudian masukkan ke dalam botol semprotan. Di saat kamu melihat tikus, kamu dapat menyemprotkan cairan tersebut kepada tikus. Namun kamu perlu berhati-hati agar tidak terkena mata yang mana akan membuat mata menjadi sangat perih.

 

6. Durian

Cara mengusir curut
Durian

Buah durian sangat terkenal dengan baunya yang sangat pekat, kulitnya yang berduri dan rasanya yang sangat lezat. Selain buahnya yang dimanfaatkan untuk makan, kulitnya dimanfaatkan untuk mengusir curut. Caranya hanya perlu menaruh kulit durian di daerah yang sering dilewati oleh curut agar curut tidak datang ke dalam rumah.

 

7. Bawang Merah

Cara mengusir curut
Bawang Merah

Bawang merah sendiri tidak bisa dihindari bila dalam kebutuhan masak memasak. Bawang merah membuat rasa masakan menjadi semakin lezat. Bawang merah juga berguna untuk mengusir curut dari dalam rumah. Caranya hanya perlu memotong bawang merah, kemudian taburkan pada daerah yang sering dilewati oleh curut.

 

8. Merica

Cara mengusir curut
Merica

Bila kita menghirup merica pastinya kita ingin sekali untuk bersin. Merica sendiri memiliki aroma yang sangat menyengat sehingga tidak disukai oleh curut. Curut dapat dimusnahkan oleh kita dengan cara menggunakan merica. Kita hanya perlu mengetahui tempat persembunyian curut ataupun daerah yang sering dilalui oleh curut. Setelah itu, curut akan pergi dari rumah. Lakukan hal tersebut secara teratur.

 

9. Mengkudu

Cara mengusir curut
Mengkudu

Mengkudu biasanya dikonsumsi oleh kita untuk mengobati penyakit. Selain itu, buah mengkudu juga memiliki rasa yang sangat menyengat. Buah mengkudu sangat bagus bila dikonsumsi oleh tubuh. Untuk memanfaatkan buah mengkudu caranya sangat gampang. Kamu hanya perlu memotong buah mengkudu menjadi beberapa bagian kemudian taruh pada daerah yang sering dilalui oleh curut.  

 

10. Mint

Cara mengusir curut
Mint

Bau mint pastinya memiliki bau yang tidak begitu menyengat untuk tubuh kita. Selain itu, mint bisa kita dapatkan dari daun mint. Daun mint dapat diolah menjadi minyak mint. Minyak mint sendiri ternyata juga tidak disukai oleh curut. Cara untuk mengusir curut dengan mint hanya perlu menyiramkan mint pada luar rumah ataupun lubang tempat masuknya curut.  

 

11. Jangkrik

Cara mengusir curut
Jangkrik

Curut sendiri tidak menyukai dengan sebuah keramaian. Selain itu, curut juga suka sekali bersembunyi di tempat yang sangat gelap. Berbeda halnya dengan jangkrik, jangkrik sendiri mengeluarkan suara yang sangat kencang di halaman rumah. Jangkrik juga dapat mengusir curut karena suaranya yang dapat menganggu ketenangan curut. Oleh karena itu belilah jangkrik dan sebarkan pada halaman rumah agar jangkrik bisa berbunyi pada malam hari.  

 

12. Membersihkan Rumah

Cara mengusir curut
Membersihkan Rumah

Salah satu cara untuk mengusir curut adalah dengan membersihkan rumah. Di saat rumah berantakan pastinya akan banyak kotoran ataupun makanan yang berserakan di dalam rumah. Namun berbeda bila rumah bersih pastinya kotoran ataupun sampah akan tersimpan pada tempatnya sendiri. Untuk mengusir curut dari rumah, kamu hanya perlu membuang sampah yang menjadi makanan curut secara rutin agar curut tidak mendapatkan makanannya.

 

13. Lem

Cara mengusir curut
Lem

Cara mengusir curut yang lainnya adalah dengan menggunakan perangkap lem. Lem sendiri bekerja seperti sebuah lem yang akan memberikan efek menempel pada hewan bila sudah mengenai badannya. Hewan yang sudah tertinggal pada lem pastinya akan sulit kabur bahkan bisa mati di lem.

 

14. Racun

cara mengusir curut
Racun

Beberapa petani menggunakan racun tikus untuk mengusir curut. Hal ini akan sangat mudah dilakukan namun mengandung bahan kimia sehingga diperlukan sebuah kehati-hatian. Disaat kamu menyebarkan racun tikus pastikan bila anak-anak tidak mendekati racun.

 

15. Ular

Cara mengusir curut
Ular

Cara mengusir curut yang terakhir adalah dengan menggunakan ular. Curut sendiri adalah makanan bagi ular. Bila ular dibiarkan di dalam rumah pastinya ular akan memakan curut. Namun pastikan bila kamu ingin memelihara ular di rumah, kamu harus berhati-hati.

Baca Juga