16 Cara Mengusir Cicak Secara Mudah
Pada saat kita melihat dinding biasanya kita akan melihat cicak sedang merayap khususnya dengan cahaya lampu. Namun sayangnya cicak sering kali membuang kotoran secara sembarangan bahkan baunya sangat tidak enak. Untuk itu, cicak harus dihilangkan dari rumah. Cara mengusir cicak sendiri sangatlah mudah bila kamu menggunakan bahan yang ada di rumah.

Cara mengusir cicak – Cicak adalah hewan kecil yang menempel pada langit-langit. Cicak sendiri jarang sekali menganggu kita, namun cicak terkadang membuang kotoran secara sembarangan sehingga mengenai kepala. Berikut ini cara mengusir cicak.

 

1. Bawang merah

Cara mengusir cicak
Bawang merah

Cara  mengusir cicak yang pertama adalah dengan menggunakan bawang merah. Bawang merah adalah bumbu dapur yang mempunyai banyak kegunaannya. Selain itu, bawang merah juga dapat mengusir cicak. Kamu hanya perlu menghaluskan bawang merah. Kemudian taruhlah bawang merah pada botol semprotan dengan tambahan air. Setelah itu gunakan sebagai semprotan.

 

2. Bubuk Kopi

Cara mengusir cicak
Bubuk Kopi

Kopi sendiri diseduh untuk diminum setiap hari. Kopi biasanya diminum pada pagi hari ataupun malam hari. Kopi mempunyai rasa yang sangat enak. Bubuk kopi dapat dimanfaatkan untuk mengusir cicak. Caranya hanya perlu menaruh bubuk kopi pada wadah kecil. Kemudian taruh di sekitar dapur ataupun di pinggir tembok. Cicak tidak akan datang kembali.

 

3. Bawang putih

Cara mengusir cicak
Cara mengusir cicak

Bawang putih adalah bumbu yang sangat luar biasa. Bawang putih sendiri dapat menyembuhkan penyakit yang ada pada tubuh kita bila dikonsumsi setiap hari. Bawang putih biasanya dimakan dalam keadaan matang dalam berbagai masakan. Di sisi lain ternyata bawang putih tidak disukai oleh cicak. Kamu dapat menghaluskan bawang putih kemudian gunakan sebagai semprotan ruangan.

 

4. Kulit telur

Cara mengusir cicak
Kulit telur

Bagian dalam telur biasa kita konsumsi untuk dimakan. Telur sebelumnya harus dimasak terlebih dahulu dengan cara di rebus ataupun di goreng. Kulit telur sendiri dapat mengusir cicak. Kulit telur hanya perlu di taruh di tempat yang biasa didatangi oleh cicak. Namun sebelumnya kamu perlu tahu tempat yang biasa didatangi oleh cicak. Cara ini sangatlah mudah untuk dilakukan.  

 

5. Merica

Cara mengusir cicak
Merica

Merica adalah rempah-rempah yang sangat berlimpah di Negara kita ini. Merica digunakan untuk kebutuhan masak. Selain itu, merica juga dapat mengusir cicak. Caranya yang harus dilakukan adalah dengan menghaluskan merica terlebih dahulu. Kemudian masukkan merica dengan air dalam botol. Setelah itu gunakan sebagai semprotan.

 

6. Kucing

Cara mengusir cicak
Kucing

Kucing adalah hewan yang dapat dipelihara di dalam rumah. Kucing sangat menyukai ikan-ikanan serta tikus. Selain untuk dipelihara, kucing juga dapat membantumu untuk mengusir cicak. Cicak dapat dijadikan makanan oleh kucing. Untuk itu, pilihlah kucing yang sangat lincah agar dapat dengan mudah menangkap cicak yang bertebaran di dalam rumah.

 

7. Membasmi Makanan Cicak

Cara mengusir cicak
Membasmi Makanan Cicak

Makanan cicak sendiri adalah serangga terbang seperti nyamuk, lalat ataupun laron. Disaat cicak tidak mempunyai makanan pastinya cicak dapat mati ataupun punah. Hal yang harus kita lakukan adalah dengan membasmi serangga tebang yang ada di rumah kita terlebih dahulu. Setelah itu, cicak dengan berjalannya waktu akan hilang dengan sendirinya.

 

8. Tembakau

Cara mengusir cicak
Tembakau

Tembakau adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan rokok. Rokok sendiri nyatanya sangat berbahaya untuk tubuh. Selain itu, rokok tidak bagus dikonsumsi oleh anak-anak ataupun ibu hamil. Namun di sisi lain ternyata aroma tembakau tidak disukai oleh cicak. Tembakau hanya perlu dimasukkan pada plastik bening. Setelah itu, lubangi sedikit plastik agar aroma tembakau tercium oleh cicak.

 

9. Lem Cicak

Cara mengusir cicak
Lem Cicak

Cara mengusir cicak yang tidak perlu bersusah payah adalah dengan menggunakan lem cicak. Lem cicak banyak dijual di toko. Lem cicak bekerja seperti sebuah lem yang mana tubuh hewan tidak bisa bergerak karena lem. Lem cicak hanya perlu di taruh pada papan dengan makanan yang disukai oleh cicak. Setelah itu, taruhlah lem cicak pada tempat yang disukai oleh cicak.  

 

10. Racun Serangga

Cara mengusir cicak
Racun Serangga

Racun serangga biasa digunakan untuk mengusir serangga yang ada di dalam rumah. Racun serangga pastinya mengandung zat kimia. Racun serangga sendiri tidak boleh didekatkan dengan anak-anak karena dapat menganggu pernapasannya. Penggunaan racun serangga untuk membasmi hewan nyatanya sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyemprotkan ruangan dengan racun serangga. Setelah itu, ruangan yang dilewati oleh serangga pastinya akan mati. Gunakan racun serangga secara tidak berlebihan.

 

11. Bersihkan Langit-langit

Cara mengusir cicak
Bersihkan Langit-langit

Cara yang paling mudah dan biasa kita lakukan adalah dengan membersihkan langit-langit secara rutin. Langit-langit sendiri jarang sekali disentuh oleh kita karena jaraknya yang sangat sulit disentuh. Dengan membersihkan langit-langit serta pinggirannya dapat membuat serangga yang  biasa hidup di daerah tersebut pergi dan tidak kembali.

 

12. Memasang AC

Cara mengusir cicak
Memasang AC

Beberapa serangga tidak menyukai dengan udara dingin khusunya cicak. Disaat ruangan sangat dingin pastinya beberapa serangga akan pergi menjauh. Salah satu hal yang dapat membuat cicak tidak kembali adalah dengan kita memasang AC. Selain ruangan kita menjadi semakin dingin, badan kita terhindar dari nyamuk, lalat ataupun cicak.

 

13. Deterjen

Cara mengusir cicak
Deterjen

Deterjen biasa digunakan kita untuk mencuci baju. Deterjen sendiri membuat baju kotor menjadi bersih. Selain itu, deterjen juga dapat mengusir cicak. Caranya siapkan botol semprotan, kemudian masukkan air dengan deterjen. Kocok dan semprotkan pada daerah yang disukai oleh cicak.

 

14. Hiasan Burung Merak

Cara mengusir cicak
Hiasan Burung Merak

Beberapa orang berpendapat bahwa hiasan burung merak dapat mengusir cicak dari rumah. Burung merak sendiri sangat ditakutkan oleh cicak karena sebagai mangsanya. Oleh karena itu, kamu dapat memasang hiasan burung merak pada tembok agar cicak pergi menjauh dari dalam rumah. Selain hiasan burung merak, kamu juga dapat menaruh orang-orangan ataupun predator yang tidak disukai oleh cicak itu sendiri.

 

15. Pelapis Dinding yang Licin

Cara mengusir cicak
Pelapis Dinding yang Licin

Agar membuat cicak keluar dari rumah kita, kamu dapat membuat dinding rumah kamu menjadi licin. Saat dinding rumah licin pastinya hal ini akan sulit didaki oleh cicak. Disaat itulah cicak akan mencari tempat lain agar bisa merayap dengan baik.

 

16. Menangkap Langsung

Cara mengusir cicak
Menangkap Langsung

Cara mengusir cicak yang terakhir adalah dengan menangkap langsung. Bila kamu merasa geregetan dan melihat cicak secara langsung di depan mata, kamu dapat menangkapnya secara langsung menggunakan sandal ataupun bahan yang keras agar cicak tidak bisa kabur.

 

Baca Juga