21 Cara Menghilangkan Kutu Beras Secara Alami
Pada saat kita ingin memasak beras dan melihat kutu beras pastinya hal ini sangat menjengkelkan. Kutu beras sendiri adalah hama yang merusak nutrisi beras. Oleh karena itu perlu dihilangkan dari beras. Cara menghilangkan kutu beras dari beras diperlukan sebuah ketelatenan.

Cara menghilangkan kutu beras – Bila kita sedang memakan nasi terkadang kita melihat serangga kecil yang hingga pada nasi. Serangga itu dinamakan kutu beras karena bentuknya seperti kutu rambut yang sangat kecil. Namun kutu beras ini hidup pada beras dan pastinya merupakan hama karena dapat membuat nutrisi beras menjadi berkurang. Kutu beras sendiri tidak boleh dibiarkan begitu saja pada beras. Berikut ini cara menghilangkan kutu beras.

 

1. Lada Kering

Cara menghilangkan kutu beras
Lada Kering

Cara menghilangkan kutu beras yang pertama adalah dengan menggunakan lada kering.  Lada biasanya berada pada dapur karena kegunaannya untuk masakan. Lada sendiri berguna untuk membuat rasa masakan menjadi lezat. Kamu hanya perlu menaburkan lada kering pada beras untuk membunuh kutu beras. Namun hal ini pastinya akan membuat kamu repot karena lada akan bercampur dengan beras.

 

2. Kayu Manis

Cara menghilangkan kutu beras
Kayu Manis

Kayu manis mempunyai bau yang sangat kuat sehingga kayu manis sangat bermanfaat untuk membuat rasa makanan menjadi lebih kuat. Selain itu, kayu manis juga berguna untuk menghilangkan kutu beras. Kayu manis sendiri sangat mudah kamu beli di pasar. Untuk mengusir kutu beras dengan kayu manis, kamu hanya perlu menaruh beberapa potong kayu manis di beras kemudian diamkan hingga kutu beras pergi dengan sendirinya.  

 

3. Cabai

Cara menghilangkan kutu beras
Cabai

Cabai dimanfaatkan untuk membuat sambal, ataupun membuat masakan menjadi lebih pedas. Cabai sendiri selalu dibutuhkan setiap hari. Cabai kering sendiri juga bermanfaat untuk mengusir kutu beras. Caranya hanya perlu menaruh cabai kering pada beras yang ada kutu berasnya. Maka kutu beras sedikit demi sedikit akan pergi dari beras.  

 

4. Bawang Putih

Cara menghilangkan kutu beras
Bawang Putih

Bawang putih sendiri sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Namun sayangnya bawang putih mempunyai bau yang sangat kuat bahkan bila dikonsumsi secara berlebihan hal ini dapat membuat tubuh mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bawang putih juga berguna untuk menghilangkan kutu beras. Caranya hanya perlu memotong beberapa suing bawang putih kemudian taruh pada beras.

 

5. Kopi

Cara menghilangkan kutu beras
Kopi

Kopi adalah sebuah kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan sehari-hari. Kopi sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi setiap harinya. Kopi memberikan sebuah kenyamanan bagi yang meminumnya. Selain itu, kopi juga dapat menghilangkan kutu beras. Caranya masukkan bubuk kopi ke dalam plastik bening lalu lubangi sedikit plastic agar aroma kopi keluar. Setelah itu taruh bubuk kopi pada atas beras yang mempunyai kutu beras.  

 

6. Daun Pandan

Cara menghilangkan kutu beras
Daun Pandan

Salah satu cara untuk menghilangkan kutu beras adalah dengan menggunakan daun pandan. Daun pandan biasanya dimanfaatkan untuk membuat nasi menjadi wangi serta renyah ketika memasak. Selain itu, daun pandan juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu beras. Caranya hanya perlu menaruh beberapa lembar daun pandan pada beras.  

 

7. Daun Jeruk Purut

Cara menghilangkan kutu beras
Daun Jeruk Purut

Daun jeruk purut juga digunakan untuk membuat makanan menjadi harum. Daun jeruk purut sangat mudah ditemui pada masakan. Selain itu, daun jeruk purut juga bermanfaat untuk menghilangkan kutu beras. Caranya siapkan beberapa helai daun jeruk purut. Kemudian taruh daun jeruk purut pada atas beras.

 

8. Daun Asam Jawa

Cara menghilangkan kutu beras
Daun Asam Jawa

Asam jawa memiliki rasa asam yang mana sama halnya dengan namanya yaitu asam. Asam jawa dapat digunakan untuk membuat cita rasa masakan ataupun untuk pengobatan. Selain buahnya yang dapat dimanfaatkan, daunnya pun juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu beras. Caranya hanya perlu menaruh daun asam jawa pada beras.  

 

9. Daun Salam

Cara menghilangkan kutu beras
Daun Salam

Daun salam biasanya dapat dengan mudah kita temui pada masakan. Daun salam sendiri selalu tersedia pada dapur untuk berbagai kebutuhan. Daun salam juga sangat baik bila dikonsumsi. Kamu hanya perlu menaruh daun salam pada beras bila ingin menghilangkan kutu beras pada beras.

 

10. Menjemur Beras

Cara menghilangkan kutu beras
Menjemur Beras

Cara yang paling mudah untuk mengusir kutu beras adalah dengan menjemur beras. Panas matahari sangat berguna untuk kesehatan. Selain itu panas matahari juga baik untuk beras agar kutu beras pergi dari beras.

 

11. Daun Belimbing

Cara menghilangkan kutu beras
Daun Belimbing

Buah belimbing mempunyai rasa yang manis dan asam. Selain itu, pohon belimbing sudah sangat jarang sekali ditemui oleh kita karena termasuk langka. Selain buahnya yang bermanfaat untuk tubuh. Daun belimbing juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutu beras. Caranya ambil beberapa daun belimbing kemudian taruh pada beras.

 

12. Tutup Kain Basah

Cara menghilangkan kutu beras
Tutup Kain Basah

Saat kita ingin mengambil beras dan melihat banyak kutu beras pastinya hal ini sangat menjengkelkan dan merubah mood kita yang ada. Untuk itu kita perlu mengusir kutu beras dari beras. Kita perlu meletakkan beras pada nampah. Kemudian siapkan kain basah dan taruhlah pada atas beras. Setelah itu, kutu beras akan menghampiri ke kain basah.

 

13. Masukkan Beras ke Kulkas

Cara menghilangkan kutu beras
Masukkan Beras ke Kulkas

Cara menghilangkan kutu beras yang lainnya adalah dengan cara memasukkan beras ke dalam kulkas. Namun sayangnya beras yang dimasukkan ke dalam kulkas tidak bisa dalam jumlah yang besar. Kamu dapat memasukkan beras dalam jumlah satu hingga lima liter tergantung muatan besar kulkasmu. Setelah itu diamkan beras selama 3 hari. Kemudian cuci beras agar beras kembali bersih lagi.

 

14. Lemari Khusus

Cara menghilangkan kutu beras
Lemari Khusus

Agar beras kita tidak mendapatkan banyak kutu beras maka yang perlu dilakukan adalah kita menyimpan beras pada lemari khusus yang dapat melindungi beras. Hal ini berguna untuk menjaga kualitas dari beras itu sendiri.

 

15. Kotak Korek Api

Cara menghilangkan kutu beras
Kotak Korek Api

Kotak korek api mempunyai bahan yang dapat membuat api. Selain itu juga ada kayu untuk membuat api. Di Negara India, kotak korek api dipercaya dapat mengusir kutu beras. Caranya kamu hanya perlu menaruh kotak korek api pada beras.

 

16. Daun Mint

Cara menghilangkan kutu beras
Daun Mint

Daun mint mempunyai bau mint yang berguna untuk memberi kesegaran pada mulut. Daun mint juga dimanfaatkan untuk memberikan rasa kenyamanan bila dikonsumsi. Selain itu, daun mint juga dapat menghilangkan kutu beras. Daun mint terlebih dahulu dikeringkan kemudian dihaluskan menjadi bubuk. Setelah itu taburkan pada beras.  

 

17. Daun Nangka

Cara menghilangkan kutu beras
Daun Nangka

Buah nangka memiliki ciri khas dengan buahnya yang sangat besar. Selain itu, rasa buah nangka sangat manis. Selain buahnya yang berguna untuk dikonsumsi, daun nangka juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu beras.  Daun nangka sendiri pertama tama harus dikeringkan terlebih dahulu kemudian taruhlah pada beras.

 

18. Serai

Cara menghilangkan kutu beras
Serai

Serai memiliki bau yang sangat peka. Serai sendiri juga digunakan pada masakan. Serai juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu beras. Hal yang harus disiapkan yaitu beberapa batang serai kemudian taruh di atas beras.

 

19. Cengkeh

Cara menghilangkan kutu beras
Cengkeh

Siapa yang tidak bisa melewatkan dengan aroma cengkeh yang sangat kuat. Cengkeh sangat baik bila dikonsumsi khususnya untuk kesehatan. Selain itu, cengkeh juga dapat menghilangkan kutu beras karena baunya yang sangat menyengat yang mana akan membuat kutu beras pergi bila di taruh di atas beras.

 

20. Asam Keping

Cara menghilangkan kutu beras
Asam Keping

Salah satu cara untuk menghilangkan kutu beras adalah dengan menggunakan asam keping. Asam keping mempunyai aroma yang dapat membuat kutu beras pergi dari beras. Kamu hanya perlu menaruh beberapa asam keeping di atas beras.  

 

21. Memisahkan Beras dengan Kutu Beras

Cara menghilangkan kutu beras
Memisahkan Beras dengan Kutu Beras

Cara menghilangkan kutu beras yang terakhir adalah dengan cara memisahkan beras dengan kutu beras secara manual. Pastinya hal ini membutuhkan waktu dan ketelitian. Sebelum kamu memasak beras, hal yang pertama dilakukan adalah mencuci beras terlebih dahulu sambil memisahkan kutu beras.

Baca Juga