15 Cara Mengganti IP Address Pada Windows 7
Cara mengganti IP Address pada windows 7 memang bukanlah hal yang sangat membingungkan. Namun dalam hal ini masih tergolong cukup banyak orang yang belum memahaminya. Nah mungkin 15 cara mengganti IP address pada windows 7 berikut ini bisa menjadi salah satu panduanmu dalam mengganti IP Address.

Cara Mengganti IP Address – Cara Mengganti IP Address pada Windows 7 sebenarnya hal yang tidak begitu sulit. Bahkan dalam hal ini sudah terdapat berbagai macam cara mengganti IP Address.

Pada kesempatan kali ini sendiri kita akan membahas mengenai cara mengganti IP Address pada Windows 7. Dimana dalam pembahasan ini kita akan membahasnya melalui dua metode sekaligus.

Dalam metode pertama akan kita bahas secara lengkap dan detail agar para pengguna Windows 7 yang masih awam dapat memahami dengan maksimal. Sedangkan pada metode kedua kita akan bahas secara singkat.

Cara Mengganti IP Address : Metode 1

Cara mengganti IP Address dengan metode pertama yakni dengan cara melalui menu Start yang berada di pojok kiri bawah. Cara ini jauh lebih lengkap dan pangjang daripada cara mengganti IP Address dengan metode kedua.

1. Masuk Ke Start

Cara Mengganti IP Address
Start

Pada homepage Windows 7, klik tombol Start yang berada di bagian pojok kiri bawah. Dalam hal ini, kamu juga bisa menekan tombol Start yang terletak pada keyboard.

2. Control Panel

Cara Mengganti IP Address
Control Panel

Setelah menekan tombol Start, maka kamu akan dihadapkan dengan sejumlah pilihan. Nah, saat ini yang harus kamu pilih adalah menu Control Panel.

3. Network and Internet

Cara Mengganti IP Address
Network and Internet

Setelah itu kamu akan di bawa ke menu Control Panel. Disini kamu juga akan dihadapkan oleh sejumlah pilihan menu. Namun tidak usah bingung, yang perlu kamu pilih hanyalah menu Network and Internet.

4. Network and Sharing Center

Cara Mengganti IP Address
Network and Sharing Center

Pada tahap selanjutnya kamu akan di bawa kemu Network and Internet. Dimana pada menu ini terdapat 3 menu di dalamnya, yakni Network and Sharing Center, HomeGroup dan Internet Options. Namun dalam hal ini kamu hanya perlu memilih Network and Sharing Center saja.

5. Change Adapter Setting

Cara Mengganti IP Address
Change Adapter Setting

Dalam tahap ini kamu tidak perlu memperhatikan sejumlah pilihan yang ada di bagian kanan. Namun kamu hanya perlu fokus terhadap sejumlah menu yang berada di bagian kiri. Cari dan pilih Change adapter settings.

Baca Juga : 15 Cara Instal Windows 7 Paling Mudah, Lengkap Dengan Gambarnya

6. Memilih Network Connections

Cara Mengganti IP Address
Network Connection

Nah pada langkah ke enam ini kamu akan dihadapkan oleh sejumlah Network Connections. Mungkin ada yang menemukan begitu banyak pilihan pada tahap ini, namun juga ada yang justru hanya menemukan satu pilihan saja. Semua itu tergantung dari penggunaan laptop atau pc tersebut.

Tak perlu bingung atau pun khawatir, karena disini  yang perlu kamu pilih yakni Network Connections yang tengah kamu pakai.

7. Properties

Cara Mengganti IP Address
Properties

Mungkin sedikit ribet mencari Network Connections, namun sebenarnya itu hal yang mudah. Jika Network Connection yang tengah kamu gunakan sudah ketemu. Tahap selanjutnya yakni klik kanan pada Network Connections tersebut dan pilih Properties.

8. Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)

Cara Mengganti IP Address
Internet Protocol

Selanjutnya kamu akan dihadapkan oleh dua tab, yakni tab Networking dan tab Sharing. Pada tab Networking terdapa beberapa pilihan dalam kolom di bawah tulisan This connection uses the following items:. Nah pada sejumlah pilihan di kolom tersebut, pastikan kamu memilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).

Setelah itu tombol Properties akan muncul, dan pada tahap selanjutnya kamu dapat mengeklik tombol Properties tersebut.

9. Use the following IP Address

Cara Mengganti IP Address
Use the following IP Address

Untuk mengganti IP Address sendiri sebenarnya kamu hanya perlu memasukan IP Address pada bagian ini. Nah untuk memasukan IP Address tersebut kamu harus memilih Use the following IP address terlebih dahulu. Selebihnya kamu hanya perlu memasukan IP Address, Subnet mask, dan Default gateway.

Setelah itu klik OK, dan secara otomatis IP Address akan terganti sesuai dengan yang kamu isikan tadi.

Cara Mengganti IP Address : Metode 2

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa mengganti IP Address pada Windows 7 dapat dilakukan melalui 2 metode. Pada metode kedua ini akan jauh lebih mudah dan singkat daripada metode pertama. Nah berikut ini langkah-langkahnya.

1. Klik Icon Signal

Cara Mengganti IP Address
Icon Signal

Pada hompage Windows 7, pilih icon signal yang terletak pada bagian pojok kanan bawah. Klik icon signal tersebut, maka akan muncul sejumlah jaringan internet.

2. Memilih Jaringan Internet

Cara Mengganti IP Address
Jaringan

Selanjutnya kamu akan dihadapkan oleh sejumlah jaringan internet, dan yang perlu kamu lakukan hanyalah memilih jaringan internet yang tengah kamu gunakan.

3. Status

Cara Mengganti IP Address
Status

Setelah memilih jaringan internet yang sedang kamu gunakan, klik kanan pada jaringan tersebut. Maka akan muncul tiga pilihan, Disconnect, Status dan Properties. Namun kamu hanya perlu klik Status.

4. Properties

Cara Mengganti IP Address
Properties

Setelah memasuki status jaringan yang tengah digunakan, maka kamu juga akan melihat tombol Properties di bagian bawah. Dalam hal ini kamu hanya perlu klik pada tombol Properties tersebut.

5. Internet Protocol 4 (TCP/IPv4)

Cara Mengganti IP Address
Internet Protocol

Selanjutnya kamu akan menemukan sebuah kolom yang di dalamnya terdapat sejumlah pilihan. Pilihlah Internet Protocol 4 (TCP/IPv4).

Setelah itu tombol Properties akan muncul. Untuk menuju ke tahap selanjutnya kamu perlu mengeklik tombol Properties tersebut.

6. Use the following IP Address

Cara Mengganti IP Address
Use the following IP address

Sama halnya dengan metode yang pertama, metode kedua dalam tahap ini juga mengharuskan kamu untuk memilih Use the following IP Address agar kamu dapat memasukkan IP Address yang kamu inginkan.

Dalam hal ini, pastikan kamu juga mengisi kolom Subnet mask, Default gateway dan DNS Server. Setelah itu klik OK, dan secara otomatis IP Address akan terganti sesuai dengan yang kamu isikan tadi.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa cara mengganti IP Address pada Windows 7 yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Baca Juga