15 Cara Mengganti Background Foto Menggunakan Photosop
Cara mengganti background foto sebenarnya bisa dilakukan menggunakan berbagai macam software. Jadi tidak hanya Photoshop saja yang bisa melakukan tugas ini. Nah berikut ini ada 15 Cara Mengganti Background Foto Menggunakan Photosop yang mungkin saja bisa kamu contoh.

Cara Mengganti Background FotoCara mengganti background foto sebenarnya bisa dilakukan menggunakan berbagai macam software. Jadi tidak hanya Photoshop saja yang bisa melakukan tugas ini.

Namun mengingat kepopuleran dan kelengkapan fitur Photoshop, hal ini membuat semua orang tertarik dengan software yang satu ini. Meskipun terdengar begitu istimewa, siapa sangka jika pengoperasiannya begitu menyulitkan penggunanya yang masih baru menggunakan software Photoshop ini.

Saking bingungnya, bahkan hanya sekedar mengganti foto pun jadi tidak dapat dilakukan oleh orang awam. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya akan berbagi panduan mengenai 15 cara mengganti background foto dengan Photoshop.

Untuk menyingkat waktu, berikut sejumlah cara mengganti background foto dengan Photoshop yang dapat kamu coba.

1. Instal Adobe Photoshop

Cara Mengganti Background Foto
Instal

Apabila ingin mengikuti panduan cara mengganti background foto dengan Photoshop ini maka hal yang wajib kamu lakukan adalah menginstal software Photoshop itu sendiri. Dalam hal ini kamu bisa mendapatkan Photoshop secara gratis di sejumlah situs-situs download. Namun apabila di PC mu sudah terinstal Photoshop, maka kamu bisa langsung menuju ke tahap berikutnya.

2. Buka Adobe Photoshop

Cara Mengganti Background Foto
Buka

Apabila kamu sudah menginstal Photoshop sebagai alat tempur kita kali ini. Maka pada tahap ini kamu perlu membukanya terlebih dahulu untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Baca Juga : 15 Cara Mengganti Nomor WA Dengan Nomor Luar Negeri

3. Open

Cara Mengganti Background Foto
Open

Pada tahap ini kamu perlu membuka sebuah foto yang hendak kamu ganti background-nya. Caranya pun cukup mudah, klik pada tombil File yang terletak di pojok kiri atas. Setelah itu akan muncul menu dropdown. Dalam menu tersebut terdapat pilihan Open. Klik Open untuk menuju ke tahap selanjutnya. Dalam hal ini terdapat cara yang jauh lebih mudah, yakni dengan menekan tombol Ctrl + O pada keyboard.

4. Cari Foto

Cara Mengganti Background Foto
Cari Foto

Setelah mengeklik Open pada tahap selanjutnya. Maka kamu akan di hadapkan oleh jendela baru yang berisi sejumlah folder. Nah dalam jendela ini yang perlu kamu lakukan hanyalah mencari lokasi foto yang hendak kamu ganti backgroundnya. Jika sudah ketemu, klik dua kali pada foto tersebut, maka secara otomatis foto akan terbuka pada Photoshop.

5. Mengubah Layer

Cara Mengganti Background Foto
Mengubah Layer

Pada tahap ini kamu perlu mengubah layer backgrond menjadi Layer 0. Dalam hal ini kamu bisa melakukannya dengan cara melakukan dua klik pada layer background tersebut. Apabila muncul jendela baru, maka klik OK saja untuk menuju ke tahap selanjutnya.

6. Lasso Tool

Cara Mengganti Background Foto
Lasso Tool

Lasso Tool merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh software Photoshop ini. Dimana dalam hal ini kita sangat membutuhkan Lasso Tool untuk menyeleksi foto. Nah dalam tahap ini saya sarankan kamu menggunakan Magnetic Lassso Tool, karena akan terasa jauh lebih mudah nantinya.

Caranya pun cukup dengan memilih dan menahan Lasso Tool sampai mengeluarkan beberapa pilihan tool lainnya. Dalam sejumlah pilihan tool yang muncul tersebut, pilihlah Magnetic Lasso Tool.

7. Seleksi Foto

Cara Mengganti Background Foto
Seleksi Foto

Setelah memilih Lasso Tool, maka dalam tahap ini kamu bisa memulai untuk melakukan seleksi foto. Seleksi foto yang akan kamu tampilkan. Dalam hal ini kamu bisa mengikuti garis pinggir dari objek yang kamu pilih sampai mengelilinginya secara keseluruhan.

8. Select

Cara Mengganti Background Foto
Select

Jika sudah menyelesaikan proses seleksi foto yang hendak ditampilkan. Maka dalam tahap ini kamu bisa melanjutkkannya dengan cara mengeklik tombol Select yang berada di bagian toolbar (atas).

9. Inverse

Cara Mengganti Background Foto
Inverse

Jika kamu sudah mengeklik tombol Select, tentu saat ini kamu akan melihat sejumlah pilihan yang terletak pada menu dropdown yang baru saja muncul, bukan? Pada menu tersebut kamu harus memilih Inverse, kemudian tekan Delete.

10. Menghilangkan Garis Seleksi

Cara Mengganti Background Foto
Menghilangkan Garis Seleksi

Pada tahap ini seharusnya background sudah hilang dan saat ini yang perlu kamu lakukan hanyalah menghilangkan garis seleksi tersebut. Caranya pun sangat mudah, yakni hanya dengan menekan tombol Ctrl + D pada keyboard.

11. Masukkan Background Foto

Cara Mengganti Background Foto
Masukkan Background

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, dalam tahap ini seharusnya background sudah hilang. Maka yang perlu kamu lakukan hanyalah memasukkan background baru.

Caranya pun sangatlah mudah, buka Windows Explorer dan cari foto yang akan kamu jadikan sebagai background. Setelah itu cukup drag foto tersebut dari Windows Explorer ke Photoshop.

12. Atur Ukuran Background

Cara Mengganti Background Foto
Atur Ukuran

Setelah memasukkan background baru, biasanya ukuran tidak sesuai dengan ukuran objek yang tadi kita seleksi. Maka dari itu, dalam tahap ini kamu perlu mengatur ukuran background.

Caranya pun cukup mudah, klik dan drag di foto bagian ujungnya sembari menekan tombol Shift + Alt. Apabila ukuran sudah dirasa cukup pas, maka kamu bisa klik dua kali pada foto tersebut atau klik pda ikon centang yang terdapat di bagian atas.

13. Pindah Posisi Layer

Cara Mengganti Background Foto
Pindah Layer

Sedangkan dalam tahap ini yang perlu kamu lakukan hanyalah memindah atau menggeser posisi layer background menjadi di bawah layer objek yang tadi kamu pilih.

14. Save As

Cara Mengganti Background Foto
Save As

Tahap terakhir yang perlu kamu lakukan dalam mengganti background foto dengan Photoshop yakni dengan menyimpan hasil foto tersebut.

Untuk menyimpan hasil foto yang baru saja kamu ganti backgroundnya, kamu bisa menekan tombol Ctrl + Shift + S. Lalu masukkan nama sesuai dengan keinginanmu

15. Selesai

Cara Mengganti Background Foto
Selesai

Ya dalam tahap ini kamu sudah berhasil mengganti background foto dengan Photoshop. Bagaimana, mudah bukan?

Tentu hal tersebut sangatlah mudah, namun bagi orang yang masih awam dengan software Photoshop ini tentu akan sangat kesulitan dalam mengoperasikannya.

Loading...

Baca Juga