16 Cara Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat-Obatan
Merasakan nyeri haid yang begitu sakit saat menstruasi merupakan hal yang sangat menyiksa dan membuat tidak nyaman sebagian besar wanita. Kabar baiknya, kali ini kita akan membahas 16 cara mengatasi nyeri haid tanpa obat-obatan.

Cara Mengatasi Nyeri Haid – Pada awal terjadinya siklus menstruasi, nyeri haid merupakan salah satu gejala yang sudah biasa dirasakan oleh wanita. Sebagian besar wanita pada umumnya selalu merasakan rasa nyeri pada saat menstruasi, hanya saja tingkat nyeri yang dirasakan setiap wanita berbeda-beda. Ada yang merasakan nyeri yang begitu sakit sampai dirinya tidak mampu melakukan aktivitas sehari-harinya, namun juga ada yang sama sekali tidak merasakan sakit sedikitpun dan bisa melakukan aktivitas seperti sehari-harinya.

Meskipun nyeri haid merupakan hal yang biasa dirasakan oleh para wanita, namun tetap saja ketika nyeri itu datang dengan membawa rasa sakit yang teramat sakit, tentu hal itu akan berakibat buruk terhadap aktivitas sehari-hari dan terhadap hal lainnya.

Nah, berikut ini ada sejumlah cara mengatasi nyeri haid tanpa obat-obatan dengan mudah, dan bisa kamu coba sekarang juga untuk mengatasi nyeri haid se-segera mungkin.

1. Menghindari Gula

Cara Mengatasi Nyeri Haid
Gula

Pada saat masa-masa menstruasi, akan jauh lebih baik lagi jika kita menghindari berbagai macam minuman dan makanan yang mengandung kadar gula cukup tinggi. Hal ini dikarenakan gula tidak baik bagi kesehatan tubuh anda saat menstruasi. Tak hanya itu saja, namun gula bisa menyebabkan rasa nyeri semakin sakit.

2. Mengatur Asupan Makanan

Cara Mengatasi Nyeri Haid
Makanan

Selain obat, asupan makanan sehari-hari kita ternyata juga mempengaruhi tingkat rasa nyeri haid. Nah, untuk kamu yang mengalami nyeri haid begitu sakit, cobalah untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang bernutrisi. Selain mengkonsumsi makanan bernutrisi, kamu juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, vitamin D, magnesium, vitamin E, dan omega 3 untuk meredakan rasa nyeri haid.

3. Kompres Perut

Cara Mengatasi Nyeri Haid
Kompres Perut

Mengatasi nyeri haid tidak hanya bisa dilakukan dari dalam saja, namun juga bisa dilakukan dari luar atau fisik, salah satunya yakni dengan meng-kompres perut. Meng-kompres perut terbukti dapat melancarkan peredaraan darah, serta mampu membuat otot di daerah perut menjadi rileks, sehingga nyeri haid yang terjadi dapat berkurang.

Baca Juga : 28 Penyebab Keputihan Yang Perlu Kita Ketahui

4. Berbaring

Cara Mengatasi Nyeri Haid
Berbaring

Berbaring juga merupakan salah satu tindakan tepat untuk mengatasi nyeri haid. Ya, dengan berbaring senyaman mungkin akan membuat rasa nyeri haidmu semakin berkurang lantaran otot-otot yang menyebabkan nyeri tersebut akan merasa jauh lebih rileks.

5. Memijat Perut

Cara Mengatasi Nyeri Haid
Memijat Perut

Cara mengatasi nyeri haid yang tak kalah mudahnya yakni dengan memijat perut. Cukup dengan minyak aromaterapi ataupun minyak kayu putih, lalu oleskan di bagian perut dan pijat dengan lembut. Hal ini bertujuan untuk menambah relaksasi otot serta melancarkan peredaran darah ke rahim.

6. Kunyit Asam

Cara Mengatasi Nyeri Haid
Kunyit Asam

Kunyit asam memang sudah begitu terkenal dengan berbagai khasiatnya, terbukti dengan sejumlah obat-obatan tradisional dan herbal yang banyak menggunakan kunyit asam sebagai bahan dasarnya. Kunyit asam sendiri memiliki sifat anti inflamasi, sehingga tidak heran jika kunyit asam ini dapat mengatasi nyeri haid. Dengan mengkonsumsinya, kamu tidak hanya merasakan hilangnya nyeri haid, namun kamu juga akan merasakan betapa lancarnya aliran menstruasimu.

7. Menambah Asupan Zat Besi

Cara Mengatasi Nyeri Haid
Zat Besi

Saat mengalami menstruasi, wanita akan jauh lebih rentan terkena penyakit anemia. Oleh karena itu, menambah asupan zat besi saat menstruasi merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan. Cobalah untuk memakan sejumlah makanan yang mengandung zat besi, hal ini bertujuan untuk menggantikan sejumlah sel darah merah yang hilang atau keluar saat haid.

8. Istirahat Dengan Cukup

Cara Mengatasi Nyeri Haid
Tidur

Pada saat menstruasi, tubuh memang sering kali terasa begitu lemas, hal ini bisa diatasi dengan tidur atau istirahat yang cukup. Tak hanya itu saja, namun istirahat yang cukup juga bisa memberikanmu tubuh yang rileks, sehingga rasa nyeri haid yang ada bisa hilang dengan sendirinya jika tubuh sudah merasa rileks.

9. Jangan Menggunakan Pakaian Ketat

Cara Mengatasi Nyeri Haid
Pakaian Ketat

Pakaian ketat sering kali membuat tubuh tidak merasa nyaman dan kurang rileks. Tak hanya itu saja, pakaian ketat juga bisa menghambat peredaran darah. Sedangkan disaat menstruasi peredaran darahmu sudah begitu terganggu. Oleh karena itu, saat menstruasi lebih baik menggunakan pakaian yang tidak ketat.

10. Mandi Menggunakan Air Hangat

Cara Mengatasi Nyeri Haid
Air Hangat

Cara mengatasi nyeri haid yang satu ini memang sudah tidak begitu asing lagi di masyarakat indonesia. Ya, mandi menggunakan air hangat memang bisa melancarkan peredaran tubuh dan mampu membuat tubuh menjadi rileks, sehingga nyeri haid akan mereda.

11. Olah Raga Ringan

Cara Mengatasi Nyeri Haid
Jogging

Jangan karena badan lemas akibat menstruasi terus kamu tidak melakukan olah raga ringan, karena olah raga ringan bisa berguna untuk mengatasi rasa nyeri haid. Olah raga ringan sendiri meliputi, jogging, jalan-jalan, yoga, senam dan lain sebagainya.

12. Minum Air Hangat

Cara Mengatasi Nyeri Haid
Air Hangat

Pada saat haid, tubuh akan kehilangan banyak asupan cairan, sehingga yang perlu kamu lakukan adalah memberi asupan cairan secukup mungkin. Dan alangkah baiknya jika kamu selalu mengkonsumsi minuman hangat, seperti air mineral yang masih hangat, atau dihangatkan. Hindari jenis minuman yang mengandung gula tinggi dan soda.

13. Hindari Alkohol dan Rokok

Cara Mengatasi Nyeri Haid
Rokok

Jika kamu seorang perokok dan pecandu minuman-minuman beralkohol, maka mulai sekarang hindari kedua hal tersebut. Karena dua hal tersebut dapat menyebabkan kondisi haid semakin tidak sehat.

14. Melakukan Relaksasi

Cara Mengatasi Nyeri Haid
Relaksasi

Pada saat menstruasi, relaksasi merupakan salah satu hal yang perlu kamu terapkan untuk mengatasi nyeri haid yang begitu sakit. Untuk melakukan relaksasi kamu bisa memulainya dengan berbaring dan melakukan pijatan-pijatan kecil pada perut, atau kamu juga bisa melakukan sejumlah gerakan yoga.

15. Minum Jamu

Cara Mengatasi Nyeri Haid
Jamu

Tak hanya obat-obatan dan bahan-bahan kimia saja yang dapat mengatasi nyeri haid. Namun minuman jamu juga masih dipercaya ampuh dalam mengatasi nyeri haid sampai sekarang. Dalam jamu memang terkandung sejumlah khasiat yang bisa mengatasi nyeri haid, kamu bisa mencobanya di sejumlah toko atau depot jamu tradisional.

16. Menghindari Makanan yang Dipanggang

Cara Mengatasi Nyeri Haid
Makanan Panggang

Makanan yang dipanggang sebenarnya tidak bisa dikatakan sudah masak dengan sempurna. Pada umumnya, berbaagai macam jenis makanan yang dipanggang masih meninggalkan lemak trans dalam kadar yang lumayan tinggi. Dimana hal tersebut bisa meningkatkan zat ekstrogen dalam tubuh, sehingga rahim terasa begitu nyeri.

Baca Juga