21+ Cara Mengatasi Gigi Ngilu yang Terbukti Mujarab
Selain sakit gigi, gigi ngilu juga merupakan masalah yang cukup mengganggu. Jika anda memiliki gigi yang sensitif dan sering terganggu dengan rasa ngilu, tidak ada salahnya jika anda mencoba beberapa cara yang terbukti mujarab pada artikel ini.

Kata.co.id - Gigi ngilu adalah salah satu masalah yang cukup mengganggu pada mulut selain sakit gigi. Gigi ngilu biasanya terjadi karena permukaan gigi yang sensitif terhadap zat tertentu, yang paling sering menimbulkan rasa ngilu pada gigi adalah minuman yang terlalau dingin atau asam. Berikut ini ada beberapa cara yang terbukti ampuh mengatasi gigi ngilu.

1. Pilih pasta gigi berfluoride

Cara Mengatasi Gigi Ngilu
Memilih pasta gigi befluoride

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mengatasi gigi ngilu adalah dengan menggunakan pasta gigi berfluoride. Zat fluoride sudah terbukti mampu melindungi sekaligus memperbaiki kerusakan pada lapisan luar gigi yang kerap menimbulkan ngilu berkepanjangan pada gigi.

2. Hindari menggunakan sikat gigi yang kasar 

Cara Mengatasi Gigi Ngilu 2
Hindari sikat gigi yang kasar

Berikutnya anda perlu menghindari penggunaan sikat gigi yang keras dan kasar karena dapat membuat gusi terluka sekaligus mengikis lapisan luar gigi sehingga gigi sering terasa ngilu saat mengonsumsi minuman yang dingin atau yang terlalu panas, juga makanan yang terlalu asam dan manis.

3. Berkumur dengan cairan antibakteri

Cara Mengatasi Gigi Ngilu 3
Berkumur dengan cairan antibakteri

Berkumur dengan cairan antibakteri juga merupakan pilihan yang harus dilakukan setiap selesai menggosok gigi. Tujuan penggunaan cairan antibakteri ini adalah untuk melindungi mulut dari bakteri dan mencegah gigi ngilu. Tapi perlu diingat, menggunakan cairan antibakteri tersebut tidak boleh berlebihan, cukup 2 kali sehari saja.

4. Mengunyah permen mint

Cara Mengatasi Gigi Ngilu 4
Mengunyah permen mint

Mengunyah permen yang mengandung mint ternyata dapat mengatasi rasa ngilu pada gigi. Hal ini karena permen mint dapat meningkatkan kekuatan lapisan luar gigi sehingga dapat meredakan ngilu pada gigi.

5. Mengunyah buah apel

Cara Mengatasi Gigi Ngilu 5
Mengunyah buah apel

Buah apel bermanfaat untuk merangsang produksi air liur dalam mulut sehingga mulut tidak kering dan menjadikan gigi sensitif dan ngilu. Selain itu, dengan mengunyah buah apel yang cukup keras otomatis akan terjadi pijatan pada bagian gusi yang dapat menghilangkan sisa-sisa makanan pada gigi.

6. Menggunakan minyak cengkeh

Cara Mengatasi Gigi Ngilu 6
Menggunakan minyak cengkeh

Bahan berikutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi gigi ngilu adalah minyak cengkeh. Cengkeh memiliki zat pedas yang dapat mengurangi rasa ngilu ataupun nyeri pada gigi. Cara mengaplikasikannya adalah dengan mencampur segelas air matang yang hangat dengan 3 tetes minyak cengkih, kemudian gunakan untuk berkumur secara teratur setiap harinya.

7. Menggunakan bawang merah

Cara Mengatasi Gigi Ngilu 7
Menggunakan bawang merah

Bawang merah yang mengandung zat antibakteri dan dapat menenangkan saraf di sekitar gigi, sangat ampuh untuk mengatasi ngilu pada gigi. Caranya, cukup ambil bawang merah sebanyak 2 siung, kemudian haluskan dan tambahkan dengan 1 gelas air matang, lalu gunakan untuk berkumur.

8. Memanfaatkan bawang putih

Cara Mengatasi Gigi Ngilu 8
Memanfaatkan bawang putih

Selain bawang merah, bawang putih juga mengandung antibakteri dan juga dapat mengatasi rasa ngilu dan nyeri pada gigi. Caranya ambil bawang putih, kemudian haluskan dan campurkan dengan air matang yang hangat satu gelas saja. Lalu gunakanlah air campuran tersebut untuk berkumur 2 kali sehari.

9. Menggunakan asam jawa

Cara Mengatasi Gigi Ngilu 9
Menggunakan asam jawa

Selain berguna untuk melangsingkan tubuh, asam jawa juga dapat mengurangi rasa ngilu pada gigi sensitif yang disebabkan terlalu sering mengonsumsi minuman dan makanan yang terlalu asam dingin dan manis. Haluskan beberapa asam jawa kemudian oleskan pada gigi yang terasa ngilu secara teratur.

10. Memanfaatkan daun sirih

Cara Mengatasi Gigi Ngilu 10
Daun sirih

Daun sirih mengandung senyawa aktif yang mampu mengurangi rasa ngilu pada gigi. Caranya, haluskan daun sirih dan campurkan dengan sedikit air, kemudian ambil sarinya dan oleskan pada gigi yang terasa ngilu. Atau anda juga dapat menyeduh daun sirih yang sudah dihaluskan tadi dengan segelas air panas, setelah dingin gunakanlah untuk berkumur.

BACA JUGA: 21 Cara Paling Mudah Mengatasi Kaki Pecah Pecah

11. Kompres es batu

Cara Mengatasi Gigi Ngilu 11
Kompres dengan batu es

Meminum air es memang dapat menyebabkan gigi menjadi ngilu, akan tetapi mengompres pipi pada bagian gigi yang ngilu sangat efektif untuk mengurangi rasa ngilu pada gigi. Balutlah es batu dengan sapu tangan titpis, kemudian tempelkan pada pipi yang bagian giginya terasa ngilu.

12. Memakai biji alpukat

Cara Mengatasi Gigi Ngilu 12
Memakai biji alpukat

Bahan alami berikutnya yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan ngilu pada gigi adalah biji alpukat. Selain untuk mengatasi rasa ngilu, biji alpukat telah lama dipercaya mengurangi rasa nyeri pada gigi berlubang. Cara menggunakannya adalah dengan menumbuk biji alpukat hingga halus, kemudian langsung oleskan pada gigi yang terasa ngilu atau nyeri.

13. Menggunakan air garam

Cara Mengatasi Gigi Ngilu 13
Menggunakan air garam

Cara berikutnya yang tak kalah ampuh mengatasi gigi ngilu adalah dengan menggunakan air garam. Garam mengandung zat iodium yang dapat memperbaiki kerusakan lapisan gigi yang menyebabkan gigi menjadi ngilu. Berkumurlah secara rutin dengan air garam hingga rasa ngilu lenyap.

14. Belimbing wuluh

Cara Mengatasi Gigi Ngilu 14
Belimbing wuluh

Belimbing wuluh juga dapat mengurangi rasa ngilu pada gigi karena mengandung antibakteri yang berfungsi untuk melawan serangan bakteri pada gigi akibat sisa-sia makanan yang membusuk dan menumpuk. Cara menggunakanannya adalah dengan mengambi sari belimbing wuluh dan pakailah untuk berkumur. 

15. Memanfaatkan bubuk merica

Cara Mengatasi Gigi Ngilu 15
Memanfaatkan bubuk merica

Selain cengkeh, sifat pedas yang ada pada merica juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati gigi ngilu. Caranya yaitu dengan mencamuprkan air secukupnya dengan bubuk merica, kemudian oleskan pada gigi yang ngilu secara teratur setiap hari.

16. Mengonsumsi susu sapi murni

Cara Mengatasi Gigi Ngilu 16
Mengonsumsi susu sapi murni

Susu sapi murni tanpa adanya gula atau bahan tambahan lainnnya, dapat menstabilkan zat kalsium, ion fospat, dan fluoride pada lapisan luar gigi sehingga dapat memperbaiki kerusakan lapisan gigi yang menyebabkan gigi ngilu. 

17. Menggunakan madu 

Cara Mengatasi Gigi Ngilu 17
Madu murni

Madu merupakan salah satu bahan alami yang baik untuk mengatasi gigi ngilu karena bersifat anti inflamasi yang dengan kandungan nutrisi yang dapat memperbaiki kerusakan lapisan gigi penyebab gigi ngilu. Dalam pengobatan, agar hasil maksimal sebaiknya gunakan madu murni.  

18. Menggunakan baking soda

Cara Mengatasi Gigi Ngilu 18
Baking soda

Baking soda juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi dan mencegah rasa ngilu pada gigi timbul kembali. Caranya, campurkan air secukupnya dengan baking soda, kemudian gunakan secara teratur untuk berkumur setelah menyikat gigi hingga ngilu pada gigi tidak lagi terasa. 

19. Mengonsumsi daun cengkih

Cara Mengatasi Gigi Ngilu 19
Mengonsumsi daun cengkih

Selain buahnya, ternyata daun cengkih juga bisa menjadi obat untuk gigi ngilu. Anda hanya perlu mengunyah daun cengkih seperti mengunyah sirih, setelah rasa pedasnya hilang, buanglah dan kunyahlah daun cengkih yang baru. Cara ini dapat dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari sebelum menyikat gigi.

20. Menggunakan kulit andong

Cara Mengatasi Gigi Ngilu 20
Kulit andong

Kulit andong juga tak kalah ampu da;am mengatasi gigi yang ngilu. Kulit andong sendiri mengandung senyawa yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mulut dan gigi. Caranya, ambil kulit andong dan seduhlah dengan air panas, biarkan hingga dingin dan gunakan untuk berkumur. 

21. Mengonsumsi air mineral

Cara Mengatasi Gigi Ngilu 21
Mengonsumsi air mineral

Cara yang terakhir sekaligus paling klasik adalah dengan banyak mengonsumsi air mineral. Air dengan kandungan mineral didalamnya dapat menstabilkan asam yang berlebihan pada rongga mulut sehingga rasa ngilu pada gigi dapat teratasi. Minumlah air mineral sesering mungkin setiap harinya. Anda juga dapat menggunakannya untuk berkumur setelah menyikat gigi. 

Baca Juga