22 Cara Mengatasi Depresi Dengan Penanganan Sendiri
Depresi bukan penyakit yang harusnya di anggap sepele,segera atasi bila anda mulai merasakan muncul gejala depresi,bila dibiarkan terlalu lama,maka depresi akan menjadi semakin berat,dan tentunya susah untuk di tangani.

Cara mengatasi depresi.Depresi merupakan salah satu gangguan mental yang terjadi pada seseorang yang mempengaruhi perasaan,suasana hati dan juga mempengaruhi pola pikir.

Depresi adalah suatu penyakit yang bukan hanya sekedar perubahan emosi sesaat,ketika seseorang mengalami depresi,ia akan mengalami sedih yang berkepanjangan,putus asa,dan tak ada motivasi untuk beraktivitas,dan selalu menyalahkan diri sendiri,dan menganggap dirinya tak berguna,jadi tak seharusnya depresi dianggap penyakit sepele.

Perlu kita ketahui,bila depresi tidak segera di atasi,maka akan mengganggu hubungannya dengan orang sekitar,dan yang lebih parahnya,bila depresi sudah ketingkat yang lebih berat,akan ada keinginan untuk mengakhiri hidupnya.

Untuk mengatasi depresi yang sudah berat,tentunya memerlukan bantuan dokter,namun untuk depresi yang ringan kita bisa menanganinya sendiri,lakukan cara-cara di bawah ini ketika anda mulai mengalami depresi ringan.

1.Selalu berpikir positif

cara mengatasi depresi
Berpikir positif

Cara mengatasi depresi yang pertama adalah dengan  berpikir positif,dengan berpikir positif kita akan lebih sabar,merasa tenang,selalu berlapang dada,dan juga lebih bijak dalam mengambil keputusan,tentunya terhindar dari depresi,karena sebenarnya depresi muncul karena terlalu berburuk sangka pada keadaan dan selalu berpikir negatif.

2.Selalu bersyukur

cara mengatasi depresi
Image : pesantrenonline.or.id

Selalu bersyukur kepada tuhan adalah hal yang terpenting agar tidak mengalami depresi,jangan mengharapkan pencapaian yang terlalu tinggi melebihi kemampuan diri sendiri,karena bila apa yang kita capai tidak sesuai dengan harapan,akan menyebabkan rasa kecewa yang berlebihan dan akhirnya mengalami depresi.

3.Pasrah dan kembalikan semuanya pada tuhan

Cara mengatasi depresi
Image: thebinde.com

Kembalikan segala sesuatunya kepada tuhan,percayalah bahwa tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan seseorang,dan berpikirlah bahwa manusia hanya dapat berencana,namun tetap tuhanlah yang mengaturnya.

4.Lakukan hal yang menyenangkan bersama teman

cara mengatasi depresi
Image: palembang.tribunnews.com

Bila anda sudah mulai stres dan depresi,cobalah keluar dan ajak teman anda untuk melakukan hal yang menyenangkan,seperti jalan-jalan santai,berkunjung ke rumah teman yang lainnya,atau pergi ke tempat-tempat yang menyenangkan.

5.Mendengarkan musik

cara mengatasi depresi
Image: klikbekasi.co

Cara mengatasi depresi selanjutnya adalah dengan mendengarkan musik,musik akan membuat tubuh kita menjadi ringan,musik juga dapat memperbaiki suasana hati seseorang,jadi cobalah dengarkan musik jika anda sudah mulai mengalami depresi ringan.

6.Olahraga

cara mengatasi depresi
Image: meetdoctor.com

Selain dapat membugarkan tubuh dan menyehatkan tubuh,berolah raga juga dapat mengatasi depresi,karena dengan tubuh yang segar dan sehat,tentunya pikiranpun juga akan lebih terbuka.

7.Berlibur

cara mengatasi depresi
Image: jurnalpost.com

Percaya atau tidak berlibur ternyata dapat mengatasi depresi,karena dengan pergi berlibur ke tempat lain,pikiranpun akan lebih terbuka dan tentunya rasa takkan adalagi rasa penat karena lingkungan,pergi berliburlah ke tempat yang lebih luas dan terbuka serta tempat yang menyenangkan.

8.Rileks

cara mengatasi depresi
ycpa-info.com

Luangkan waktu untuk rileks sejenak ketika anda mulai mengalami masalah,tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan,duduklah di kursi yang nyaman,dan jangan berpikir tentang masalah-masalah yang sedang anda hadapi.

9.Curhat pada teman

cara mengatasi depresi
Curhat pada teman

Carilah teman yang bisa diajak bercerita dan mau mendengarkan cerita kita,karena dengan bercerita ke pada teman,kita akan sedikit mendapatkan dukungan dan juga membuka sedikit jalan keluar untuk masalah yang sedang kita hadapi,namun berhati-hatilah dalam memilih teman curhat,carilah teman yang bisa menyimpan rahasia.

10.Menonton televisi atau video lucu

cara mengatasi depresi
Menonton video lucu

Bila mengalami masalah dan sudah mulai mengalami depresi,tontonlah hal-hal lucu yang akan membuat senang dan membuat tertawa,seperti video-video lucu dan menonton film komedi,dijamin depresi seketika akan hilang.

12.Melakukan hobi

cara mengatasi depresi
Melakukan hoby

Bila anda mulai mengalami depresi,cobalah untuk keluar rumah dan lakukan apapun yang anda suka,karena dengan melakukan apa yang kita suka,tekanan dalam pikiranpun akan berkurang.

13.Meditasi

cara mengatasi depresi
Meditasi

Sisihkan waktu 30 menit saja untuk melakukan meditasi,karena meditasi di percaya dapat menghilangkan kecemasan-kecemasan dalam pikiran,dan sedikit mengurangi tekanan pikiran,carilah tempat yang benar-benar tenang untuk meditasi.

14.Mengatur waktu tidur

cara mengatasi depresi
Mengatur waktu tidur

Kurang tidur atau tidur dengan kualitas yang buruk akan membuat gejala depresi akan semakin memburuk,jadi usahakan atur jadwal tidur dengan baik,dan jaga kualitas tudur.

15.Asupan vitamin B

cara mengatasi depresi
Mengkonsumsi Vitamin B

Bila sering mengalami depresi,cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B,Vitamin B dan vitamin B12 akan membantu produksi senyawa kimia dalam otak yang mempengaruhi suasana hati,bila kekurangan vitamin B,maka akan mudah mengalami depresi.

16.Konsumsi kunyit

cara mengatasi depresi
Mengkonsumsi kunyit

Selain dapat di jadikan bumbu masakan dan pewarna alami pada masakan,ternyata mengkonsumsi kunyit juga dapat mengatasi depresi,karena sebuah penelitian menyebutkan bahwa kunyit dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak,dan tentunya dapat mengurangi depresi.

17.Yoga

cara mengatasi depresi
Melakukan yoga

Yoga juga dapat mengatasi depresi,mengatasi gangguan emosi dan juga dapat mengatasi stress,lakukanlah yoga bila anda mulai mengalami gejala depresi.

18.Minyak ikan

cara mengatasi depresi
Minyak ikan

Kekurangan asupan asam lemak omega-3 akan memicu munculnya depresi,untuk itu konsumsilah minyak ikan salmon untuk memenuhi asupan asam lemak omega-3,agar tidak muncul gejala depresi.

19.Mengkonsumsi makanan yang mengandung selenium dan magnesium tinggi

cara mengatasi depresi
Kacang-kacangan

Untuk mengatasi depresi,kita perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium yang tinggi dan yang mengandung selenium,seperti kacang-kacangan dan gandum.

20.Dengan berjalan-jalan di pagi hari

cara mengatasi depresi
Berjalan kaki di pagi hari

Perlu anda ketahui,bahwa berjalan kaki dapat mengatasi stress dan depresi,jalan kaki di pagi hari dapat menghilangkan sedikit tekanan pikiran.

21.Akupunktur

cara mengatasi depresi
Akupunktur

Selain dapat mengatasi penyakit yang berhubungan dengan otot dan saraf ternyata akupunktur juga dapat mengatasi depresi.

22.Terapi cahaya

cara mengatasi depresi
Terapi cahaya

Bila anda mulai mengalami munculnya gejala depresi,lakukanlah terapi cahaya,anda cukup diam di tempat yang terkena cahaya,lakukan selama 15 menit.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi depresi,namun bila anda mengalami depresi yang berat,mungkin cara-cara tersebut tidak akan berhasil,tentunya satu-satunya cara adalah dengan bantuan dokter.

Baca Juga