21 Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi yang Terbukti Mujarab
Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif. Salah satu masalah kulit yang sering terjadi pada bayi adalah biang keringat. Untuk mengatasinya dengan cepat dan aman, anda bisa melakuan cara-cara alami.

Kata.co.id - Biang keringat sangat sering dialami oleh bayi. Biang keringat tentunya dapat membuat bayi merasa tidak nyaman bahkan rewel, karena menyebabkan rasa gatal pada kulit. Berikut ini ada beberapa cara yang sangat ampuh untuk mengatasi biang keringat pada bayi.

1. Kompres dingin

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi
Kompres dingin

Cara paling sederhana untuk mengatasi biang keringat yang terjadi pada bayi ialah mengompres daerah kulit yang terkena biang keringat dengan air dingin. Lakukan hal ini beberapa kali sampai biang keringat berkurang dan hilang sama sekali sehingga bayi akan merasa lebih nyaman.

2. Hindari kain sintetis

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi 2
Hindari kain sintetis

Cara berikutnya adalah dengan menghindari pakaian yang terbuat dari kain sintetis. Hal ini karena kain sintetis tidak dapat menyerap keringat dengan baik. Untuk itu, dianjurkan memakaikan pakaian dengan bahan yang lembut dan mudah menyerap keringat sehingga tidak memicu timbulnya biang keringat.

3. Menggunakan minyak telon

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi 3
Menggunakan minyak telon

Bahan alami yang dapat digunakan adalah minyak telon. Anda hanya perlu mengoleskan minyak telon pada kulit bayi yang terkena biang keringat secara teratur. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah minyak telon yang mengandung minyak kelapa tinggi.

4. Hindarkan dari terik matahari

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi 4
Hindarkan dari terik matahari

Cra berikutnya yang perlu dilakukan adalah dengan menghindari bayi darinpaparan terik matahari langsung. Terik matahari yang langsung mengenai kulit, dapat memicu timbulnya biang keringat. Jika berpergian keluar rumah, sebaiknya pilih tempat yang cukup teduh atau bisa juga dengan menggunakan payung agar kulit bayi terlindungi dari sengatan matahari.

5. Daun peppermint

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi 5
Daun pepermint

Daun yang satu ini tidak kalah efektif dalam mengobati gatal-gatal pada kulit bayi. Efek dingin yang ditimbulkan pun mampu mengatasi radang atau pembengkakan pada kulit. Caranya, tumbuk dan campur daun ppermint dengan air secukupnya, kemudian oleskan pada daerah kulit yang gatal.

6. Daun sirih dan kulit manggis

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi 6
Daun sirih

Ramuan berikutnya yang dapat anda coba untuk mengatasi biang keringat pada bayi anda adalah daun sirih yang dicampur dengan daun manggis. Bersihkan 50 gram kulit manggis dan 10 lembar daun sirih. Kemudian rebus dengan air secukupnya. Tunggu hingga suhu air menjadi hangat kuku, lalu usapkan pada biang keringat.

7. Daun biduri

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi 7
Daun biduri

Bahan alami selanjutnya adalah daun biduri. Cara membuat ramuannya yaitu siapkan beberapa lembar daun biduri, bersihkan terlebuh dahulu untuk kemudian dihaluskan. Campur sedikit minyak kelapa, kemudian oleskan pada kulit bayi yang terdapat biang keringat.

8. Daun kemangi

Daun kemangi sangat ampuh untuk menghilangkan biang keringat dan mengurangi rasa gatal, karena mengandung zat anti histamin didalamnya. Cara penggunaannya hampir sama dengan sebelumnya, yaitu dengan menghaluskan daun kemangi dan campur dengan sedikit air, kemudian oleskan pada biang keringat.

9. Daun Salam

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi 9
Daun Salam

Daun salam juga dapat digunakan untuk obat biang keringat pada bayi. Daun salam mengandung zat antibiotik yang mampu mengurangi biang keringat. Siapkan beberapa lembar daun salam, bersihkan terlebih dahulu kemudian haluskan. Oleskan secara merata pada kulit bayi yang terdapat biang keringat.

10. Daun mahkota dewa 

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi 10
Daun mahkota dewa

Selain daun salam, daun yang satu ini juga bisa dijadikan alternatif untuk menghilangkan biang keringat pada bayi. Cara penggunaannya sangat mudah, ambil beberapa lembar daun mahkota dewa, bersihkan terlebuh dahulu sebelum kemudian ditumbuk hingga halus dengan mencampurkan sedikit air. Kemudian usapkan secara merata pada biang keringat.

BACA JUGA: 21+ Cara Mengatasi Gigi Ngilu yang Terbukti Mujarab

11. Cuka sari apel

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi 11
Cuka apel

Bahan yang satu ini juga dapat diandalkan untuk mengatasi biang keringat pada bayi karena mengandung anti fungi, anti septik, dan anti bakteri yang dapat mengurangi rasa gatal pada kulit. Tuang beberapa tetes cuka apel pada kapas, kemudian oleskan pada biang keringat.

12. Jus lemon

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi 12
Lemon

Sifat asam yang terdapat dalam buah lemon dapat mengatasi biang keringat dengan baik. Ambilllah satu buah lemon, potong menjadi beberapa bagian kemudian peras. Campurkan dengan air dan tepung secukupnya, kemudian aduk hingga rata dan bakurkan pada biang keringat.

13. Tepung Kanji 

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi 13
Tepung kanji

Tepung kanji sudah dipercaya sejak dahulu untuk menghilangkan biang keringat dan iritasi kulit. Tepung kanji dapat berfungsi sebagai penyerap keringat yang berlebihan sehingga biang keringat dapat dengan mudah teratasi. Cara menggunakannnya sangat praktis, cukup usapkan tepung pada daerah kulit yang terdapat biang keringat. 

14. Menggunakan Baking Soda

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi 14
Baking soda

Campur satu sendok makan baking soda dengan satu gelas air hingga merata dan membentuk seperti pasta. Kemudian pakailah untuk mengompres biang keringat dengan menggunakan waslap. Lakukan hal tersebut secara teratur hingga biang keringat hilang. 

15. Menggunakan Madu

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi 15
Madu

Madu memang salah satu bahan alami yang banyak dimanfaatkan untuk kecantikan kulit, termasuk meredakan biang keringat pada bayi. Dalam hal ini madu yang digunakan adalah madu murni tanpa tambahan zat lain. Oleskan madu murni pada kulit bayi yang terserang biang keringat secara teratur setiap harinya agar hasil maksimal.

16. Tepung jagung

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi 16
Tepung jagung

Tepung jagung yang juga dikenal dengan tepung maizena bisa dijadikan obat biang keringat pada bayi. Caranya, campur tepung jagung dengan air garam secukupnya hingga rata dan oleskan pada biang keringat. Diamkan hingga mengering dengan sendirinya, lalu bersihkan dengan air hangat.

17. Memanfaatkan Minyak Jarak

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi 17
Minyak jarak

Minyak yang satu ini juga sangat ampuh untuk menghilangkan biang keringat dan aman digunakan oleh bayi. Minyak jarak dapat berfungsi mengendalikan minyak berlebih pada kulit bayi penyebab biang keringat. Cara penggunaannya sangat mudah, cukup oleskan minyak jarak secara teratur pada kulit yang terkena biang keringat sambil dipijat perlahan. 

18. Mentimun

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi 18
Mentimun

Mentimun menimbulkan efek dingin dan sangat cocok untuk mengatasi biang keringat dan gatal-gatal. Ambil satu buah mentimun yang telah dicuci, kemudian potong dan usapkan pada biang keringat. Diamkan hingga mengering dan bilans dengan air. Lakukan cara ini secara teratur agar biang keringat cepat menghilang.

19. Lidah buaya

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi 19
Lidah buaya

Lidah buaya banyak digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit kulit, salah satunya biang keringat. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengoleskan getah lidah buaya pada biang keringat, lalu biarkan hingga mengering, kemudian bilas dengan air mengalir sampai bersih.

20. Tanah Liat

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi 20


Tanah liat ternyata juga bisa dijadikan obat untuk biang keringat. Tanah liat bermanfaat untuk menyerap racun yang ada pada kulit dan sekaligus menghilangkan rasa gatal. Campur tanah liat secukupnya dengan air, kemudian aduk hingga berbentuk pasta. Oleskan tanah lait tersebut pada kulit bayi yang terkena biang keringat.

21. Daun tembelekan

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi 21
Daun tembelekan

Bahan alami berikutnya yang dapat digunakan untuk mengatasi biang keringat adalah daun tembelekan. Caranya, rebus daun tembelekan bersama 3 gelas air selama kurang lebih 15 menit. Biarkan terlebih dahulu hingga dingin, lalu usapkan air rebusan tersebut pada kulit yang terdapat biang keringat. 

Baca Juga