15 Cara Mencegah Penyakit Jantung Secara Aman
Penyakit jantung adalah penyakit yang mematikan dan sangat ganas. Penyakit jantung sendiri tidak boleh disepelekan karena membawa seseorang tersebut menuju kematian. Orang yang menderita penyakit jantung pun bisa meninggal secara mendadak. Penyakit jantung sendiri sebenarnya bisa dicegah. Cara mencegah penyakit jantung dapat dilakukan dengan kegiatan yang sederhana dan mudah.

Cara mencegah penyakit jantung -  Orang yang memiliki jantung sehat pastinya akan memiliki waktu hidup yang lebih lama dibanding dengan orang yang memiliki penyakit jantung. Beberapa orang menghindari penyakit jantung karena penyakit jantung membuat umur semakin pendek. Selain itu, penyakit jantung membuat segala aktifitas  menjadi terganggu. Jantung agar tetap sehat pastinya diperlukan sebuah perawatan. Selain itu kita dapat mencegah penyakit jantung. Berikut ini cara mencegah penyakit jantung.

1. Makan Kacang-kacangan

Cara mencegah penyakit jantung
Makan Kacang-kacangan

Cara mencegah penyakit jantung yang pertama adalah dengan memakan makanan kacang-kacangan. Kacang-kacangan sendiri mampu meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh. Kacang-kacangan sangat bagus bila dikonsumsi setiap hari. Kacang-kacangan itu dapat dari kacang hijau dll.

2. Olahraga

Cara mencegah penyakit jantung
Olahraga

Tubuh manusia dapat berubah berdasarkan pergantian usia. Semakin tua maka tubuh akan mudah berubah bahkan lemak akan mudah datang sehingga mudah gendut. Salah satu cara untuk mencegah gendut adalah dengan cara berolahraga secara rutin. Lakukan olahraga secara rutin setiap hari atau tiga kali dalam seminggu. Olahraga yang rutin dapat membuat badan menjadi sehat serta mencegah penyakit jantung.

3. Minum Air Putih

Cara mencegah penyakit jantung
Minum Air Putih

Minum air putih setiap hari dapat membuat tubuhmu menjadi sehat. Selain itu minum air putih juga mencegah penyakit jantung. Minum air putih ada baiknya bila dilakukan pada saat bangun tidur dan ingin tidur. Minumlah air putih sebanyak 1-2 liter setiap hari. Pastikan bila tubuhmu mendapat asupan banyak air putih agar racun-racun pada tubuh mudah keluar pada tubuh.  

4. Menjaga Tekanan Darah

Cara mencegah penyakit jantung
Menjaga Tekanan Darah

Untuk menjaga tekanan darah pastikan bila kamu mengonsumsi makanan sehat. Hindari memakan makanan cepat saji yang dapat membuat kesehatan jantungmu menjadi terganggu. Ada baiknya bila kamu memakan makanan rebus dan jangan terlalu sering memakan makanan gorengan. Menjaga tekanan darah sebenarnya mudah bila kita mengetahui caranya.

5. Tidak Merokok

Cara mencegah penyakit jantung
Tidak Merokok

Bila sekarang ini kamu masih merokok maka putuskanlah untuk berhenti merokok sekarang ini. Merokok sendiri adalah pemicu terjadinya penyakit jantung. Pada setiap kemasan rokok sendiri sudah diinformasikan bahwa merokok dapat menyebabkan  berbagai penyakit khususnya penyakit jantung. Berhenti merokok nyatanya sangat susah, namun bila didukung oleh orang terdekat untuk pemulihan pastinya hal ini akan mudah dilakukan.

 Baca juga : 21 Penyebab Penyakit Jantung

6. Kurangi Alkohol

Cara mencegah penyakit jantung
Kurangi Alkohol

Bila kamu tidak ingin mendapatkan penyakit jantung maka yang perlu dilakukan adalah menghindari alkohol. Bila sulit untuk menghindari maka cobalah untuk mengurangi konsumsi alkohol.  Berhenti meminum alkohol nyatanya sangat sulit karena rasanya yang sangat menggoda. Namun bila dilakukan dengan tekad yang kuat pastinya hal ini akan berhasil pada dirimu sendiri.  

 

7. Menjaga Kadar Gula

Cara mencegah penyakit jantung
Menjaga Kadar Gula

Penyakit jantung sendiri memiliki resiko yang sangat besar untuk penderita diabetes. Oleh karena itu penderita diabetes disarankan untuk menjaga kadar gulanya. Untuk mendapatkan hidup sehat pastinya diperlukan olahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan yang sehat untuk kesehatan tubuh.

 

8. Menjaga Kesehatan Gigi

Cara mencegah penyakit jantung
Menjaga Kesehatan Gigi

Kesehatan gigi juga berpengaruh pada jantung. Bila gigi sendiri memiliki bakteri yang parah hal ini dapat terbawa ke jantung. Hal ini dapat memicu terjadinya penyakit jantung. Oleh karena itu, bila kamu merasa gigimu tidak merasa sehat ada baiknya bila langsung melakukan perawatan.

 

9. Liburan

Cara mencegah penyakit jantung
Liburan

Setiap manusia pastinya pernah merasakan jenuh karena dengan padatnya pekerjaan. Selain itu, liburan sendiri dapat membuat tubuh menjadi lebih tenang karena merasa seperti teristirahatkan dan mendapatkan energi baru. Liburan juga dapat mencegah penyakit jantung karena jantung akan mendapatkan udara bersih. Bila perlu lakukan liburan ke gunung ataupun pantai yang mana udara masih bersih dan jauh dari polusi kendaraan.

 

10. Istirahat Cukup

Cara mencegah penyakit jantung
Istirahat Cukup

Salah satu hal yang dibutuhkan oleh  tubuh setiap hari adalah istirahat. Bayi sendiri membutuhkan banyak tidur karena proses pertumbuhan. Sedangkan untuk orang dewasa membutuhkan waktu tidur antara enam hingga delapan jam untuk beristirahat. Orang yang memiliki waktu istirahat yang cukup pastinya mempunyai potensi kecil terhindar dari penyakit jantung. 

 

11. Vaksin Flu

Cara mencegah penyakit jantung
Vaksin Flu

Ketika kecil pastinya kita akan diberikan banyak vaksin untuk mencegah penyakit menular pada tubuh. Berbeda bila dewasa jarang sekali kita mendapatkan vaksin karena penyakit akan jarang datang pada tubuh. Nyatanya penyakit akan mudah datang bila tubuh sedang melemah. Vaksin flu di saat dewasa juga akan berpengaruh untuk kesehatan pernapasan. Di saat pernapasan terganggu hal ini dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

 

12. Cokelat

Cara mencegah penyakit jantung
Cokelat

Cokelat adalah makanan yang disukai bagi banyak orang karena rasanya yang sangat lezat. Selain itu cokelat dapat memberikan rasa kebahagiaan dan ketentraman dalam dunia psikologi. Cokelat sendiri juga dapat mencegah penyakit jantung. Cokelat yang baik adalah cokelat yang memiliki kadar tujuh puluh persen kakao.

 

13. Berjemur

Cara mencegah penyakit jantung
Berjemur

Di saat seorang bayi baru saja dilahirkan pastinya bayi akan dijemur di bawah terik matahari untuk membuat tubuh bayi semakin kuat. Sama halnya dengan orang dewasa, menjemur sendiri juga baik untuk dilakukan karena kita dengan mudah akan mendapatkan vitamin D. Di saat tubuh mendapatkan banyak vitamin D pastinya hal ini akan membuat kita terhindar dari penyakit jantung.

 

14. Tertawa

Cara mencegah penyakit jantung
Tertawa

Orang akan tertawa jika melihat suatu hal yang lucu dan unik. Tertawa sendiri membuat otak kita menjadi lebih sehat dan menjadi lebih bahagia. Di saat tertawa pastinya membuat pembuluh darah semakin tenang. Tertawa sendiri sangatlah dibutuhkan untuk kesehatan mental. Selain itu tertawa juga menjauhkan kita dari penyakit jantung yang mematikan.

 

15. Hindari Cahaya Lampu Saat Tidur

Cara mencegah penyakit jantung
Hindari Cahaya Lampu Saat Tidur

Cara mencegah penyakit jantung yang terakhir adalah dengan menghindari cahaya lampu saat tidur. Di saat tidur pastikan bila lampu sudah dimatikan. Ketika lampu dinyalakan hal ini dapat memicu produksi hormon tidur melatonin yang mana dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

Baca Juga