20+ Rahasia Cara Mencegah Jerawat Dengan Mudah Secara Alami
Jerawat adalah penyakit berbentuk bulat kecil yang dapat muncul pada wajah ataupun tubuh lainnya. Jerawat sendiri tidak membahayakan. Namun sayangnya jerawat membuat penampilan seseorang tidak menjadi pede padahal jerawat sendiri dapat dicegah. Cara mencegah jerawat tidaklah begitu susah.

Cara mencegah jerawat – Jerawat adalah penyakit kulit yang biasa menempel pada wajah ataupun badan. Jerawat sendiri ada beraneka jenisnya. Jerawat membuat penampilan seseorang menjadi tidak enak dipandang. Selain itu jerawat membuat kita tidak pede karena jerawat telah membuat muka tidak mulus lagi. Jerawat sendiri sebenarnya dapat dicegah. Berikut ini cara mencegah jerawat.

 

1. Bersihkan Wajah

Cara mencegah jerawat
Bersihkan Wajah

Cara mencegah jerawat yang pertama adalah dengan cara rutin membersihkan wajah. Membersihkan wajah adalah hal yang wajib dilakukan apabila sebelum bermake up, setelah bermake up ataupun ingin tidur. Membersihkan wajah berguna untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada wajah. Selain itu dengan membersihkan wajah sama saja memperkecil resiko terjadinya jerawat di wajah.  

 

2. Tidak Mengusap Wajah dengan Tangan

Cara mencegah jerawat
Tidak Mengusap Wajah dengan Tangan

Saat kamu merasa wajah berkeringat ada baiknya bila kamu menggunakan tisu bersih untuk membersihkan wajah.  Hindari untuk menggunakan tangan secara langsung untuk menyentuh wajah. Menyentuh wajah dengan tangan sendiri dapat memicu munculnya jerawat karena kita tidak mengetahui apakah tangan kita kotor atau tidak. Selain itu usahakan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu bila ingin menyentuh wajah.

 

3. Konsultasi Dokter

Cara mencegah jerawat
Konsultasi Dokter

Bila kamu sudah pusing dengan jerawat yang tiba-tiba datang dan kemudian hilang kembali, kamu dapat berkonsultasi kepada dokter. Dokter sendiri akan melakukan pemeriksaan pada wajah kamu untuk mengetahui penyebab jerawat tersebut. Setelah itu dokter akan memberikan petunjuk agar kamu dapat menghindari datangnya jerawat kembali.

 

4. Perhatikkan Asupan Makanan

Cara mencegah jerawat
Perhatikkan Asupan Makanan

Salah satu hal yang dapat memicu terjadinya jerawat adalah pola asupan makan yang sangat buruk. Makanan seperti gorengan ataupun junk food dapat memicu terjadinya jerawat pada wajah. Oleh karena itu hindari makanan yang mengandung minyak berlebih. Bila sulit untuk menghindari cobalah untuk mengurangi agar mencegah terjadinya jerawat.

 

5. Hindari Perawatan Rambut yang Berlebihan

Cara mencegah jerawat
Hindari Perawatan Rambut yang Berlebihan

Disaat kita merasa rambut sangat lepek ataupun tidak keren terkadang kita membutuhkan minyak rambut, gel ataupun pomade untuk membuat rambut menjadi lebih segar. Namun sayangnya tidak semua perawatan tersebut bagus untuk rambut karena tidak cocok untuk kulit. Ketika rambut dibiarkan begitu saja rambut pastinya akan mengenai wajah ataupun punggung. Saat gel ataupun minyak tidak cocok untuk kulit pastinya dapat memicu terjadinya jerawat.

 

6. Gunakan Make Up Seperlunya

Cara mencegah jerawat
Gunakan Make Up Seperlunya

Make up sendiri berguna untuk memberikan keindahan pada wajah. Selain itu, make up juga menyatakan perasaan seseorang pada waktu tersebut. Make up sangat berguna digunakan pada tempatnya seperti berpergian, kondangan ataupun pesta. Bila di rumah ada baiknya tidak menggunakan namun hanya pelembab saja. Selain itu, jangan lupa mencuci muka secara rutin setelah bermake up.    

 

7. Gunakan Pelembab

Cara mencegah jerawat
Gunakan Pelembab

Di saat ingin bermake up pastinya hal yang perlu dilakukan adalah menggunakan pelembab. Pelembab selalu digunakan pertama sebelum menggunakan bedak. Pelembak dapat menahan kadar minyak yang ada pada wajah. Hindari menggunakan make up yang terlalu tebal yang mana membuat jerawat cepat datang.

 

8. Perhatikkan Jadwal Menstruasi

Cara mencegah jerawat
Perhatikkan Jadwal Menstruasi

Disaat menstruasi datang biasanya jerawat akan mudah datang. Selain itu, konsumsi makanan saat menstruasi datang juga perlu diperhatikkan. Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula, garam ataupun junk food. Perbanyak buah dan sayuran. Selain itu, atur pola tidur dengan baik. Bila perlu lakukan olahraga secara rutin.

 

9. Scrub Wajah

Cara mencegah jerawat
Scrub Wajah

Bila kamu mempunyai waktu serta uang yang lebih lakukan scrub wajah secara rutin. Scrub sendiri berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Scrub wajah dapat dilakukan di salon ataupun di rumah. Bila tidak mau repot kamu dapat membeli produk scrub di supermarket ataupun dengan membuat scrub dari bahan-bahan alami.

 

10. Es Batu

Cara mencegah jerawat
Es Batu

Saat jerawat sudah hilang, kamu dapat memberikan ketenangan pada wajah dengan menggunakan es batu. Gunakan es batu pada bekas jerawat. Tempelkan es batu pada jerawat selama 5 menit, setelah itu istirahat dan lakukan secara berulang. Bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal lakukan sebelum tidur pada malam harinya. Hal ini dapat mengurangi kadar minyak pada wajah berkurang.

 

11. Tidak memencet jerawat

Cara mencegah jerawat
Tidak memencet jerawat

Ketika jerawat datang hindari untuk memencet jerawat secara langsung. Memencet jerawat pada wajah secara langsung sama saja dengan membuat infeksi pada wajah. Hal ini dapat memperparah keadaan. Selain itu, jerawat akan tertinggal pada wajah yang mana akan sulit untuk dihilangkan.

 

12. Rajin Berolahraga

Cara mencegah jerawat
Rajin Berolahraga

Olahraga sendiri dapat membuat badan menjadi sehat dan kuat. Selain itu, rajin berolahraga juga membuat keseimbangan hormon tubuh. Olahraga juga membuat minyak berlebih pada tubuh cepet keluar. Lakukan olahraga setiap hari selama 15 menit ataupun 3 kali seminggu.

 

13. Hindari Obat-obatan

Cara mencegah jerawat
Hindari Obat-obatan

Bila kita sering mendapatkan jerawat tentunya hal ini sangat menyebalkan karena membuat wajah kita tidak mulus kembali. Setelah itu kita melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya khususnya menggunakan obat-obatan. Obat-obatan sendiri nyatanya tidak sangat bagus untuk dikonsumsi karena dapat membuat ketergantungan.

 

14. Bersihkan Ponsel

Cara mencegah jerawat
Bersihkan Ponsel

Ponsel yang kita gunakan ternyata memiliki banyak kuman yang lebih banyak dibanding dengan gagang pintu dan toilet. Ponsel ternyata juga dapat mempengaruhi kulit kita khususnya ketika menelpon. Oleh karena itu, bersihkan layar ponsel secara rutin agar kuman tidak menempel pada wajah yang mana dapat menyebabkan jerawat.

 

15. Minum Air Putih

Cara mencegah jerawat
Minum Air Putih

Air putih diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan berbagai aktivitas. Selain itu, air putih berguna untuk melarutkan minyak dan lemak. Di saat kita meminum banyak air putih pastinya tubuh akan terpengaruhi khususnya wajah yang terlihat semakin segar.  

 

16. Hindari Terkena Matahari Langsung

Cara mencegah jerawat
Hindari Terkena Matahari Langsung

Disaat kamu ingin berpergian ada baiknya bila kamu menggunakan tabir surya untuk melindungi wajah. Selain itu pastikan gunakan masker dan kacamata yang dapat melindungi kamu dari udara kotor. Udara kotor sendiri adalah pemicu terjadinya jerawat.

 

17. Hindari Stress

Cara mencegah jerawat
Hindari Stress

Setiap orang pastinya pernah mendapatkan stress. Stress sendiri tidak baik untuk tubuh. Stress sendiri dapat memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, berpikirlah secara positif untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

 

18. Gunakan Masker

Cara mencegah jerawat
Gunakan Masker

Cara mencegah jerawat lainnya  adalah dengan cara melakukan perawatan masker secara rutin. Perawatan masker sendiri berguna untuk membuat wajah semakin sehat serta awet muda. Gunakanlah masker sebanyak dua kali seminggu.

 

19. Berpikir Positif

Cara mencegah jerawat
Berpikir Positif

Salah satu hal yang penting untuk mencegah terjadinya jerawat adalah kita harus berpikir positif dalam segala hal. Dengan berpikir positif pastinya tubuh akan menjadi lebih sehat.

 

20. Istirahat Cukup

Cara mencegah jerawat
Istirahat Cukup

Cara mencegah jerawat yang terakhir adalah dengan istirahat cukup. Pastikan waktu istirahat kita tidak kurang ataupun tidak lebih. Disaat kita kekurangan waktu istirahat pastinya hal ini akan mempengaruhi tubuh kita.

Baca Juga