15 Cara Mencegah Banjir Agar Tidak Terjadi Kembali
Hujan adalah sebuah anugerah untuk makhluk hidup karena dapat memberikan kehidupan untuk dapat hidup. Namun sayangnya hujan dapat menjadi sebuah malapetaka apabila tidak mengalir pada tempatnya dengan benar. Salah satunya adalah banjir. Banjir sendiri disebabkan karena ruang untuk menampung air hujan tidak ada. Cara mencegah banjir sendiri diperlukan dukungan dari berbagai pihak.

Cara mencegah banjir – Setiap tahun disaat hujan deras datang pastinya akan memicu sebuah banjir yang sangat besar. Banjir tersebut terjadi karena meluapnya air yang melebihi batas air sungai yang ada. Selain itu, banjir mendatangkan penyakit. Bahkan banjir dapat menghilangkan nyawa seseorang tanpa kita duga. Berikut ini cara mencegah banjir.  

 

1. Menjaga Hutan

Cara mencegah banjir
Menjaga Hutan

Cara mencegah banjir yang pertama adalah dengan menjaga hutan. Hutan adalah sumber kehidupan bagi setiap umat makhluk hidup. Tanpa hutan pastinya rantai makanan akan menjadi berantakan bahkan membuat hewan dan tumbuhan menjadi punah. Hutan perlu dilestarikan agar resapan air berjalan dengan baik.

 

2. Membuat Sumur Resapan

Cara mencegah banjir
Membuat Sumur Resapan

Ketika musim hujan akan datang, ada baiknya bila di rumah kita mempunyai sumur resapan. Sumur resapan tersebut akan bertugas menampung air dan mencegah terjadinya banjir. Dengan adanya cadangan air pastinya membuat kita tidak akan kekeringan air di saat musim kering.

 

3. Membuat Lubang Biopori

Cara mencegah banjir
Membuat Lubang Biopori

Lubang biopori sendiri berguna untuk memudahkan air meresap ke dalam tanah. Di samping itu, kita dapat membuat kompos organik pada lubang biopori. Lubang biopori sendiri sangat mudah dilakukan pada halaman rumah. Ada baiknya bila setiap rumah memiliki lubang biopori untuk mencegah terjadinya banjir yang akan datang.

 

4. Menanam Pohon

Cara mencegah banjir
Menanam Pohon

Salah satu hal yang sekarang sudah banyak ditinggalkan masyarakat kita adalah menanam pohon. Pohon sendiri pastinya membutuhkan ruang besar agar pohon tumbuh dengan tinggi. Namun sekarang ini banyak penanaman yang memanfaatkan lahan kosong di rumah secara mudah. Menanam pohon sendiri selain memberikan keindahan pada mata juga memberikan kebersihan pada pernapasan kita. Selain itu, mempermudah air untuk meresap ke dalam tanah dan mencegah terjadinya banjir. Bila tidak mau repot untuk merawat tanaman, kamu dapat membeli tanaman langsung ataupun menanam sayuran yang dapat dikonsumsi sehari-hari.

 

5. Membersihkan Saluran Air

Cara mencegah banjir
Membersihkan Saluran Air

Salah satu hal yang dapat memicu terjadinya banjir adalah mampetnya saluran air. Saluran air juga diperlukan pembersihan secara rutin agar air mengalir dengan lancar. Di samping itu, lakukan pembersihkan saluran air secara bersama-sama agar kegiatan semakin ringan.

 

6. Membuang Sampah pada Tempatnya

Cara mencegah banjir
Membuang Sampah pada Tempatnya

Salah satu kegiatan yang mudah dilakukan namun susah dilakukan adalah membuang  sampah pada tempatnya. Membuang sampah pada tempatnya nyatanya sangat sulit dilakukan dikarenakan rasa malas. Membuang sampah sendiri memicu terjadinya banjir besar khususnya pada sungai. Air sungai yang seharusnya menjadi  berguna untuk makhluk hidup malah terganggu dengan adanya sampah. Membuang sampah pada tempatnya menyadarkan kita bahwa pentingnya lingkungan untuk dijaga.

 

7. Membuat Bendungan

Cara mencegah banjir
Membuat Bendungan

Bendungan sendiri sangatlah penting keberadaannya di sekitar sungai. Bendungan yang akan menahan air sungai agar tidak terjadi banjir. Bagi masyarakat yang berdekatan dengan sungai ada baiknya bila membuat bendungan agar air dapat menopang air sungai di saat hujan besar. Bila bendungan tidak dapat menampung air sungai pastinya dapat memicu banjir besar.

 

8. Membuat Rumah Panggung

Cara mencegah banjir
Membuat Rumah Panggung

Rumah panggung sendiri sudah jarang  ditemui di kota. Rumah panggung biasanya ditemui di perdesaan. Rumah panggung sendiri sangat berguna untuk mencegah terjadinya banjir datang karena tanah tidak terbeton semua. Rumah panggung sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki tanah yang luas untuk menanam tanaman ataupun ruang bermain.  

 

9. Kawasan Ruang Terbuka Hijau

Cara mencegah banjir
Kawasan Ruang Terbuka Hijau

Sebuah kota yang baik pastinya mempunyai banyak ruang terbuka hijau untuk menampung air hujan. Ruang Terbuka Hijau sendiri sangat penting untuk kelangsungan makhluk hidup. Semakin banyaknya ruang terbuka hijau maka sedikit pula resiko terjadinya banjir.  Di samping itu kawasan ruang terbuka hijau membuat hidup hewan dan tumbuhan dapat hidup damai tanpa takut kehilangan kawasannya. Bagi pemukiman yang padat penduduk, Kawasan Ruang Terbuka Hijau sangat berguna untuk mencegah terjadinya banjir. Selain itu juga dapat digunakan sebagai aktivitas bermain yang mana saat ini sulit sekali untuk mencari ruang bermain.

   

10. Pembangunan Paving Stone

Cara mencegah banjir
Pembangunan Paving Stone

Pembangunan jalan setapak di pinggir jalan perlu menggunakan paving stone. Hal ini bertujuan agar air mudah menyerap. Selain itu hal ini dapat mencegah terjadinya banjir karena air meresap dengan baik. Setiap kota besar perlu melakukan hal ini untuk memperkecil resiko banjir yang sangat merugikan banyak orang.

 

11. Proyek Pendalaman Sungai 

Cara mencegah banjir
Proyek Pendalaman Sungai

Setiap daerah yang memiliki sungai perlu melakukan pengerukan lumpur sungai agar sungai tidak menjadi sempit. Pengerukan ini berguna agar sungai mempunyai daya tampung yang sangat besar.  Selain itu diperlukan kegiatan rutin untuk mengeruk sungai agar sungai terbebas dari lumpur.

 

12. Sikap Sadar Lingkungan

Cara mencegah banjir
Sikap Sadar Lingkungan

Zaman sekarang ini sulit sekali untuk memiliki sikap sadar lingkungan bila tidak ditanamkan sedari kecil. Sikap sadar lingkungan perlu diajarkan dimanapun berapa. Sikap sadar lingkungan yang tertanam dari kecil pastinya akan terbawa hingga besar. Disaat seseorang memiliki sadar lingkungan pastinya dirinya memiliki reward seperti halnya lingkungannya menjadi bersih. 

 

13. Sistem Parit

Cara mencegah banjir
Sistem Parit

Sebuah padat pemukiman wajib sekali untuk memiliki sebuah parit kecil. Parit kecil tersebut berguna untuk menampung air yang bersumber dari rumah lalu akan terbawa ke sungai. Selain itu pastikan bila parit dalam keadaan lancar agar air mengalir dengan baik.

 

14. Reboisasi

Cara mencegah banjir
Reboisasi

Pada saat pohon telah ditebangi ada baiknya bila menanam kembali. Hutan yang telah digunduli tidak boleh dibiarkan gundul karena pastinya akan merusak ekosistem. Selain manusia mendapatkan banjir, hewan dan tumbuhan pun dapat punah. Oleh karena itu hutan diperlukan sebuah  reboisasi untuk menampung air resapan hujan.

 

15. Tidak membangun bangunan di pinggir sungai

Cara mencegah banjir
Tidak membangun bangunan di pinggir sungai

Cara mencegah banjir yang terakhir adalah dengan tidak membangun bangunan di pinggir sungai. Membangun bangunan ataupun rumah di pinggir sungai sangat memicu terjadinya banjir besar karena lahan sungai menjadi sempit. Selain itu, perilaku masyarakat yang buruk dapat membuat sampah terbuang ke sungai.

 

Baca Juga