16 Cara Membuat Henna Dengan Baik dan Benar
Henna adalah salah satu cara mempercanti diri untuk wanita selain menggunakan emas dan riasan wajah. Henna sendiri biasanya digunakan dalam acara tertentu seperti misal saja pernikahan. Terlebih lagi perkembangan jaman juga membuat motif henna juga ikut berkembang. Beragam mitif henna bisa kamu temui sekarang, mulai dari bunga, hingga motif abstrak.

Cara Membuat Henna - Henna adalah salah satu cara mempercanti diri untuk wanita selain menggunakan emas dan riasan wajah. Henna sendiri biasanya digunakan dalam acara tertentu seperti misal saja pernikahan. Terlebih lagi perkembangan jaman juga membuat motif henna juga ikut berkembang. Beragam mitif henna bisa kamu temui sekarang, mulai dari bunga, hingga motif abstrak.

Nah untuk membuat henna sebenarnya tidaklah sulit, namun bukan berarti membuat henna itu mudah. hal ini karena membuat henna memerlukan keuletan agar campuran henna tercampur secara merata. Pada artikel kali ini saya akan membahas 16 Cara Membuat Henna Dengan Baik dan Benar.

1. Henna Bubuk

Cara Membuat Henna
Henna Bubuk

Sebelum membuat henna pastikan kamu sudah mempunyai bahannya. Bahan henna bisa kamu buat sendiri atau menggunakan henna bubuk yang bisa kamu beli di toko kecantikan. Harga dari henna bubuk ini cukup bervariasi tergantung toko dan merk.

Baca Juga : 15 Cara Menonaktifkan Instagram Secara Sementara Dari PC dan Android

2. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Cara Membuat Henna
Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Henna bubuk juga mempunyai tanggal kadaluarsa, penting untuk mengetahui tanggal kadaluarsanya. Tanggal kadaluarsa henna biasanya mengacu pada tekstur henna, warna henna, dan aroma henna. Pilih lah henna yang belum masuk tanggal kadaluarsa, kamu bisa melihat dari warnanya karena biasanya warna hennanya akan berbeda.

3. Jeruk Nipis

Cara Membuat Henna
Jeruk Nipis

Selanjutnya untuk campuran henna kamu bisa menggunakan jeruk nipis atau jerus lemon. Yang dibutuhkan sebenarnya hanya air perasannya saja, namun terkadang saat memeras jerus nipis  bulir-bulirnya masih tersisa. Penting untuk menghilangkan bulir-bulirnya, karena yang kita butuhkan hanya airnya saja.

4. Essensial Oil

Cara Membuat Henna
Essensial Oil

Bahan berikutnya adalah essensial oil. Essensial oil dikenal mempunyai banyak manfaat, nah disini  essensial oil berperan untuk merubah warna henna agar menjadi gelap. Selain itu essensial oil juga bisa membantu merubah tekstur menjadi lembut.

5. Mangkuk atau Wadah

Cara Membuat Henna
Mangkuk atau Wadah

Untuk mencampur semua bahan kamu tentu perlu sebuah media. Nah kamu bisa menggunakan mangkuk atau wadah yang bersih. Untuk ukurannya kamu bisa sesuaikan dengan henna yang akan kamu buat, apabila banyak kamu bisa menggunakan yang agak besar.

6. Sendok

Cara Membuat Henna
Sendok

Sementara untuk mencampur semua bahan diatas kamu bisa menggunakan sendok makan ataupun sendok kayu. Nah berikut ini cara membuatnya.

7. Masukkan Henna ke Wadah

Cara Membuat Henna
Masukkan Henna ke Wadah

Ambil henna dan masukkan kedalam wadah yang sudah kamu siapkan tadi. Perlu diperhatikan saat membuat henna kamu harus memastikan takarannya. Cukup gunakan 1sdm henna bubuk untuk membuat henna pasta ukuran sedang. Kalau mau mebuat lebih kamu bisa menambah takarannya tergantung penggunaannya nati.

8. Menambahkan Air Jeruk Nipis

Cara Membuat Henna
Menambahkan Air Jeruk Nipis

Selanjutnya kamu bisa menambahkan air perasan jeruk nipis kedalam henna. Tambahkan air perasan jeruk nipis secara perlahan sambil mencampurnya, aduk-aduk terus dan apabila kamu merasa air perasannya kurang kamu bisa menambahkannya secara perlahan lagi. Jangan dibuang dulu air perasannya setelah dipakai.

9. Menyimpan Henna

Cara Membuat Henna
Menyimpan Henna

Setalah tercampur merata, kamu bisa menyimpan henna terlebih dahulu sampai berubah warna. Jangan lupa beri plastic wrap saat menyimpannya. Agar lebih maksimal kamu juga bisa menyimpannya disuhu yang hangat, suhu hanya disini bisa kamu dapatkan dari cahaya lampu belajar. Jangan pernah simpahn disuhu ruangan yang panas karena henna bisa rusak.

10. Menambah Minyak Essensial

Cara Membuat Henna
Menambah Minyak Essensial

Simpan hingga kurang lebih selama 6 jam, setelah 6 jam kamu bisa membukanya kemudian menambahkan minyak essensial dan aduk-aduk hingga merata. Minyak essensial yang kamu gunakan cukup 4-5 tetes saja, jangan terlalu banyak memberi minyak essensial. Hal ini karena bisa mempengaruhi warna henna.  Lalu kamu bisa menyimpannya lagi kurang lebih selama 6-8 jam.

11. Menambah Air Perasan Jeruk Nipis

Cara Membuat Henna
Menambah Air Perasan Jeruk Nipis

Setalah 6-8 jam kamu bisa membukanya, kemudian tambahkan air perasan jeruk yang tadi. Penting disini untuk menyimpan air perasan jeruk nipis karena akan digunakan lagi. Tambahkan sedikit demi sedikit kemudian aduk-aduk hingga merata dan mirip pasta. Usahakan agar tidak terlalu encer ataupun terlalu kental agar mudah digunakan nantinya.

12. Pindah ke Cone

Cara Membuat Henna
Pindah ke Cone

Sampai tahap ini henna sudah bisa kamu gunakan, tinggal masukkan henna ke plastic segitiga kemudian pandah ke cone agar mudah saat menggunakannya nanti. Cone ini bisa kamu beli atau membuat sendiri di rumah, perhatikan cone nya karena banyak kasus cone nya mengalami kebocoran

13. Menggunakan Henna

Cara Membuat Henna
Menggunakan Henna

Nah sekarang henna sudah bisa kamu gunakan, pertama cuci bersih tangan menggunakan sabun. Kemdian tinggal membuat motif henna sesuai dengan selera kamu. Tunggu hingga henna mengering selama beberapa saat

14. Menyemprotkan Gel

Cara Membuat Henna
Menyemprotkan Gel

Setelah pola motif mongering kamu bisa menggunakan gel untuk melapisi henna, semprotkan gel pada motif henna yang terdapat pada tangan kemudian tunggu hinnga kering. Setelah kering kamu bisa menyemprotkan gel lagi kemudian lapisi dengan kain kasa. Tunggu sekitar 12 jam lalu buka kain kasa tersebut.

15 Menambahkan Minyak

Cara Membuat Henna
Menambah Minyak

Buka kain kasa setelah 12 jam, kamu bisa bersihkan sisa-sia henna dengan menggunakan sabun. Kemudian lapisi henna dengan minyak agar henna tidak mudah luntur. Selain mencegah agar tidak mudah luntur minyak juga membuat tampilan henna menjadi semakin menarik.

16. Henna Telah Jadi

Cara Membuat Henna
Henna Sudah Jadi

Dan akhinya henna kamu sudah jadi, henna tersebut akan bertahan dalam beberapa waktu. Kalau kamu sudah merasa bosan tinggal kamu hilangkan menggukanan sabun dan membuat pola baru sesuai dengan selera kamu.

Nah itulah artikel tentang 16 Cara Membuat Henna Dengan Baik dan Benar, cukup mudah sebenarnya untuk membuat henna. Namun kamu juga perlu sedikit kesabaran karena proses untuk membuatnya tidak sebentar. Butuh beberapa waktu yang cukup lama untuk membuat henna benar-benar jadi. Semoga bermanfaat.  

 

Loading...

Baca Juga