15 Cara Membuat Cerpen Mudah Untuk Pemula
Jika Anda belum pernah menulis sebelumnya dan ingin membuat cerpen, tidak ada salahnya Anda menyimak ulasan cara membuat cerpen mudah untuk pemula berikut ini.

Ada banyak alasan bagi seseorang untuk membuat atau menulis cerpen, mulai dari iseng, menghibur diri sendiri hingga untuk mencari uang. Namun bagi pemula, membuat cerpen tidaklah semudah yang dibayangkan, ada banyak kendala yang muncul dan tidak terbayangkan sebelumnya. Jangankan membayangkan berapa banyak pundi uang yang akan didapat dari sebuah cerpen, membayangkan seperti apa cerpen yang akan ditulispun tidak bisa. Karena itu tidak ada salahnya untuk membaca ulasan 15 cara membuat cerpen mudah untuk pemula berikut ini.

1) Tentukan Apa yang Ingin Disampaikan Kepada Pembaca

15 Cara Membuat Cerpen Mudah Untuk Pemula
Tentukan Apa yang Ingin Disampaikan Kepada Pembaca

Sebelum Anda menanyakan bagaimana cara membuat cerpen? Anda sebaiknya menyiapkan dahulu apa yang ingin Anda sampaikan kepembaca.Tuliskan keinginan dan tujuan Anda tersebut dalam sebuah kertas. Gunakan keinginan Anda tersebut sebagai pedoman dalam membangun serta menyelesaikan konflik dan “pesan” yang harus pembaca dapatkan setelah membaca cerpen yang Anda tulis.

2) Tentukan Tema Cerpen

15 Cara Membuat Cerpen Mudah Untuk Pemula
Tentukan Tema Cerpen

Tentukan tema cerpen yang akan Anda buat, untuk pemula, tulislah cerpen yang sesuai dengan tema yang disukai. Jika Anda menyukai petualangan fantasi, maka gunakan tema fantasi dalam cerpen Anda, begitu juga dengan tema tema lainnya. Jadikan bahan bacaan, tontonan yang Anda sukai sebagai referensi awal saat akan menentukan tema. Karena semakin Anda kuasai tema tersebut, semakin mudah juga bagi Anda untuk menghadirkan cerpen yang menarik.

3) Tentukan Jumlah Karakter

15 Cara Membuat Cerpen Mudah Untuk Pemula
Tentukan Jumlah Karakter

Tentukan jumlah karakter/tokoh yang akan digunakan dalam cerpen. Karena panjang cerpen terbatas, hanya sekitar 10 ribu kata, Anda tidak dapat menghadirkan banyak karakter, karena semakin banyak karakter maka semakin banyak hal yang harus anda sampaikan ke pembaca dan hal ini akan berdampak pada banyaknya jumlah kata yang digunakan.

4) Tentukan Latar dan Lokasi Cerita

15 Cara Membuat Cerpen Mudah Untuk Pemula
Tentukan Latar dan Lokasi Cerita

Penentuan latar dan Lokasi cerita yang akan digunakan dalam cerpen perlu diperhatikan benar, jangan terlalu banyak memasukan lokasi ke dalam cerita, karena semakin banyak lokasi semakin banyak pula kata yang akan digunakan untuk mendeskripsikan tempat tersebut dan semakin panjang pula alur yang harus disajikan, padahal cerpen terbatas pada sekitar 10 ribu kata,

5) Buatlah karakter Sedetail Mungkin

15 Cara Membuat Cerpen Mudah Untuk Pemula
Buatlah karakter Sedetail Mungkin

Semakin detail karakter maka semakin nyata karakter tersebut dimata pembaca. Semakin nyata maka semakin menarik pula cerpen tersebut. Untuk dapat menghasilkan karakter yang detail dan konsisten, Penulis dapat menggunakan kartu karakter, yakni sebuah kertas berbentuk kartu dimaka didalamnya tercatat detail suatu karakter, mulai dari tanggal lahir, tinggi badan, hobi, kesibukan dan lain lainnya.

6) Lakukan Riset Terlebih Dahulu

15 Cara Membuat Cerpen Mudah Untuk Pemula
Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Untuk dapat menghadirkan unsur “nyata” dan informasi yang detail, penulis disarankan melakukan berbagai riset terlebih dahulu sebelum menulis cerpen. Riset paling sederhana adalah melalui internet. Browsing dan cari tahu segala macam hal yang akan Anda gunakan dalam cerita, seperti adat istiadat, tugas pokok suatu pekerjaan atau budaya di wilayah tertentu.

7) Buatlah Outline Cerpen

15 Cara Membuat Cerpen Mudah Untuk Pemula
Buatlah Outline Cerpen

Outline atau kerangka cerita adalah garis besar cerita yang disusun secara sistematis. Susunan sistematis ini biasanya digunakan untuk menjaga cerita tetap pada jalurnya dan tidak terjadi plothole dalam cerita.

8) Tentukan Ending Cerpen

15 Cara Membuat Cerpen Mudah Untuk Pemula
Tentukan Ending Cerpen

Menentukan ending dapat membantu seorang penulis pemula untuk menyelesaikan cerpennya karena sudah terbayang seperti apa akhir dari kisah yang sedang ia tulis.

9) Munculkan Konflik dan Selesaikan, Jangan Biarkan Menggantung

15 Cara Membuat Cerpen Mudah Untuk Pemula
Munculkan Konflik dan Selesaikan, Jangan Biarkan Menggantung

Baik dalam menulis novel maupun cerpen, konflik yang dihadirkan harus benar benar diselesaikan. Menggantung ending, atau membuat konflik tidak terselesaikan hanya akan membuat pembaca merasa kecewa.

10) Cerpen Dapat Dibuat Berdasarkan Pengalaman Pribadi

15 Cara Membuat Cerpen Mudah Untuk Pemula
Cerpen Dapat Dibuat Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Jika Anda mengalami kesulitan saat membuat tokoh rekaan dan alur cerita rekaan yang akan dibuat sebagai kerangka cerpen. Penulis dapat memotret pengalaman pribadi dan menjadikannya sebuah cerpen, tentunya dengan beberapa penyesuaian, seperti perubahan nama tokoh dan lokasi cerita. Cara membuat cerpen pengalaman priibadi adalah dengan merenungkan dan mengingat peristiwa penting, menarik dan unik yang pernah Anda alami, lalu tuangkan dalam bentuk tulisan.

Baca Juga : 15 Cara Membuat Novel Fantasi Agar Terasa Nyata dan Disukai Pembaca

11) Gunakan Ide Dari Lingkungan Sekitar Sebagai Bahan Penulisan Cerpen

15 Cara Membuat Cerpen Mudah Untuk Pemula
Gunakan Ide Dari Lingkungan Sekitar Sebagai Bahan Penulisan Cerpen

Jika Anda tak memiliki Ide, Anda dapat mencarinya di lingkungan sekitar. Berjalan jalanlah di pagi atau sore hari, amati setiap peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar dan catat semua “masalah” yang muncul dan Anda temukan, gunakan masalah tersebut sebagai konflik cerpen atau pesan yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca.

12) Perkenalkan Tokoh, Munculkan Konflik dan Selesaikan

15 Cara Membuat Cerpen Mudah Untuk Pemula
Perkenalkan Tokoh, Munculkan Konflik dan Selesaikan

Tiga hal ini menjadi pendoman singkat saat penulis pemula membuat cerpen. Kenalkan tokoh sepadat mungkin, hindari narasi dan dialog bertele tele, munculkan konflik antar tokoh sedini mungkin dan selesaikan sebaik mungkin konflik yang muncul pada akhir cerpen.

13) Gunakan Dialog Sebagai Penegas Konflik

15 Cara Membuat Cerpen Mudah Untuk Pemula
Gunakan Dialog Sebagai Penegas Konflik

Gunakanlah Dialog antar tokoh sebagai penegas konflik, jangan sajikan dialog bertele tele dan tidak bermakna. Semakin bertele tele maka semakin tidak menarik di mata pembaca.

14) Variasi Penggunaan Kalimat Aktif dan Pasif

15 Cara Membuat Cerpen Mudah Untuk Pemula
Variasi Penggunaan Kalimat Aktif dan Pasif

Penggunaan kalimat aktif memberi dampak cepat pada durasi atau tempo cerita, karena pembaca akan lebih mudah terbawa suasana. Penggunaan kalimat pasif biasanya digunakan untuk menurunkan dan melambatkan tempo cerita. Gunakanlah variasi keduanya secara bijak dan sesuai kebutuhan.

15) Gaya Kepenulisan

15 Cara Membuat Cerpen Mudah Untuk Pemula
Gaya Kepenulisan

Gaya kepenulisan seorang penulis akan terlihat ketika seorang penulis sudah menulis lebih puluhan atau bahkan ratusan karya, konsistensi dan gaya yang sama tersebut akan dinilai dan dilihat oleh pembaca dan dari sanalah pembaca melabeli seorang penulis dengan gaya kepenulisan tertentu. karena itu bagi Anda yang pemula dan ingin menulis cerpen, cukup tulis saja, tanpa perlu merisaukan gaya kepenulisan.

Demikianlah 15 cara membuat cerpen mudah untuk pemula. Semoga bermanfaat.

Baca Juga