15 Cara Membuat Aquascape yang Mudah Bagi Pemula
Meskipun baru muncul pada akhir 90an, namun Aquascape sudah diminati banyak orang. Anda ingin membuatnya namun tidak tahu caranya? Simak ulasan 15 cara membuat Aquascape yang mudah bagi pemula berikut ini.

Aquascape adalah seni menata dan mendekor tanaman sebagai sebuah ekosistem hidup di dalam sebuah Aquarium. Dimulai oleh seorang pria berkebangsaan jepang bernama Takashi Amano pada akhir tahun 90an, kini Aquascape telah menjadi trend hampir diseluruh dunia. Pakem Natural Aquascape, dimana membuat ekosistem tanaman di dalam Aquarium seperti keadaan aslinya yang diperkenalkan oleh Takashi Amano pun menjadi pedoman bagi pecinta Aquascape untuk membuat dekorasi Aquascape milik mereka. Namun tidak semua orang dapat membuat Aquascape, dibutuhkan ketenangan, ketekunan dan ketelatenan untuk membuat Aquascape yang baik dan benar. Simak 15 cara membuat Aquascape yang mudah bagi pemula berikut ini.

1) Siapkan Komponen yang Diperlukan Untuk Membuat Aquascape

15 Cara Membuat Aquascape yang Mudah Bagi Pemula
Siapkan Komponen yang Diperlukan Untuk Membuat Aquascape

Sebelum memulai membuat Aquascape, Anda harus menyiapkan komponennya terlebih dahulu. komponen yang diperlukan untuk membuat Aquascape antara lain, Aquarium, pasir, pupuk, batu batuan, filter, Diffuser Co2 dan aksesoris tambahan lainnya seperti lampu. Sebelum memulai memasukan dan mendekor isi Aquarium pastikan dahulu bahwa Aquarium sudah bersih dari kotoran. Kotoran yang masih melekat saat Aquarium sudah terisi dan terdekor dapat membuat air menjadi kotor dan mempengaruhi kesehatan tanaman di dalam Aquarium.

2) Buatlah Konsep Terlebih Dahulu

15 Cara Membuat Aquascape yang Mudah Bagi Pemula
Buatlah Konsep Terlebih Dahulu

Konsep memegang peranan penting ketika akan membuat Aquascape, jika Anda asal asalan meletakan komponen Aquascape tanpa tahu dekorasi seperti apa yang Anda inginkan, hasil akhir yang didapat tidak akan maksimal. Cara menentukan konsep yang akan dipakai adalah dengan mengumpulkan referensi dari berbagai sumber, terutama internet.

3) Letakkan Pasir di Dasar Aquarium

15 Cara Membuat Aquascape yang Mudah Bagi Pemula
Letakkan Pasir di Dasar Aquarium

Jika semua komponen sudah terkumpul, maka Kini Anda dapat memulai membuat Aquascape, pertama pastikan Aquarium sudah bersih dari kotoran, setelah itu masukan pasir sebagai dasar dari Aquascape. Taburkan pasir hingga mencapai ketebalan 4 centimeter. Bagi pemula disarankan untuk menggunakan pasir silica. Namun jika anda menginginkan jenis pasir yang lain, tidak dilarang.Pasir tersebut di bentuk menyerupai cekungan dimana bagian sampingnya lebih tinggi dari bagian tengah. Pada bagian cengkungan di tengah nantinya akan diisi dengan pupuk. Hal ini dimaksudkan untuk menutupi pupuk. Aquascape menonjolkan sisi estetika atau keindahan, tentu saja Aquascape menjadi tidak sedap dipandang mata jika ada pupuk yang terlihat.

4) Beri Pupuk

15 Cara Membuat Aquascape yang Mudah Bagi Pemula
Beri Pupuk

Jika pasir sudah rata dan cekungan sudah siap, isi segera cekungan tersebut dengan pupuk, isi sampai ketinggian pupuk mencapai 3 cm. Pupuk berfungsi sebagai pasokan nutrisi untuk tanaman di dalam Aquarium nantinya.

5) Tutup Kembali Cekungan Pupuk Dengan Pasir

15 Cara Membuat Aquascape yang Mudah Bagi Pemula
Tutup Kembali Cekungan Pupuk Dengan Pasir

Jika pupuk telah dimasukan, Anda dapat menutup pupuk tersebut dengan pasir hingga benar benar tertutup. Anda dapat mengatur ketinggian pasir untuk menutup pupuk sesuai selera, misalnya membuat gundukan disana sini atau membuat gundukan di sudut sudut kaca Aquarium. Atur sebaik mungkin sesuai selera Anda. Anda dapat juga meniru atau menerapkan konsep yang sudah diaplikasikan oleh pembuat Aquascape lainnya, namun yang paling penting adalah, dipastikan telebih dahulu bahwa pupuk sudah tertutup rapat.

6) Masukan Bebatuan

15 Cara Membuat Aquascape yang Mudah Bagi Pemula
Masukan Bebatuan

Setelah pasir sudah rata dan sudah dirasa pas, Anda dapat memasukan bebatuan penghias dasar kolam. Untuk mendapatkan batu batuan ini Anda dapt membelinya di toko Aquarium dan ikan hias, biasanya mereka juga menjual bebatuan hias, baik yang alami atau buatan. Anda tak perlu menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan batu yang mahal, carilah bentuk yang unik dengan harga murah, atau Anda dapat mencarinya sendiri. Namun perlu diperhatikan bahwa Anda harus menyesuaikan bebatuan yang Anda cari dengan konsep yang sudah ditentukan.

7) Berikan Efek Kedalaman

15 Cara Membuat Aquascape yang Mudah Bagi Pemula
Berikan Efek Kedalaman

Efek kedalaman adalah salah satu faktor penting ketika menata dekorasi dasar dari Aquascape. Efek kedalaman ini dapat dibuat dengan meninggikan gundukan pasir di bagian belakang, sehingga bagian depan lebih rendah dari bagian belakang. Efek kedalaman ini bertujuan untuk membuat ilusi seakan akan obyek yang ada di dalam Aquarium berada di kedalaman laut.

Baca Juga : 15+ Cara Memperbanyak Follower Akun Sosmed Dengan Mudah

8) Masukan Tanaman

15 Cara Membuat Aquascape yang Mudah Bagi Pemula
Masukan Tanaman

Jika dasar Aquascape sudah selesai dibuat, maka kini tinggal memasukan tanaman ke dalam Aquarium. Isi seperempat Aquarium dengan air. Cara memasukan air yang benar adalah dengan menutupi bagian dasar dengan plastik selebar dasar aquarium, plastik ini digunakan untuk melindungi dekorasi awal pada bagian dasar agar tidak begerak karena siraman air. Anda dapat mengisi air dengan menyiramkannya di atas plastik tadi hingga mencapai ketinggian yang diinginkan. Setelah Air mencapai kertinggian yang diinginkan, Anda dapat mendekor tanaman sesuai konsep yang sudah ditentukan.

9) Rangkai Tanaman Sesuai Konsep

15 Cara Membuat Aquascape yang Mudah Bagi Pemula
Rangkai Tanaman Sesuai Konsep

Rangkai tanaman sesuai konsep yang sudah ditetapkan sebelumnya. Keindahan Aquascape terletak pada susunan tanaman dan bebatuan didalam Aquarium, karena itu ada baiknya Anda melakukan riset dan mencari referensi berbagai bentuk dan konsep rangkaian tanaman Aquascape, semakin banyak referensi maka semakin matang juga konsep yang akan diterapkan. Anda dapat meniru konsep yang sudah ada, lalu menerapkannya pada Aquascape yang sedang Anda buat. Rangkaian yang asal asalan akan menurunkan nilai estetika atau keindahan dari Aquascape.

10) Isi Aquarium Dengan Air

15 Cara Membuat Aquascape yang Mudah Bagi Pemula
Isi Aquarium Dengan Air

Jika dekorasi sudah sesuai dengan apa yang diinginkan, kini tinggal memasukkan air, Anda dapat meneruskan seperti apa yang sudah dilakukan sebelumnya ketika memasukan air saat proses memasukan tanaman. Gunakan plastik untuk melindungi dekorasi dasar Aquascape dan masukan air diatasnya dengan perlahan hingga mencapai ketinggian yang diinginkan. Plastik berfunsgi melindungi dekorasi dari siraman air.

11) Masukan Filter dan Aksesori Lainnya

15 Cara Membuat Aquascape yang Mudah Bagi Pemula
Masukan Filter dan Aksesori Lainnya

Setelah Aquarium terisi Air, Anda dapat memasukan Filter dan akessoris pembersih air lainnya. Filter memiliki fungsi untuk menyaring komponen air yang ada di Aquarium dari berbagai kotoran. Difusser Co2 berdungsi untuk membantu fotosintesis tanaman dan lampu juga berfunsgi untuk membantu fotosintesis, namun penggunaan lampu ini disarankan hanya 7 jam sehari. Karena jika terlalu lama akan berpengaruh pada pertumbuhan alga yang berdampak pada keruhnya air.

12) Biarkan Kondisi Air Aquarium Tanpa Ikan Selama Beberapa hari

15 Cara Membuat Aquascape yang Mudah Bagi Pemula
Biarkan Kondisi Air Aquarium Tanpa Ikan Selama Beberapa hari
Biarkan kondisi awal tersebut selama 3 hari, hal ini dilakukan untuk membiarkan mikroorganisme dan tanaman beradaptasi dan mencapai titik kestabilan Air. Dan selama 3 hari ini hingga 2 minggu kedepan jangan sekali kali memasukan hewan, seperi ikan atau udang, karena ada kemungkinan ikan atau udang tersebut akan mati karena kondisi air yang belum stabil.

13) Ganti Air Secara Bertahap

15 Cara Membuat Aquascape yang Mudah Bagi Pemula
Ganti Air Secara Bertahap

Jika sudah lewat 3 hari, Anda dapat mengganti air di dalam Aquarium dengan air baru sebanyak 30% . Setelah itu dibiarkan kembali selama satu minggu. Dan ganti kembali 50% air dalam aquarium dengan air baru. Hal ini dilakukan untuk membuang zat berbahaya dari berbagai komponen di dalam Aquarium. Jika air di dalam Aquarium ( setelah diganti dengan 50% air baru ) sudah mencapai satu minggu, Anda dapat memasukan ikan hias.

14) Pemilihan Ikan

15 Cara Membuat Aquascape yang Mudah Bagi Pemula
Pemilihan Ikan

Pemilihan ikan hias yang baik adalah ikan ikan kecil yang memberikan ilusi kedalaman laut. Ikan ikan kecil selain tidak memiliki potensi merusak tanaman, juga mengeluarkan kotoran lebih sedikit dari ikan ikan besar.

15) Rutin Melakukan Perawatan

15 Cara Membuat Aquascape yang Mudah Bagi Pemula
Rutin Melakukan Perawatan

Jika semua sudah selesai, Anda tidak dapat membiarkan Aquascape tanpa peraatan. Jika Air terlalu lama tidak diganti, maka kualitas air akan menurun dan berdampak pada kesehatan tanaman dan berujung pada matinya tanaman dan keruhnya air. Minimal Anda harus mengganti air di dalam Aquarium 30% setiap bulan.

Demikian 15 cara membuat Aquascape yang mudah bagi pemula.

Baca Juga