15 Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Mesin tetap Awet
Cara membersihkan mesin mobil yang baik adalah dengan menggunakan cairan khusus pembersih mesin. Lalu apa saja tips ketika akan membersihkan mesin mobil? Simak dalam ulasan berikut ini,

Cara membersihkan mesin mobil yang baik adalah dengan menggunakan cairan khusus pembersih mesin. Cairan ini akan memudahkan pemilik mobil untuk mengangkat kotoran kotoran yang menempel di permukaan mesin dan celah celah yang sulit dijangkau oleh tangan.

Beberapa pemilik mobil beranggapan cara cepat membersihkan mesin mobil adalah dengan menyiram keseluruhan mesin dengan air, namun apakah cara ini benar? Ternyata tidak sama sekali, menyiram mesin mobil dengan air dapat menimbulkan korsleting pada bagian kelistrikan. Pemilik mobil disarankan untuk membersihkan bagian bagian mesin secara bertahap dan satu per satu.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan mesin mobil menjadi kotor, diantaranya adalah panas dari mesin, tetesan oli atau kerak oli. Pembersihan mesin sendiri dilakukan untuk mengurangi dan mencegah terjadinya hambatan pelepasan panas dari mesin mobil, pelepasan panas yang terhambat dapat mempengaruhi kinerja mesin mobil.

Berikut ini adalah berbagai cara untuk membersihkan bagian bagian pada mesin mobil.

1) Gunakan Cairan Pembersih Mesin Untuk Memudahkan Pembersihan Kotoran

15 Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Mesin tetap Awet
Gunakan Cairan Pembersih Mesin Untuk Memudahkan Pembersihan Kotoran

Cairan pembersih mesin atau yang dikenal dengan Engine Clean merupakan cairan pembersih yang ditujukan untuk memudahkan pelepasan kotoran kotoran yang melekat pada mesin mobil.

2) Gunakan Belt Dresser Untuk Membersihkan Rubber Belt

15 Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Mesin tetap Awet
Gunakan Belt Dresser Untuk Membersihkan Rubber Belt

Belt dresser merupakan cairan pembersih yang digunakan untuk membersihkan rubber belt seperti belt Ac, water pump , altenator dan lainnya. Belt dresser umumnya dijual dalam kemasan kaleng Aerosol. Belt Dresser memiliki kandungan zat yang mampu mengangkat kotoran di sela sela belt.

3) Gunakan Cairan Silikon Untuk Menjaga Elastisitas Komponen Mesin

15 Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Mesin tetap Awet
Gunakan Cairan Silikon Untuk Menjaga Elastisitas Komponen Mesin

Penggunaan cairan silikon bertujuan untuk menjaga elastisitas komponen mesin yang berbahan dasar karet seperti karet kap mesin, dan karet damper. Oleskan pada bagian tersebut secara merata dan usapperlahan menggunakan kain lap.

4) Pakai Engine Dressing Untuk kembalikan Warna Mesin

15 Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Mesin tetap Awet
Pakai Engine Dressing Untuk kembalikan Warna Mesin

Engine Dressing merupakan cairan khusus yang memiliki kemampuan untuk mengembalikan warna asli bagianmesin mobil. Namun sebelum menggunakan Engine Dressing sebaiknya pastikan terlebih dahulu bagian tersebut sudah bersih dari kotoran.

5) Dahulukan Bagian yang Mudah Dijangkau

Dahulukan Bagian yang Mudah Dijangkau

Salah satu aturan tidak tertulis saat membersihkan mesin mobil adalah dahulukan bagian yang mudah dijangkau, dengan cara ini paling tidak pemilik mobil tidak akan menghabiskan waktu untuk melakukan pembongkaran bagian mesin mobil. Jika menemukan bagian penuh kotoran dan sulit dijangkau disarankan untuk tidak memaksakan diri karena sedikit keteledoran dapat menyebabkan korsleting pada bagian kelistrikan.

6) Jangan Biarkan Cairan Pembersih Mengering Di Permukaan Mesin

15 Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Mesin tetap Awet
Jangan Biarkan Cairan Pembersih Mengering Di Permukaan Mesin

Pengeringan cairan pembersih di atas mesin mobil dapat terjadi secara tidak sengaja, seperti ketika Anda sedang membersihkan mobil lalu tiba tiba anda harus meninggalkan mobil dengan segera. Sabunyang mengerin akan meninggalkan bekas pada bagianmesin dan membuatnya nampak tidak enak dilihat. Maka biaslah segera mungkin setelah di cucui menggunakan cairan pembersih.

7) Jangan Gunakan Tekanan Air Tinggi

15 Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Mesin tetap Awet
Jangan Gunakan Tekanan Air Tinggi

Membersihkan mesin pada mobil yang baik adalah dengan menggunakan lap basah, bukan dengan semprotan tekanan air tinggi, kerasnya tekanan air dapat menyebabkan air mengenai bagian kelistrikan yang dapat berujung korsleting. Basahi ruang mesin dengan air selang tanpa tekanan, lalu bersihkan tiap sela mesin menggunakan lap basah atau spons.

8) Saat Gunakan Carbon Cleaner Diamkan Selama 10 Menit

15 Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Mesin tetap Awet
Saat Gunakan Carbon Cleaner Diamkan Selama 10 Menit

Setelah permukaan mesin mobil di lap menggunakan cairan carbon cleaner yang ada di lap, diamkan selam 10 menit. Pendiaman selama 10 menit ini berguna untuk memberikan waktu bagi zat zat yang terkandung dalam carbon cleaner untuk mengangkat kotoran dari permukaan mesin mobil.

9) Gunakan Air Detergent Untuk Meluruhkan Kotoran Membandel

15 Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Mesin tetap Awet
Gunakan Air Detergent Untuk Meluruhkan Kotoran Membandel

Detergent memiliki kandungan yang mampu meluruhkan kotoran yang menempel di permukaan mesin mobil. Basahi mesin mobil dengan air lalu oleskan bagian yang memiliki kotoran membandel dengan detergent. Usap dengan lap lalu bilas.

10) Gunakan Carbon Cleaner Untuk Membersihkan Karat

15 Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Mesin tetap Awet
Gunakan Carbon Cleaner Untuk Membersihkan Karat

Cairan Carbon Cleaner digunakan untuk membersihkan sisa Carbon di ruang pembakaran dan dapat juga digunakan untuk membersihkan mesin mobil. Carbon Cleaner mengandung zat anti karat yang dapat melindungi mesin mobil dari proses pengkaratan, Carbon Cleaner juga mampu mengangjkat kotoran dari permukaan mesin. Harga Carbpn Cleaner berada di kisaran 100 ribu rupiah per botol. Cara pemakaian yang tepat adalah dengan menyemprotkan carbon clener pada lap lalu semprotkan ke mesin berbahan plastik seperti cover engine dan box filter.

Baca Juga : 15 Cara Restore iPhone Dari iCloud dan iTunes Dengan Mudah

12) Bersihkan Cover Engine Menggunakan Semir Ban

15 Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Mesin tetap Awet
Bersihkan Cover Engine Menggunakan Semir Ban

kemampuan semir ban untuk mengkilapkan ban mobil ternyata dapat juga di aplikasikan ke cover engine atau bagian mesin mobil berbahan dasar plastik lainnya. Tuangkan semir ban dalam sebuah wadah lalu oleskan ke mesin mobil menggunakan kuas, untuk menghindari hasil belang, pastikan mesin mobil sudah benar benar bersih sebelum mengoleskan semir ban.

13) Lindungi Bagian Kelistrikan Dengan Plastik

15 Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Mesin tetap Awet
Lindungi Bagian Kelistrikan Dengan Plastik

Untuk menghindari korsleting pada bagian kelistrikan maka disarankan untuk melindungi bagian tersebut dengan plastik atau bahan lain yang tahan air. Korsleting listrik karena mencuci dengan cara salah hingga bagian listrik terkena air adaah kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik mobil yang baru pertama kali membersihkan mesin mobil. Maka hindarilah hal ini jika Anda tak ingin

14) Semprotkan Carbon Cleaner ke Lap

15 Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Mesin tetap Awet
Semprotkan Carbon Cleaner ke Lap

Cara terbaik menggunakan carbon cleaner adalah dengan menyemprotkannya ke bagian lap, kemudian bersihkan mesin mengguakan lap basah tersebut. Tekanan dari tangan saat melakukan pengelapan juga membantu meluruhkan kotoran yang ada di permukaan mesin.

15) Hati Hati Saat Membilas

15 Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Mesin tetap Awet
Hati Hati Saat Membilas

Kehati hatian sangat diperlukan saat membilas mesin mobil, gunakan spray agar semprotan air terkendali dan tidak mengenai sistim kelistrikan pada mobil. Jika sistem kelistrikan terkena cipratan air maka dapat menimbulkan korsleting.

Demikian cara membersihkan mesin mobil agar mesin tetap awet

Loading...

Baca Juga