16 Cara Jualan Online Dengan Baik dan Benar
Jualan online memang bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, namun hanya ada beberapa cara yang paling baik dan benar. Sedangkan pada artikel berikut ini kamu akan menemukan 16 cara jualan online dengan baik dan benar.

Cara Jualan Online – Di dunia yang sudah semakin canggih ini, apapun bisa kamu jadikan sebagai bisnis, termasuk jualan online. Dengan memanfaatkan jangkauan internet yang sangat luas menjadikan bisnis jualan online jauh lebih efektif dari bisnis jualan secara offline. Meskipun jualan online sendiri bisa dikatakan cukup ribet, namun apa salahnya jika sekedar mencoba terlebih dahulu? Banyak loh orang sukses yang awalnya hanya sekedar iseng dan coba-coba, bahkan ada juga orang sukses dalam bidang yang tidak begitu ia pahami. Toh semua kesuksesan bisa tercapai bukan karena kita bisa atau tidak, tapi karena kita mau atau tidak.

Nah, buat kamu yang mau memulai bisnis jualan online namun tidak tahu harus memulainya darimana, mungkin dengan membaca artikel ini bisa mencerahkan jalan pikiranmu dalam berbisnis online.

1. Tentukan Apa yang Mau Dijual

Cara Jualan Online
Mencari Produk untuk Dijual

Pertama adalah tentukan produk apa yang akan kamu jual. Ini sangat penting ya. Kamu bisa sesuaikan dengan budget dan kemantapan kamu sendiri. Sebenarnya untuk menentukan produk tidak harus yang mahal dulu, bahkan bisa dikatakan tidak perlu. Memilih produk yang murah terlebih dahulu adalah pilihan yang paling tepat, karena memiliki resiko yang kecil.

Katakanlah kamu menjual produk smartphone dengan rata-rata penjualan 1 juta per unit, sedangkan kamu membelinya 800 ribu. Sedangkan perbulan kamu hanya bisa menjual satu atau dua produk saja, maka keuntungan yang didapat hanya 200 ribu per unit.

Bayangkan jika kamu menjual produk unik seperti lampu kamar, bando menyala, atau produk lainnya yang terlihat unik dan murah, tentu perbulan akan laku keras. Dan tentunya keuntungan yang di dapat juga akan lebih banyak.

2. Tentukan Calon Pembeli

Cara Jualan Online
Target Market

Ini juga penting, dan harus benar-benar kamu pahami. Tentukan siapa yang akan membeli produkmu, apakah wanita atau pria? Remaja atau dewasa? Kenapa harus ditentukan? Karena beda pembeli beda bahasa yang harus kita gunakan. Misal kita menjual produk bando unik, tentunya kita akan menjual kepada wanita remaja. Dan bahasanya pun juga menarik, seperti penggunakan kata “girls”, “sis” atau yang lainnya.

3. Menyiapkan Rekening

Cara Jualan Online
Kartu Kredit

Namanya juga jualan online, kita tidak bertemu dengan pembeli secara langsung, dan tentunya kita harus menyiapkan sebuah rekening untuk melakukan transaksi dengan pembeli. Kira-kira rekening seperti apa yang cocok untuk jualan online? Cobalah untuk memilih bank yang menetapkan pajak bulanan paling rendah, hal ini guna mencegah pengeluaran bisnismu. Oh iya, jangan lupa untuk memilih rekening yang sudah support e-banking, karena nantinya kamu akan butuh hal ini.

4. Siapkan Media Promosi

Cara Jualan Online
Media Promosi

Seperti yang kita ketahui sekarang ini banyak orang-orang berpromosi pada sejumlah sosial media seperti facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya. Cara tersebut bisa kamu coba karena terbukti mampu menjangkau banyak orang.

Namun ingat, kamu disini hanyalah promosi produkmu, bukan spam. Jadi tidak usah berlebihan dalam berpromosi, karena itu hanya akan mengundang nilai negatif.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mencari grup atau forum yang sesuai dengan produkmu. Misal kamu berjualan baju, ya cari grup dan forum tentang jual beli pakaian, tidak perlu masuk ke grup atau forum lainnya. Meskipun sama-sama grup atau forum jual beli, tapi promosimu akan percuma jika kamu mempunyai produk baju namun mempromosikannya di grup atau forum jual beli burung.

5. Kembangkan Skill Komunikasi

Cara Jualan Online
Komunikasi

Komunikasi memang sangat penting, dan sebuah komunikasi yang baik memang harus dimiliki setiap pembeli. Pembeli yang ramah maka akan mendapatkan pembeli yang berlimpah, sedangkan pembeli yang cuek dan judes maka akan membuat para pembeli tidak nyaman dan tidak mau membeli produk kita.

6. Konsisten

Cara Jualan Online
Konsisten

Konsisten juga salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam menentukan kesuksesan suatu hal, termasuk jualan online. Namanya saja jualan, tentu tidak selalu ramai. Jangan berhenti ketika tidak ada satu orang pun yang membeli produkmu. Tetaplah mempromosikan produkmu, jangkau lebih banyak orang lagi. Tak ada pembeli itu lebih baik daripada tak ada usaha.

7. Berikan Tips dan Solusi

Cara Jualan Online
Tips

Tahap ini paling tepat diberikan ketika pembeli mulai sepi. Berjualan tidak harus promosi terus menerus, namun kamu juga bisa memberikan sejumlah informasi, wawasan, tips dan solusi mengenai produk yang kamu jual. Mengingat banyak informasi yang didapat oleh orang-orang mengenai produk yang kamu jual, tentu akan semakin meningkatkan minat orang-orang akan produkmu.

8. Mulailah Beriklan

Cara Jualan Online
Beriklan

Jika pembeli belum meningkat, kamu perlu mengiklankan produkmu. Iklan adalah salah satu cara efektif dalam berpromosi. Ya meskipun kita harus merogoh kantong lebih dalam terlebih dahulu, namun percayalah hasilnya sangat efektif. Tak perlu beriklan di telivisi, kamu cukup menggunakan fitur fb ads untuk beriklan di facebook. Dengan fitur ini kamu bisa menjangkau seluruh pengguna facebook, bahkan kamu bisa menentukan pengguna daerah mana saja yang akan melihat tampilan iklan produkmu.

Selain itu, kamu juga bisa beriklan di Adword. Adword sendiri merupakan layanan periklanan yang secara resmi dimiliki oleh Google. Jika kamu beriklan di Adword, maka iklan produk kamu akan ditayangkan pada sejumlah blog dan situs milik orang lain.

9. Diskon

Cara Jualan Online
Diskon

Jangan ragu untuk memberikan diskon. Ya, diskon memang kerapkali membuat para pembeli merasa tertarik. Orang-orang cenderung merasa tertarik terhadap diskon daripada kualitas produk itu sendiri.

Baca Juga : 15 Cara Membersihkan Layar HP Dengan Mudah

10. Bonus

Cara Jualan Online
Bonus

Untuk menarik perhatian pembeli, kamu juga bisa memberikan bonus terhadap pembeli. Misal beli dua dapat satu, atau beli dua dapat tupperware atau apalah yang bisa dikatakan bonus. Dan untuk menentukan bonus sendiri harus merupakan hal yang menarik. Cobalah berperan sebagai pembeli, dan pikirkan bonus apa yang membuatmu tertarik untuk membeli sebuah produk tersebut. Dengan begitu kamu akan mengerti bonus apa saja yang tampak menarik.

11. Kupon atau Voucher

Cara Jualan Online
Voucher Belanja

Sama halnya dengan bonus, kupon atau voucher bisa kamu gunakan agar pembeli merasa tertarik untuk membeli, dan membeli lagi. Kamu bisa memberikan satu voucher kepada seseorang yang baru membeli salah satu produkmu, dan orang tersebut akan mendapatkan hadiah ketika mampu mengumpulkan sejumlah voucher dari produkmu. Dengan begitu tentunya orang tersebut akan merasa ingin membeli produkmu lagi supaya mendapatkan hadiah yang sudah dijanjikan. Tentunya hadiah yang dijanjikan juga terbilang cukup menarik.

12. Free Trial

Cara Jualan Online
Free Trial

Mungkin tidak semua produk bisa disediakan free trial-nya. Biasanya yang menyediakan free trial adalah produk-produk digital seperti tools, template web site, apps, dan masih banyak lagi. Jika produk yang kamu jual tidak dapat menyediakan free trial maka skip saja langkah ini, namun jika benar-benar bisa maka berikanlah free trial. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengundang rasa tertarik calon pembeli.

13. Membuat Blog

Cara Jualan Online
Blog

Jangan lupa untuk membuat sebuah blog, tentunya blog mengenai produk yang sedang kamu jual. Dengan blog kamu juga bisa berpromosi, sebenarnya tidak hanya promosi namun kamu juga dapat berbagi informasi dan wawasan mengenai produk tersebut tentunya.

14. Catat Segala Aktivitas Bisnismu

Cara Jualan Online
Catat Aktivitas Bisnis

Jangan malas untuk mencatat, karena catatan aktivitas bisnismu bisa dijadikan sebagai bahan pertimbanganmu mengenai bisnis yang selama ini sudah kamu kelola. Dengan catatan kamu juga akan mengetahui jumlah keuntungan, atau laba yang didapat. Dengan mengetahui kedua hal tersebut, tentu kita bakalan dengan mudahnya untuk mengatasi.

15. Undang Seseorang untuk Membantumu

Cara Jualan Online
Help

Tak ada salahnya mengundang seseorang untuk membantumu. Karena terkadang tak semua orang bisa melakukan suatu hal seorang diri. Mengundang seseorang untuk membantumu juga sangat berefek baik bagi bisnismu, karena dengan adanya orang lain yang membantu, tentu jangkauan produkmu akan semakin luas juga.

16. Pembeli Adalah Raja

Cara Jualan Online
Pembeli adalah Raja

Terakhir, kamu harus ingat bahwa pembeli adalah raja. Terkadang ada beberapa pembeli yang menjengkelkan dan banyak tanya tapi akhirnya tidak jadi membeli, tentu hal tersebut membuatmu merasa sangat kesal. Namun percayalah, melampiaskan rasa kesal terhadap pembeli itu bukan hal yang tepat, justru malah akan membuat nama bisnismu menjadi lebih buruk. Jika ada pembeli yang seperti itu, akan jauh lebih baik lagi jika tetap kita layani dengan senang hati. Toh dengan kesal atau tidak kesal melayani pembeli, akibatnya tetap akan berimbas pada bisnis kita sendiri, bukan pada orang tersebut.

Baca Juga