15 Cara Instal Windows 7 Paling Mudah, Lengkap Dengan Gambarnya
Windows 7 merupakan salah satu OS lama yang masih tetap menjadi OS populer sebagian besar pengguna PC dan laptop, hal ini karena windows 7 sendiri cukup ringan di gunakan dan memiliki kestabilan kinerja yang cukup memuaskan.

Cara Instal Windows 7 – Kita hidup di dalam sebuah dunia dimana teknologi tengah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini bisa kita lihat dari sejumlah inovasi-inovasi terbaru yang sering kita jumpai, seperti inovasi dalam beberapa produk digital dan elektronik, salah satunya laptop.

Bicara soal laptop, saat ini laptop sendiri sudah mendapatkan sejumlah inovasi baru, mulai dari desain sampai sistem operasinya. Mengingat sistem operasi windows 10 yang belum lama dirilis ini sepertinya sangat ramai diperbincangkan, hal ini dikarenakan beberapa inovasi terbaru pada sistem tersebut.

Namun apakah kamu tahu bahwa sejumlah orang justru merasa tertarik dengan sistem operasi windows yang lama? Ya, hal tersebut mungkin dikarenakan sistem operasi windows lama, yakni windows 7, terbilang cukup enteng dan simpel. Cukup berbeda dengan windows 10 yang menyajikan sejumlah fitur, namun terasa sangat berat pada laptop dengan spesifikasi low end, dan penggunaanya yang cukup rumit juga akan membuat sejumlah pengguna laptop merasa nyaman pada OS windows lama.

Buat kamu yang mau menginstal windows 7 pada laptop kesayangan namun belum tahu cara instal windows 7 yang tepat, mungkin kamu bisa mengikuti sejumlah cara instal windows 7 di bawah ini.

1. Backup Data

Cara Instal Windows 7
Backup

Backup adalah langkah awal paling bijak yang bisa kamu lakukan. Hal ini demi menyelamatkan data-data penting milikmu yang ada di laptop.

Backup memang memakan waktu yang cukup lama, namun ini perlu kamu lakukan. Saat menunggu proses backup, kamu bisa melakukan charging terhadap laptop kesayanganmu agar tidak kehabisan daya nantinya. Karena kehabisan daya saat melakukan instalasi OS merupakan hal yang buruk dan bisa menimbulkan sejumlah permasalahan yang tidak pernah kita inginkan.

2. Masuk Ke Menu BIOS

Cara Instal Windows 7
BIOS

Ketika laptop menampilkan logo produsen saat booting, kamu bisa menekan Esc, DEL atau tombol tertentu lainnya untuk masuk ke menu BIOS. Setiap produsen memiliki tombol masuk ke menu BIOS yang berbeda-beda. Kamu bisa mencarinya di Google.

Baca Juga : 15 Cara Membersihkan Layar HP Dengan Mudah

3. Masukan CD/DVD Instalasi OS

Cara Instal Windows 7
CD Instalasi Windows 7

Sebelum mengatur setingan BIOS, kamu perlu memasukan CD/DVD instalasi OS windows 7.

4. Pilih Tab Boot

Cara Instal Windows 7
Tab Boot

Pada saat memasuki menu BIOS, maka tampilan awalnya kira-kira akan seperti gambar di atas. Untuk tahap ini kamu bisa pilih tab Boot.

5. Pindah Urutan CD-ROM Drive

Cara Instal Windows 7
CD-ROM Drive Paling Atas

Biasanya, urutan pertama dalam tab Boot adalah Hard Drive, karena melakukan booting melalui HDD. Dalam hal ini kamu perlu mengganti posisi CD-ROM Drive ke urutan pertama. Lalu tekan F10 untuk menyimpan sekaligus keluar dari menu BIOS.

6. Menekan Sembarang Tombol

Cara Instal Windows 7
Tekan Sembarang Tombol

Setelah keluar dari menu BIOS, maka laptop akan melakukan booting, dan kamu akan menemukan tampilan  gelap dengan tulisan “Press any key to….”, dalam hal ini kamu hanya perlu menekan sembarang tombol saja.

7. Memulai Instalasi

Cara Instal Windows 7
Memulai Instalasi

- Pada kolom Language to instal, pilih English. Time and currency format, pilih Indonesia. Sedankgan Keyboard or input method, pilih US. Lalu klik Next.

- Klik instal now.

- Centang “I Accept the license terms”. Lalu klik next.

8. Menentukan Tipe Instalasi

Cara Instal Windows 7
Tipe Instalasi

Dalam hal ini terdapat dua buah pilihan yang bisa kamu pilih, jika kamu merasa bingung, maka cukup pilih Custom (advanced) saja.

9. Partisi

Cara Instal Windows 7
Partisi

- Hapus Disk 0 Partition 1 : System Reserved dan Disk 0 Partition 2, dan secara otomatis akan melebur jadi Unalllocated Space.

- Pilih Drive Options.

- Buat partisi baru sesuai dengan kebutuhanmu. Lalu klik next.

- Tunggu proses instalasi sampai benar-benar selesai.

10. Booting

Cara Instal Windows 7
Jangan Menekan Tombol Apapun

Setelah proses instalasi selesai, maka laptop akan melakukan booting dengan sendirinya. Disini kamu akan menemukan tampilan gelap dengan tulisan “Press any key to…” lagi. Namun pada tahap ini kamu tidak perlu menekan tombol apapun, dan jangan sampai menekan tombol apapun secara sengaja maupun tidak sengaja, karena akan membatalkan proses instalasi. Cukup biarkan saja, sampai ke tahap berikutnya.

11. Atur Nama Pengguna dan Nama Komputer

Cara Instal Windows 7
Mengatur Nama Pengguna

Booting akan selesai ketika kamu menemukan sebuah jendela yang mengharuskan kamu untuk mengatur nama pengguna dan nama komputer. Kamu bisa mengisinya sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Lalu klik next.

12. Mengatur Password

Cara Instal Windows 7
Password

Setelah diminta untuk mengatur nama pengguna dan nama komputer, disini kamu juga bakalan disuruh untuk mengatur password. Akan tetapi jika kamu tidak berkenan untuk mengatur password pada laptopmu, kamu bisa langsung klik next.

13. Mengisi Product Key

Cara Instal Windows 7
Mengisi Product Key

Tak cukup sampai mengatur nama pengguna dan nama komputer, serta mengatur password saja, namun kamu juga akan dimintai untuk mengisikan product key windows 7 milikmu. Akan tetapi, untuk sementara kamu bisa melewatinya dengan mengeklik tombol next.

14. Atur Windows Update

Cara Instal Windows 7
Windows Update

Pada tahap selanjutnya kamu akan disuruh untuk mengatur setingan windows uppdate. Jika DVD instalasi windows 7 ini adalah original, maka kamu bisa pilih Use recommended settings. Namun jika kamu ragu akan ke-originalan DVD yang kamu miliki, lebih baik kamu memilih pilihan Ask me later.

15. Mengatur Waktu dan Jaringan

Cara Instal Windows 7
Mengatur Waktu

Tahap terakhir dalam menginstal windows 7 adalah mengatur waktu dan jaringan. Dalam mengatur setingan waktu, kamu bisa memilih (UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta, lalu klik next. Sedangkan untuk jaringan, kamu bisa memilih Public Network.

Selamat! Kini laptop kesayangan kalian sudah terinstal windows 7 dan semoga mampu menjalankan OS windows 7 dengan sempurna. Oh iya, jangan lupa untuk melakukan restore terhadap semua data yang kamu back up tadi, agar laptop bisa digunakan dengan sempurna seperti sebelumnya.

Baca Juga