15 Cara Instal Windows 10 Paling Mudah, Lengkap Dengan Gambarnya
Windows 10 merupakan OS windows terbaru yang saat ini berhasil membuat sebagian besar pengguna laptop merasa puas karena adanya sejumlah inovasi baru di dalamnya. Buat kamu yang merasa tertarik untuk merasakan pengalaman menggunakan windows 10 namun belum tahu cara menginstalnya dengan benar, mungkin kamu bisa mengikuti 15 cara instal windows 10 paling mudah berikut ini.

Cara Instal Windows 10 Windows 10 hadir memang belum begitu lama, dimana hal ini membuat banyak orang merasa penasaran dan ingin merasakan pengalaman menggunakan windows baru tersebut. Untuk mendapatkan windows 10, kamu bisa membeli CD instalan OS windows 10 tersebut di sejumlah toko online. Dalam hal ini, pastikan kamu membeli CD originalnya ya.

Jika kamu sudah memiliki CD versi originalnya, kamu sudah bisa mulai melakukan proses instalasi windows 10 pada laptop kesayangan kalian. Nah, buat kamu yang merasa bingung dalam cara instal windows 10, sebenarnya kamu bisa dengan mudahnya menyewa jasa instalasi di sejumlah toko service laptop. Sedangkan buat kamu yang tidak mau menyewa jasa instalasi, kamu bisa mengikuti tutorial cara instal windows 10 berikut ini.

1. Backup Data

Cara Instal Windows 10
Backup

Hal yang pertama wajib kamu lakukan adalah backup semua data penting milikmu yang ada pada OS lama. Karena nantinya kamu akan kehilangan seluruh data yang kamu miliki pada OS lama. Namun jika kamu tidak memiliki data penting pada laptop, kamu tidak perlu melakukan backup.

2. Masuk Ke BIOS

Cara Instal Windows 10
BIOS

Hidupkan laptop, ketika layar laptop menampilkan logo produsen, kamu tekan tombol tertentu untuk masuk ke dalam menu BIOS. Perlu diketahui bahwa setiap produsen menentukan tombol masuk ke BIOS yang berbeda-beda, ada yang dengan tombol DEL, ada pula yang menggunakan tombol F1 dan lain-lain. 

3. Pindah urutan CD-ROM Drive

Cara Instal Windows 10
Pindah Urutan CD-ROM Drive

Umumnya laptop melakukan booting melalui HDD, maka dari itu kamu perlu mengganti urutan CD-ROM Drive agar laptop mau booting melalui CD instalasi OS baru.

Caranya :

- Pilih tab Boot pada menu BIOS.

- Kamu akan melihat Hard Drive pada urutan paling atas, kamu perlu mengganti CD-ROM Drive menjadi bagian paling atas.

- Jangan simpan dulu, tapi kamu harus memasukan CD instalasi windows 10 original yang baru saja kamu beli ke dalam laptop.

- Jika sudah tekan F10 untuk menyimpan setingan BIOS sekaligus keluar dari menu BIOS.

4. Booting

Cara Instal Windows 10
Tekan Sembarang Tombol

Pada saat keluar dari menu BIOS, maka laptop akan melakukan booting dengan sendirinya. Kamu akan menemui layar hitam dengan tulisan “Press any key to…” ,dalam hal ini kamu perlu menekan sembarang tombol pada keyboard untuk memulai proses instalasi windows 10.

Baca Juga : 16 Cara Menjadi Penulis Online Sukses Untuk Pemula

5. Seting Instalasi

Cara Instal Windows 10
Seting Instalasi

Setelah itu kamu akan dihadapkan oleh sejumlah pengaturan instalasi. Pada Language, pilih English. Pada Time and Currency format, pilih Indonesia. Sedangkan pada Keyboard or input method biarkan saja seperti default. Lalu klik Next.

6. Memulai Instalasi

Cara Instal Windows 10
Memulai Instalasi

Kali ini kamu akan memasuki proses instalasi windows 10. Setelah selesai melakukan setingan instalasi, maka sekarang saatnya memulai instalasi dengan menekan Instal Now. Setelah itu, centang pada bagian I accept the license terms, dan tekan Next.

7. Tipe Instalasi

Cara Instal Windows 10
Tipe Instalasi

Selanjutnya kamu akan diberi dua buah pilihan, yakni Upgrade dan Custom: Instal Windows Only (advanced). Pilih Custom: Instal Windows Only (advanced).

8. Atur Partisi

Cara Instal Windows 10
Partisi

Nah, ini bagian yang paling rumit dari proses instalasi windows 10. Disini kamu akan menemukan beberapa buah partisi, namun kamu cukup menghapus Drive 0 Partition 2 dan Drive 0 Partition 1 : System Reserved saja.

Setelah dihapus, kedua partisi tersebut akan berubah menjadi Unallocated Space. Maka dari itu kamu harus membuat partisi baru. Dalam hal ini kamu bisa menentukan seberapa besar partisi yang akan kamu atur sesuai dengan kebutuhan dan kemauanmu. Jika kamu sudah membuat partisi sesuai dengan keinginanmu, maka kamu bisa klik Next.

9. Proses Instalasi Sedang Berlangsung

Cara Instal Windows 10
Proses Instalasi

Ketika sudah mengatur partisi, maka proses instalasi akan dilanjtukan. Kamu bisa melihat laptopmu melakukan booting yang cukup lama (sekitar 20-30 menitan) dan merestart berulang kali, namun tenang saja itu merupakan hal yang wajar dan salah satu bagian dari proses instalasi.

10. Masukan Product Key

Cara Instal Windows 10
Masukkan Product Key

Booting akan selesai ketika kamu menemukan sebuah jendela yang memintamu untuk memberikan product key OS tersebut. Silahkan masukan product key yang kamu dapatkan saat membeli CD instalasi windows 10. Lalu klik Next.

11. Get Going Fast

Cara Instal Windows 10
Get Going Fast

Setelah mengisi product key, maka kamu akan mendapatkan sebuah bacaan yang berjudul Get going fast. Jika kamu merasa bingung, kamu bisa memilih Use Express settings untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

12. Menentukan Pemilik Laptop

Cara Instal Windows 10
Menentukan Pemilik Laptop

Selanjutnya adalah menentukan pemilik laptop. Jika memang benar-benar laptop milikmu, maka kamu bisa memilih I own it. Lalu klik Next.

13. Sign In Akun Microsoft

Cara Instal Windows 10
Sign in

Berbeda dengan windows 7, dalam windows 10 kamu akan mendapatkan jendela login menuju akun microsoft pada saat booting pertama kali. Kamu bisa sign in menggunakan akun microsoft milikmu, jika belum punya kamu bisa membuatnya secara gratis. Namun jika kamu merasa malas untuk membuatnya, kamu bisa klik Skip this step.

14. Atur Nama Pengguna

Cara Instal Windows 10
Atur Nama Pengguna

Dalam hal ini kamu diharuskan memberi nama pengguna laptopmu, kamu bisa memberinya sesuai namamu atau apapun yang kamu suka. Kamu juga bisa memberikan password agar laptopmu terlindungi. Nmaun jika kamu tidak mengingkan password, kamu bisa klik Next setelah mengisi nama pengguna.

15. Tunggu Beberapa Saat

Cara Instal Windows 10
Tunggu Beberapa Saat

Ssetelah mengatur nama pengguna dan password, kamu akan disuruh menunggu sebentar. Dalam tahap ini tidak begitu lama kok, kira-kira 5 menit sampai pada akhirnya kamu dapat menjumpai homescreen windows 10 di laptop kesayanganmu.

Selamat! Proses instalasi berhasil dengan sempurna. Lakukan restore data yang kamu backup tadi agar laptop siap untuk digunakan seperti semula.

Baca Juga