15 Cara Daftar BPJS Mandiri Dengan Mendatangi Kantor BPJS Langsung
Sejak pertama kali hadirnya layanan BPJS kesehatan, semua orang merasa tertarik dan ingin menjadi salah satu pesertanya. Bahkan dari hari ke hari pun kantor BPJS tidak pernah sepi lantaran banyaknya orang yang ingin mendaftarkan dirinya beserta keluarganya. Tak hanya untuk keluarga dan perorangan saja, namun layanan ini juga berlaku untuk perusahaan, PNS dan TNI.

Cara Daftar BPJS – Sejak pertama kali hadirnya layanan BPJS kesehatan, semua orang merasa tertarik dan ingin menjadi salah satu pesertanya. Bahkan dari hari ke hari pun kantor BPJS tidak pernah sepi lantaran banyaknya orang yang ingin mendaftarkan dirinya beserta keluarganya. Tak hanya untuk keluarga dan perorangan saja, namun layanan ini juga berlaku untuk perusahaan, PNS dan TNI.

Dengan persyaratan yang tidak begitu sulit, dan iuran yang tidak begitu berat. Tentu menjadi poin lebih bagi semua orang untuk mendapatkan jaminan kesehatan. Bahkan prosedur pendaftarannya pun bisa kita katakan tidak begitu rumit.

Mengingat banyaknya orang yang tertarik untuk mendaftarkan dirinya masing-masing menjadi peserta BPJS kesehatan. Saat ini kantor cabang BPJS sudah tersedia di sejumlah kota-kota di indonesia. Dimana hal tersebut tentu akan semakin memudahkan kita dalam mengurus BPJS. Misalnya seperti mendaftarkan diri, membayar iuran dan lain sebagainya.

Meskipun peserta BPJS sudah begitu banyak, akan tetapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa kenyataannya di setiap harinya kantor BPJS dan kantor cabang BPJS masih dipadati dengan sejumlah orang yang ingin mendaftarkan dirinya sebagai peserta BPJS.

Hal ini mungkin saja dikarenakan oleh minimnya informasi dan pengetahuan mengenai BPJS yang diterima oleh masyarakat di daerah terpencil. Sehingga untuk melakukan pendaftaran, sejumlah masyarakat di daerah terpencil baru bisa melakukannya akhir akhir ini. Bahkan parahnya masih banyak masyarakat di daerah terpencil lainnya yang belum mengetahui cara daftar BPJS dan apa saja persyaratannya. Jangankan cara mendaftar, apa itu BPJS saja mungkin mereka belum memahami.

BPJS sendiri merupakan salah satu layanan dan jaminan kesehatan yang dapat digunakan oleh semua masyarakat di indonesia. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya sendiri ingin sekali membagikan sebuah panduan mengenai cara daftar BPJS. Hal ini guna memberikan informasi yang bermanfaat bagi mereka yang ketertinggalan informasi mengenai BPJS.

Yap, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa kali ini saya akan membagikan sebuah panduan mengenai cara daftar BPJS. Nah berikut ini ada 15 cara daftar BPJS mandiri dengan mendatangi kantor BPJS langsung. Simak saja ulasan berikut ini, semoga bermanfaat.

1. Lengkapi Persyaratan

Cara Daftar BPJS
Lengkapi Persyaratan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam mendaftarkan diri untuk menjadi peserta BPJS yakni dengan melengkapi sejumlah persyaratan terlebih dahulu. Syarat-syarat yang harus kamu lengkapi, antara lain ; fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi KTP atau Paspor, fotokopi buku tabungan, pasfoto berwara ukuran 3x4.

2. Datang Ke Kantor BPJS

Cara Daftar BPJS
Datang Ke Kantor BPJS

Apabila sudah melengkapi sejumlah persyaratan yang akan dibutuhkan nantinya. Maka dalam tahap ini kamu bisa langsung mendatangi kantor BPJS terdekat dengan membawa sejumlah persyaratan yang tadi telah kamu lengkapi.

Baca Juga : 15 Cara Membeli di Lazada Dengan Baik dan Benar

3. Mengambil Nomor Antrian

Cara Daftar BPJS
Mengambil Nomor Antrian

Jika sudah berada di dalam kantor BPJS terdekat. Silahkan ambil nomor antrian dan duduklah dengan tertib.

4. Customer Service

Cara Daftar BPJS
Customer Service

Selanjutnya kamu bisa menuju ke customer service yang ada. Katakan maksud kedatangan mu ini untuk mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS kesehatan mandiri.

5. Mengisi Formulir

Cara Daftar BPJS
Mengisi Formulir

Setelah itu kamu akan diberi beberapa formulir yang harus kamu isi. Oleh karena itu, silahkan isi formulir tersebut dengan baik dan benar.

6. Menyerahkan Persyaratan

Cara Daftar BPJS
Menyerahkan Persyaratan

Selain itu, dalam tahap ini kamu juga bisa menyerahkan sejumlah persyaratan yang tadi kamu bawa.

7. Verifikasi

Cara Daftar BPJS
Verifikasi

Selanjutnya kamu akan diminta untuk menuju ke Loket Verifikasi untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. Dalam loket verifikasi ini kamu bisa menyerahkan sejumlah berkas yang tadi diberikan oleh customer service kepadamu. Silahakan serahkan berkas-berkas tersebut ke petugas yang berada di Loket Verifikasi.

8. Menerima SMS

Cara Daftar BPJS
Menerima SMS

Setelah menyerahkan sejumlah berkas ke Loket Verifikasi. Maka hari itu juga kamu akan mendapatkan sebuah SMS yang berisi informasi mengenai nomor VA dan lain sebagainya.

9. Melakukan Pembayaran

Cara Daftar BPJS
Melakukan Pembayaran

Jika sudah mendapatkan SMS dari pihak BPJS. Silahkan lakukan pembayaran di bank, ATM maupun tempat lainnya yang bisa melakukan pembayaran BPJS Kesehatan. Setelah melakukan pembayaran, jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran tersebut. Karena nantinya bukti ini akan sangat dibutuhkan.

10. Datang Ke Kantor BPJS Lagi

Cara Daftar BPJS
Datang Ke Kantor BPJS Lagi

Setelah melakukan pembayaran kamu masih harus melakukan beberapa tahap lagi untuk menyelesaikan pendaftaran ini. Dalam tahap ini sendiri kamu perlu datang ke kantor BPJS terdekat lagi untuk mendapatkan kartu.

11. Ambil Nomor Antrian

Cara Daftar BPJS
Ambil Nomor Antrian

Jika sudah berada di dalam kantor BPJS, jangan lupa untuk mengambil nomor antrian dan duduk mengantri dengan tertib.

12. Mencetak Kartu

Cara Daftar BPJS
Mencetak Kartu

Seperti yang sudah saya katakan dalam tahap sebelumnya, bahwa di sini kita datang ke kantor BPJS karena akan mendapatkan kartu. Oleh karena itu, silahkan menuju ke petugas yang berjaga di Loket Pencetakan Kartu.

13. Memberikan Bukti Pembayaran

Cara Daftar BPJS
Memberikan Bukti Pembayaran

Setelah berada di Loket Pencetakan Kartu, silahkan berikan bukti pembayaran yang telah kamu lakukan tadi.

14. Mendapatkan Kartu

Cara Daftar BPJS
Mendapatkan Kartu

Dengan memberikan bukti pembayaran, di sini kamu akan langsung mendapatkan kartu BPJS Kesehatan.

15. Selesai

Cara Daftar BPJS
DONE

Yap, sampai pada tahap ini seharusnya kamu sudah berhasil dalam daftar BPJS mandiri. Bagaimana, mudah bukan?

Akhir Kata

Nah itulah panduan mengenai 15 cara daftar BPJS mandiri dengan mendatangi kantor BPJS langsung yang dapat saya bagikan saat ini. Semoga panduan tersebut bisa menjadi panudan yang baik dan tepat untuk mu. Dan semoga juga dapat menjadi panduan yang mudah di pahami untuk kamu dan para pembaca lainnya.

Loading...

Baca Juga