15 Cara Daftar BPJS Online Dengan Baik dan Benar
Tahukah kamu, bahwa saat ini kita sudah bisa mendaftar BPJS secara online dengan mudah dan tanpa harus mengantri di kantor cabang? Jika belum tahu, kamu bisa simak ulasan berikut ini sampai selesai untuk mendapatkan info mengenai cara daftar BPJS secara online.

Cara Daftar BPJS Online – Tahukah kamu, bahwa saat ini kita sudah bisa mendaftar BPJS secara online dengan mudah dan tanpa harus mengantri di kantor cabang? Jika belum tahu, kamu bisa simak ulasan berikut ini sampai selesai untuk mendapatkan info mengenai cara daftar BPJS secara online.

BPJS sendiri merupakan layanan kesehatan atau jaminan kesehatan masyarakat indonesia yang saat ini sudah banyak diminati oleh sebagian besar penduduk indonesia. Mengingat banyaknya peserta BPJS, tak heran jika kantor BPJS selalu dipenuhi dengan banyak orang. Dimana hal tersebut mungkin membuat kita merasa malas untuk mendaftarkan diri.

Nah buat kamu yang merasa malas untuk mendaftarkan diri di kantor BPJS lantaran harus mengantri begitu panjang. Saat ini sudah ada sebuah cara yang dapat kamu gunakan dalam mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS.

Yap, tanpa panjang lebar lagi. Berikut ini ada 15 cara daftar BPJS online dengan baik dan benar.

1. Kunjungi Situs Resmi BPJS

Cara Daftar BPJS Online
Kunjungi Situs Resmi BPJS

Langkah pertama dalam panduan mengenai cara daftar BPJS online yakni dengan mengunjungi situs resmi BPJS terlebih dahulu. Dalam hal ini alamat situs resmi BPJS yakni https://www.BPJS-kesehatan.go.id/.

2. Layanan Peserta >> Pendaftaran Peserta

Cara Daftar BPJS Online
Layanan Peserta

Setelah berada pada laman awal dari situs BPJS. Silahkan arahkan kursor ke tab Layanan Peserta. Maka kamu akan dihadapkan oleh sebuah menu dropdown yang baru saja muncul. Pada menu tersebut terdapat beberapa opsi, dimana salah satu opsinya adalah Pendaftaran Peserta. Dalam hal ini silahkan klik pada opsi Pendaftaran Peserta.

3. Pahami Prosedur Pendaftaran

Cara Daftar BPJS Online
Prosedur Pendaftaran

Selanjutnya kamu akan diberi tahu mengenai prosesdur pendaftaran peserta BPJS. Nah, di sini kamu akan diberi tahu juga mengenai sejumlah hal yang perlu kamu siapkan untuk melakukan pendaftaran BPJS online. Selain itu, kamu juga akan diberi tahu mengenai 3 tipe kelas dan iuran yang harus dibayarkan tiap bulannya. Sebelum membahas lebih lanjut, silahkan pahami terlebih dahulu mengenai hal tersebut.

4. Klik Tombol Pendaftaran

Cara Daftar BPJS Online
Klik Tombol Pendaftaran

Apabila kamu sudah paham dengan prosedur pendaftaran peserta BPJS. Kamu bisa melanjutkan tahap ini dengan mengeklik tombol Pendaftaran yang berada di bagian paling bawah. Tepatnya seperti yang di tunjukkan pada gambar di atas.

Baca Juga : 15 Cara Daftar BPJS Mandiri Dengan Mendatangi Kantor BPJS Langsung

5. Tab Identitas

Cara Daftar BPJS Online
Tab Identitas

Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisikan sejumlah data. Untuk yang pertama kali kamu akan diminta untuk mengisikan beberapa data mengenai identitas kamu. Data identitas yang harus kamu isi, antara lain; No. Registrasi, NIK / No. eKTP, Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Status Pernikahan, Hubungan Keluarga, No. Handphone, NPWP, Kewarganegaraan, Kelas Perawatan dan lain sebagainya. Lalu klik tombol simpan yang terletak di bagian bawah.

6. Tab Alamat

Cara Daftar BPJS Online
Alamat

Berikutnya adalah tab Alamat. Dalam tahap ini kamu akan diminta untuk memasukan data-data mengenai alamat kamu tinggal. Misalnya seperti alamat lengkap, RT/RW, Kode POS, No telp dan lain sebagainya.

7. Tab Fasilitas Kesehatan Tingkat I

Cara Daftar BPJS Online
Fasilitas Kesehatan Tingkat I

Apabila sudah mengisi sejumlah data yang diminta dalam tab identitas dan alamat. Maka selanjutnya adalah mengisi sejumlah data yang dibutuhkan dalam tab Fasilitas Kesehatan Tingkat I. Untuk melanjutkan tahap ini, silahkan lihat sejumlah tahap di bawah ini.

8. Faskes Tingkat I

Cara Daftar BPJS Online
Faskes Tingkat I

Dalam Faskes Tingkat I ini kamu perlu mengeklik ikon teropong yang terletak di bagian pojok kanan kolom Faskes Tingkat I. Tepatnya seperti yang ditunjukkan dalam gambar di atas. Dalam tahap ini kamu akan diminta untuk mengisikan Propinsi, Kota dan Kode Faskes.

9. Faskes Gigi

Cara Daftar BPJS Online
Faskes Gigi

Setelah mengisi kolom Faskes Tingkat I, selanjutnya adalah mengisi kolom Faskes Gigi. Caranya, klik ikon teropong yang terletakk di pojok kanan kolom Faskes Gigi. Sama seperti pada tahap sebelumnya, dalam tahap ini kamu juga akan diminta untuk mengisikan Propinsi, Kota dan Kode Faskes.

10. Cek Email

Cara Daftar BPJS Online
Cek Email

Selanjutnya kamu akan mendapatkan sebuah email dalam email yang tadi kamu cantumkan. Oleh karena itu, pada tahap ini kamu perlu membuka email untuk mengecek apakah email dari BPJS sudah masuk atau belum.

11. Buka Email Dari BPJS

Cara Daftar BPJS Online
Buka Email dari BPJS

Apabila sudah terdapat email dari BPJS. Silahkan buka email tersebut untuk meneruskan tahap ini.

12. Klik Tombol Aktivasi Pendaftaran

Cara Daftar BPJS Online
Aktivasi Pendaftaran

Jika email sudah terbuka. Biasanya dalam email tersebut akan tercantum sebuah tombol berwarna hijau dengan tulisan Aktivasi Pendaftaran. Nah, sedangkan yang perlu kamu lakukan dalam tahap ini hanyalah mengeklik tombol Aktivasi Pendaftaran tersebut.

13. Masukan Kode Keamanan Dan Klik Tombol Aktivasi

Cara Daftar BPJS Online
Masukan Kode Keamanan

Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukan kode keamanan dalam kolom yang sudah disediakan. Silahkan masukan kode keamanan terlebih dahulu. Lalu klik tombol Aktivasi untuk melakukan aktivasi.

14. Unduh File PDF

Cara Daftar BPJS Online
Unduh File PDF

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengunduh file PDF. Caranya ketuk pada ikon PDF, tepatnya seperti pada gambar di atas.

15. Bayar Iuran Dan Cetak e-ID

Cara Daftar BPJS Online
Bayar Iuran

Apabila sudah file PDF sudah terunduh, silahkan buka file PDF tersebut. Dalam file tersebut akan terlampir sejumlah informasi mengenai naama bank, virtual account, nominal iuran yang wajib dibayarkan, dan lain sebagainya.

Nah, selanjutnya kamu hanya perlu membayarkan iuran tersebut sesuai dengan nominal yang tercantum dalam file PDF yang tadi kamu unduh. Lalu transfer ke nomor rekening yang sudah tercantum dalam file PDF itu juga. Selain itu, kamu juga bisa membayarkan iuran melalui PPOB yang bekerjasama dengan BPJS.

Yap, sampai di sini seharusnya kamu sudah berhasil dalam mendaftarkan diri ke dalam layanan BPJS. Oh iya, kamu juga bisa mencetak e-ID milikmu sendiri dengan mengambil kartu BPJS di kantor cabang BPJS yang ada di daerahmu.

 

Loading...

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.