16 Cara Budidaya Ikan Nila Di Dalam Drum
Budidaya ikan nila dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara budidaya ikan nila di dalam drum. Buat kamu yang berencana untuk membudidayakan ikan nila, mungkin budidaya ikan nila di dalam drum bisa kamu coba dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Budidaya Ikan Nila - Budidaya ikan nila sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Bahkan kita bisa mendapatkan jenis ikan nila dengan kualitas yang begitu baik apabila kita memiliki cara budidaya ikan nila yang tepat.

Nah berikut ini ada sejumlah cara budidaya ikan nila di dalam drum. Mungkin cara-cara di bawah ini dapat menjadi panduan yang mudah untuk diterapkan.

1. Mempersiapkan Bahan-Bahan

Cara Budidaya Ikan Nila
Drum

Sebelum memulai, tentu kita harus menyediakan sejumlah bahan-bahan yang kita perlukan dalam budidaya ikan nila terlebih dahulu. Sedangkan bahan-bahan yang kita butuhkan dalam budidaya ikan nila, antara lain :

- Drum Plastik

Drum plastik memang merupakan bahan utama yang paling kita butuhkan. Karena dalam budidaya ikan nila ini, kita akan menggunakan drum plastik sebagai sarana budidaya ikan nila. Dalam hal ini pastikan kamu memilih ukuran drum plastik yang kira-kira mampu menampung 120 liter air.

- Pipa Paralon

Bahan selanjutnya yang kita butuhkan adalah pipa paralon. Dimana nantinya pipa paralon ini berfungsi untuk sirkulasi air pada drum tersebut. Untuk diameter, sebaiknya kamu memilih pipa paralon dengan ukuran diameter sekitar 1 sampai 2 inci. Sedangkan untuk panjangnya kita bisa menentukan sesuai dengan jarak sumber air.

- Alas Drum

Selanjutnya kita juga perlu alas drum. Dalam hal ini kamu bisa memakai besi ataupun kayu sebagai alas drum. Pastikan kamu memilih alas dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran drum memilikimu.

- Lem atau Perekat

Lem atau perekat juga dibutuhkan dalam hal ini. Dimana nantinya akan digunakan sebagai perekat antara pipa paralon dengan drum.

2. Menyediakan Keran dan Penutup Air

Cara Budidaya Ikan Nila
Keran

Tidak hanya bahan-bahan di atas saja yang kamu butuhkan. Dalam hal ini kamu juga harus menyediakan keran beserta penutup air.

Baca Juga : 15 Cara Budidaya Kroto Dengan Baik dan Benar

3. Pembelian Benih

Cara Budidaya Ikan Nila
Benih

Setelah menyiapkan seluruh bahan-bahan dan tempat yang akan kita jadikan sebagai kolam budidaya ikan nila. Tahap selanjutnya yaitu pembelian benih ikan nila.

Dalam hal ini kamu bisa mendapatkan di sejumlah toko-toko ikan. Untuk mendapatkan benih nilai yang baik dan benar. Pastikan kamu sudah berkonsultasi dengan penjual ikan mengenai kolam yang sudah kamu buat. Sehingga penjual benih ikan dapat memberikan benih ikan yang sesuai dengan kolam yang sudah kamu sediakan.

4. Menempatkan Drum

Cara Budidaya Ikan Nila
Menempatkan Drum

Dalam hal ini kamu juga harus menempatkan drum pada lokasi yang tepat, yakni dengan suhu yang stabil. Apabila kamu berniat membuat lebih dari satu drum. Pastikan kamu meletakkan sejumlah drum tersebut dengan jarak sekitar 50 cm. Hal ini berguna untuk memudahkanmu dalam memindah atau menggeser sejumlah drum tersebut nantinya. Pastikan juga kamu menggunakan alas drum yang sudah kamu sediakan.

5. Memasang Saluran Air

Cara Budidaya Ikan Nila
Saluran Air

Setelah itu kamu harus memasang saluran air menggunakan pipa paralon yang sudah kamu sediakan tadi. Apabila kamu membuat lebih dari satu drum, pastikan kamu memberikan skat air atau keren penutup antara drum yang satu dengan drum yang lainnya.

Hal tersebut sangat berguna dalam menentukan air pada masing-masing drum. Dengan begitu kamu dapat mengatur jumlah air dalam setiap drum dengan sangat mudah.

6. Pengisian Air

Cara Budidaya Ikan Nila
Pengisian Air

Selanjutnya dalam tahap pengisian air, bersihkan kamunya mengisi air dalam drum tersebut tidak terlalu penuh. Misal volume drum sekitar 120 liter, dalam hal ini kamu cukup mengisi air sekitar 90 sampai 100 liter saja.

7. Penebaran Benih

Cara Budidaya Ikan Nila
Penebaran Benih

Dalam tahap ini kamu harus menebarkan benih ikan nila pada drum dengan cara yang baik dan benar. Penebaran benih ikan sendiri harus dilakukan dengan memperhatikan ukuran drum itu sendiri.

Sebagai contoh ukuran drum yang kita miliki berdiameter sekitar 60 cm. Maka kamu hanya perlu menebarkan benih ikan nila seberat 450 gram saja.

8. Pemberian Pakan

Cara Budidaya Ikan Nila
Pakan Nila

Dalam hal ini kamu bisa mendapatkan sejumlah pakan ikan nila pada toko-toko ikan. Sebenarnya jenis makanan tidak terlalu penting, bahkan dalam hal ini kamu bisa membuat pelet ikan sendiri. Yang terpenting dalam memberikan pakan ikan nila yakni memastikan adanya sejumlah protein pada pakan yang kita berikan.

Pemberian pakan ikan nila sendiri sebaiknya dilakukan dua kali sehari, yakni pada pagi hari dan sore hari.

9. Pemberian Vitamin

Cara Budidaya Ikan Nila
Vitamin

Tidak hanya sekedar memberi pakan secara rutin saja. Untuk mendapatkan jenis ikan nila yang berkualitas, kita perlu memberinya sejumlah vitamin yang dibutuhkan oleh ikan nila itu sendiri.

10. Menjaga Dari Penyakit

Cara Budidaya Ikan Nila
Ikan Nila Mati

Biasanya jika salah satu ikan terkenal penyakit, maka seluruh ikan nila yang berada dalam satu tempat juga akan terkena penyakit yang sama.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa memberikannya sejumlah vitamin ataupun obat khusus untuk mengatasi bibit penyakit pada ikan nila. Selain itu kamu juga bisa mengatasinya dengan cara mengelola air dengan baik dan benar.

11. Pengelolaan Air

Cara Budidaya Ikan Nila
Pengelolaan Air

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bawa pengelolaan air berguna untuk mengatasi ataupun menghindari sejumlah penyakit yang resiko menyerang semua ikan dalam drum. Dalam hal ini kamu bisa mengganti air ketika air mulai mengeluarkan bau busuk.

Sebenarnya bukan itu saja, namun kamu juga harus memperhatikan kestabilan pH air. Dalam hal ini kamu juga bisa memantau sejumlah kader seperti CO2, NH3 dan H2S.

12. Pemberian Obat Kimia

Cara Budidaya Ikan Nila
Nila

Sebenarnya tahap pemberian obat kimia pada ikan nila bisa dikatakan tidak harus dilakukan apabila ikan nila tampak baik dan sehat. Namun apabila kesehatan ikan nila begitu buruk, tentu kamu harus memberikan sejumlah obat kimia yang sesuai dengan kondisi ikan nila itu sendiri.

13. Mengganti Air

Cara Budidaya Ikan Nila
Mengganti Air

Tak semua orang paham dengan cara mengganti air pada kolom ikan nila. Dalam hal ini yang perlu kamu lakukan adalah membuang air kotor dalam drum hingga air tersisa sepertiga dari air sebelumnya. Selanjutnya tambahkan air bersih ke dalam drum tersebut.

14. Pemisahan atau Pengelompokan

Cara Budidaya Ikan Nila
Pemisahan

Tahap selanjutnya yakni pemisahan atau pengelompokan jenis ikan nila. Dalam hal ini kita bisa mengelompokkan jenis ikan nila berdasarkan berat ataupun ukuran tubuhnya. Hal ini guna mempermudah kita dalam memberikan pakan.

15. Persiapkan Panen

Cara Budidaya Ikan Nila
Nila

Sebenarnya tidak banyak yang perlu kita siapkan ketika masa-masa panen ikan nila. Namun yang terpenting kita sudah menyiapkan tempat untuk memanen ikan tersebut dan sejumlah alat pembantu panen lainnya.

16. Panen

Cara Budidaya Ikan Nila
Panen

Masa panen adalah masa-masa yang ditunggu oleh semua orang yang bergelut dalam dunia budidaya. Umumnya masa panen ikan nila dapat dihitung selama 5 sampai 6 bulan sejak penebaran benih.

Sedangkan iklan nila yang sudah siap untuk dikonsumsi memiliki ukuran sekitar 300 sampai 500 gram per ekornya.

Baca Juga