16 Cara Belajar Gitar Dengan Mudah dan Tepat
Belajar gitar sebenarnya bisa dilakukan melalui beberapa cara, semuanya tergantung dari minat diri kita masing-masing. Namun buat kamu yang ingin mencoba cara belajar gitar dengan mudah dan tepat, mungkin kamu bisa mengikut sejumlah cara belajar gitar berikut ini.

Cara Belajar Gitar – Belajar gitar sebenarnya sama seperti belajar alat musik lain yang terbilang susah-susah gampang. Karena yang namanya belajar sendiri dapat dikatakan berhasil apabila kita memiliki niat dan keseriusan dalam hal yang tengah dipelajari. Nah, buat kamu yang belum bisa bermain gitar namun memiliki keinginan untuk belajar bermain gitar, mungkin kamu bisa melihat 16 cara belajar gitar dengan mudah dan tepat berikut ini.

Namun sebelumnya, kamu harus yakin terlebih dahulu bahwa kamu memiliki keinginan dan keseriusan dalam hal ini, karena jika tidak memiliki kedua hal tersebut maka kamu tidak akan berhasil dalam belajar gitar. Jika kamu memiliki kedua hal tersebut, tentu bermain gitar dengan mahir bisa kamu dapatkan dengan mudah dan tepat.

Oke buat kamu yang semakin penasaran, bisa lanjut ke sejumlah cara belajar gitar di bawah ini.

1. Mengikuti Sejumlah Intruksi yang Terdapat di Internet

Cara Belajar Gitar
Instruksi dari Internet

Yaa, internet merupakan sala satu sumber dan guru terbaik dalam segala hal. Di dunia yang semakin canggih ini, kamu tidak perlu kaget lagi jika di internet sendiri sudah terdapat berbagai macam cara belajar gitar secara lengkap. Dan uniknya kamu bisa mendapatkan semua itu secara cuma-cuma alias gratis.

2. Gabung Di Grup dan Forum Belajar Gitar

Cara Belajar Gitar
Gabung di Grup dan Forum Belajar Gitar

Grup dan forum merupakan salah satu tempat berkumpulnya orang-orang dalam satu ketertarikan yang sama. Kamu bisa bergabung kesejumlah grup yang ada di facebook, whatsapp dan lain-lain. Selain itu kamu juga bisa mencoba bergabung dalam forum-forum yang terbuka lebar di internet. Dengan satu pembahasan yang sama, yakni cara belajar gitar, tentu proses pembelajaran akan semakin mudah dipahami.

Tak hanya mencari ilmu dari yang sudah mahir saja, namun kamu juga bisa membagikan ilmu yang kamu miliki kepada orang lain di sana.

3. Belajar Meniru Sejumlah Musisi Favorit

Cara Belajar Gitar
Iwan Fals

Musisi favorit bisa kamu jadikan sebagai inspirasimu dalam berkarya di bidang musik. Dalam hal ini, kamuu bisa meniru cara belajar gitarnya. Tirulah caranya bermain gitar semirip mungkin, dan cobalah untuk meniru musisi lain yang lebih hebat lagi. Dengan begitu, proses belajar gitar akan terasa jauh lebih asik dan menyenangkan.

4. Pahami Jenis-Jenis Chord

Cara Belajar Gitar
Jenis chord

Dalam bermain gitar, chord merupakan salah satu hal yang sangat kamu butuhkan dalam bermain gitar. Sedangkan chord sendiri berjumlah cukup banyak. Lalu bagaimana menghafal semua chord tersebut? Tidak, kamu tidak perlu menghafal. Tapi, kamu perlu memahaminya. Karena hafalan akan mudah dilupakan, sedangkan pemahaman dan kebiasaan susah untuk dilupakan. Jadi usahakan untuk memahaminya dan jangan menghafal.

5. Pelajari Instrumen Fisik

Cara Belajar Gitar
Gitar

Dalam belajar gitar kamu juga harus mempelajari fisik dari instrumen itu sendiri, seperti fungsi dan bentuk dari fisik gitar, hasil perpaduan bagian ini dan bagian itu dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga perlu memahami bagaimana sebuah nada bisa di dapatkan dan bagaimana senar bisa dipengaruhi oleh tensi.

6. Berlatih Serutin Mungkin

Cara Belajar Gitar
Berlatih

Berlatih sesering mungkin bukan berarti setiap jam kamu harus berlatih, atau setiap hari harus berlatih, namun berlatih bisa dikatakan rutin jika kamu berlatih setidaknya 5 kali dalam seminggu, dan sekali latihan kurang lebih memakan waktu 30 menit.

Proses pembelajaran yang dilakukan secara rutin tentu akan membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Jadi jangan mudah bosan.

7. Melatih Memori Otot Tangan

Cara Belajar Gitar
Melatih Memori Otot Tangan

Dalam hal ini bisa kamu lakukan setelah kamu menghafal sebagian besar chord. Latihan yang satu ini berguna untuk melatih tangan dalam meletakkan jarinya di fret yang tepat. Sehingga kelak kamu bisa bermain gitar tanpa melihat jari-jarimu sendiri. Untuk melatihnya, kamu bisa meletakan jarimu di fret seperti ketika memainkan sebuah chord. Tak perlu memetik gitar, cukup mainkan chord dan pindah ke chord lainnya dan begitu seterunsya.

8. Kelola Kepalan Pada Ujung Jari

Cara Belajar Gitar
Kelola Kepalan Pada Ujung Jari

Dalam belajar gitar, kamu akan tahu apa itu pengorbanan. Pasalnya disini kam uperlu mengorbankan jari tanganmu yang halus menjadi kasar, kuku tanganmu yang panjang dan cantik menjadi rusak dan harus dipotong.

Mulanya, hal ini akan terasa sedikit sakit, namun sakit itu tidak akan bertahan lama. Mungkin hanya tiga hari.

9. Pelajari Kunci Terbuka Bersamaan Dengan Kunci Gantung

Cara Belajar Gitar
Kunci Gantung

Kunci gantung memang sedikit lebih sulit dari kunci terbuka. Perlu sedikit kekuatan fret lebih dalam menerapkan kunci gantung. Namun menerapkan kunci gantung akan lebih mudah jika diterapkan bersama dengan kunci terbuka.

Baca Juga : 15 Cara Membersihkan Layar HP Dengan Mudah

10. Kembangkan Kekuatan Fret Tanganmu

Cara Belajar Gitar
Kekuatan Fret Tangan

Untuk mengembangkan kekuatan fret tangan, kamu bisa melatihnya dengan meremas bola tenis selama 5 menit. Dalam hal ini bola tenis juga bisa kamu ganti dengan objek lain yang menyerupai bola tenis, seperti jeruk, dan lain sebagainya.

11. Biarkan Dirimu Merasa Frustasi

Cara Belajar Gitar
Frustasi

Ya, belajar gitar secara terus menerus namun belum menemukan nada chord yang sesuai memang membuat kesal dan frustasi. Ketika merasa lelah, kesal dan frustasi, jangan biarkan kamu berhenti belajar gitar. Karena dengan kepeningan dan kekesalan yang ada mampu membangun semangat dan meningkatkan fungsi otak, walaupun hanya sesaat namun cukup berkesan.

12. Membeli Sejumlah Buku Panduan Gitar

Cara Belajar Gitar
Buku Panduan Belajar Gitar

Buku panduan gitar bisa memberikan apa yang kamu inginkan ketika kamu tidak bisa belajar gitar secara otodidak. Memang setiap orang tidak memiliki bakat dan kesuksesan yang sama. Maka dari itu, mencari sumber atau bantuan lain mungkin sangat berguna untukmu.

13. Bermain  Dengan VCD yang Kamu Gemari

Cara Belajar Gitar
VCD

VCD memiliki kualitas suara yang bagus, sehingga sangat memudahkan kita dalam mendengar suara yang dihasilkan dari gitar tersebut. Dengan begitu kamu bisa menyamakan nadanya dengan mudah.

14. Mulailah untuk Memainkan Sebuah Lagu

Cara Belajar Gitar
Mainkan Sebuah Lagu

Jika hanya belajar tentu kita tidak akan tahu kapan kita akan berhasil. Cobalah untuk mulai memainkan sebuah lagu. Mulailah dari sebuah lagu yang kamu sukai. Dengan begitu kamu akan lebih cepat dalam menguasai gitar.

15. Memainkan Lebih Dari Satu Jenis Gitar

Cara Belajar Gitar
Jenis-Jenis Gitar

Jika kamu sudah cukup mahir dalam memainkan sejumlah lagu, cobalah untuk memainkan lagu-lagu tersebut lagi dengan jenis gitar yang berbeda. Hal ini guna memperbanyak pengelamanmu dalam bermain gitar.

16. Mengembangkan Keterampilan

Cara Belajar Gitar
Kembangkan Keterampilan

Ya, bermain gitar memang tidak ada batasan, selalu ada tingkatan yang lebih tinggi. Buatlah dirimu seperti tidak mempunyai rasa puas, sehingga kamu tetap akan terus belajar. Selain itu, usahakan selalu memainkan gitar setidaknya tiga kali seminggu. Karena terlalu lama tidak bermain gitar bisa membuat tanganmu jadi kaku dan susah untuk memainkan gitar.        

Baca Juga