15 Cara Backup WhatsApp Ke Penyimpanan Internal dan Google Drive
Sebenarnya banyak cara yang dapat kamu pilih untuk menyimpan hasil backup WhatsApp. Misalnya menyimpan hasil backup ke penyimpanan internal, ke Google Drive, dan lain sebagainya.

Cara Backup WhatsApp WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting terbaik di android. Tak heran jika pengguna WhatsApp semakin hari semakin banyak saja. Apalagi dengan desain tampilannya yang cukup simpel dan mudah digunakan, tentu hal ini menjadi nilai lebih yang jarang dimiliki oleh aplikasi chatting lainnya.

Sebenarnya WhatsApp sendiri tidak hanya dapat kita gunakan untuk chatting saja, namun kita juga bisa menggunakan WhatsApp sebagai media untuk melakukan panggilan suara dan video call. Bahkan ada juga fitur voice note di dalam chat, sehingga dapat memudahkan kita dalam menggunakannya.

Sebetulnya tidak berlebihan jika saya katakan WhatsApp ini merupakan aplikasi chatting terpopuler saat ini. Bahkan lebih populer dari aplikasi chatting LINE. Hal ini dikarenakan WhatsApp sendiri jauh lebih ringan daripada LINE. Sehingga tidak heran apabila sejumlah pengguna android dengan spesifikasi low end juga gemar menggunakan aplikasi chatting yang satu ini lantaran ukurannya yang tidak membebani memori RAM.

Tak hanya itu saja kemudahan yang akan kita dapat dalam WhatsApp ini. Kamu juga bisa melakukan backup pada media dan chat WhatsApp-mu. Sehingga kamu tidak akan kehilangan history chat dan segala media yang ada di dalamnya ketika kamu menginstal ulang WhatsApp, atau bahkan menginstal WhatsApp di ponsel baru.

Canggih bukan? Sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui cara tersebut. Hal ini dikarenakan banyak pengguna WhatsApp yang masih awam, dan cara pengaplikasiannya yang cukup sulit pula. Sehingga sangat menyulitkan sejumlah orang yang masih awam.

Sebenarnya banyak cara yang dapat kamu pilih untuk menyimpan hasil backup WhatsApp. Misalnya menyimpan hasil backup ke penyimpanan internal, ke Google Drive, dan lain sebagainya.

Sayangnya, seperti yang sudah saya katakan tadi, tak banyak orang yang memahami bagaimana cara yang tepat untuk melakukan backup WhatsApp ke penyimpanan internal maupun ke Google Drive. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya sendiri ingin berbagi sebuah panduan mengenai 15 cara backup WhatsApp ke penyimpanan internal dan Google Drive dengan muudah.

Cara Backup WhatsApp Ke Penyimpanan Internal

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa melakukan backup WhatsApp dapat dilakukan dengan menyimpan hasil backup ke penyimpanan internal. Nah berikut ini ada beberapa cara backup WhatsApp ke penyimpanan internal yang mungkin saja dapat kamu coba dengan mudah.

1. Buka WhatsApp

Cara Backup WhatsApp
Buka WhatsApp

Langkah pertama dalam cara backup WhatsApp ke penyimpanan internal yakni dengan membuka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.

2. Klik Ikon Titik Tiga

Cara Backup WhatsApp
Klik Ikon Titik Tiga

Setelah aplikasi WhatsApp terbuka, maka kamu dapat menemukan ikon titik tiga yang terletak di pojok kanan atas. Untuk melanjutkan ke tahap beriktunya, kamu perlu mengetuk pada ikon titik tiga tersebut.

Baca Juga : 15 Cara Membuka Blokir WA Kita Yang Diblokir Oleh Orang Lain

3. Settings

Cara Backup WhatsApp
Settings

Setelah itu kamu akan dihadapkan oleh sebuah menu drop down. Dimana dalam menu tersebut kamu akan mendapatkan sejumlah pilihan. Sedangkan dalam hal ini yang perlu kamu pilih adalah pilihan Settings.

4. Chats

Cara Backup WhatsApp
Chats

Apabila sudah memilih Settings, maka seharusnya dalam tahap ini kamu sudah berada dalam halaman Settings. Nah dalam halaman ini kamu perlu mengetuk pada menu Chats seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

5. Chat Backup

Cara Backup WhatsApp
Chat Backup

Dalam menu Chats ini terdapat sejumlah pengaturan chatting. Nah disini kamu bisa mengetuk pada tulisan Chat backup untuk melakukan backup.

6. Back Up

Cara Backup WhatsApp
Backup

Setelah itu tinggal klik saja tombol Backup yang berwarna hijau. Selanjutnya proses backup akan dimulai. Biasanya hasil backup akan tersimpan pada direktori sdcard/WhatsApp/Database.

Cara Backup WhatsApp Ke Google Drive

Tak hanya di penyimpanan internal saja, cara backup WhatsApp juga dapat kita lakukan dengan menyimpan hasil backup ke Google Drive. Nah berikut ini ada beberapa cara backup WhatsApp ke Google Drive yang mungkin saja bisa kamu coba dengan mudah.

1. Buka WhatsApp

Cara Backup WhatsApp
Buka WhatsApp

Sama seperti cara sebelumnya, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi WhatsApp itu sendiri.

2. Klik Ikon Titik Tiga

Cara Backup WhatsApp
Klik Ikon Titik Tiga

Setelah itu kamu bisa melanjutkannya dengan mengetuk ikon titik tiga yang terletak di bagian pojok kanan atas.

3. Settings

Cara Backup WhatsApp
Settings

Jika sudah mengetuk ikon titik tiga tadi, maka secara otomatis kamu akan melihat sebuah menub drop down yang baru saja muncul. Dalam menu tersebut terdapat tulisan Settings. Pilihlah Settings untuk masuk ke halaman pengaturan WhatsApp.

4. Chats

Cara Backup WhatsApp
Chats

Setelah berada pada menu pengaturan atau settings. Maka langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mengetuk pilihan Chats.

5. Chat Backup

Cara Backup WhatsApp
Chat Backup

Jika sudah mengetuk Chats, kamu bisa melanjutkan tahap ini dengan memilih Chat Backup.

6. Backup to Google Drive

Cara Backup WhatsApp Chat Backup
Backup to Google Drive

Berbeda dengan cara sebelumnya, dalam cara backup WhatsApp ke Google Drive ini kamu harus memilih Backup to Google Drive dalam tahap ini.

7. Only when I tap “Back Up”

Cara Backup WhatsApp
Only when I tap "Back Up"

Selanjutnya akan muncul sebuah pop up baru dengan sejumlah pilihan. Saya sarankan untuk memilih Only when I tap “Back Up” saja.

8. Account

Cara Backup WhatsApp
Account

Setelah itu kamu bisa mengetuk pada Account untuk memilih akun Google mana yang akan kamu gunakan sebagai penyimpanan hasil backup ini.

9. Backup

Cara Backup WhatsApp
Backup

Apabila sudah memilih akun Google yang akan digunakan untuk media penyimpanan hasil backup. Maka dalam tahap ini kamu bisa memulai proses backup dengan cara menekan tombol Back Up yang berwarna hijau.

Akhir Kata

Nah itulah artikel mengenai 15 cara backup WhatsApp ke penyimpanan internal dan Google Drive yang dapat saya tuliskan saat ini. Semoga bisa menjadi artikel yang mudah di pahami dan dapat menjadi sebuah panduan yang baik dan benar untuk kalian semua.

Baca Juga