15 Cara Backup iPhone Dengan iCloud dan iTunes
Sebenarnya melakukan backup pada iPhone bukanlah hal yang sulit. Apalagi buat orang yang sudah lama menggunakan iPhone. Namun bagi orang yang masih awam atau baru pertama kali menggunakan iPhone, tentu akan merasa sedikit kesulitan dalam hal backup iPhone ini.

Cara Backup iPhone – Dalam iPhone kesayangan kita masing-masing, tentu terdapat sejumlah data penting yang sangat disayangkan jika harus hilang begitu saja, bukan? Nah, salah satu cara untuk menghindari hal tersebut adalah dengan melakukan backup terhadap data penting yang terdapat di dalam iPhone.

Backup iPhone sendiri dapat kita lakukan melalui beberapa cara, namun pada pembahasan kali ini kita hanya akan membahas cara backup iPhone dengan iCloud dan iTunes saja. Mungkin pada kesempatan selanjutnya kita akan buatkan cara alternatif yang lain.

Sebenarnya melakukan backup pada iPhone bukanlah hal yang sulit. Apalagi buat orang yang sudah lama menggunakan iPhone. Namun bagi orang yang masih awam atau baru pertama kali menggunakan iPhone, tentu akan merasa sedikit kesulitan dalam hal backup iPhone ini.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya ini berbagi panduan mengenai cara backup iPhone dengan iCloud dan iTunes yang mungkin dapat kamu coba dengan mudah. Ya, hal ini karena saya tuliskan dengan detail, agar pengguna iPhone yang masih awam dapat memahami langkah-langkah melakukan backup iPhone dengan mudah dan benar.

Baiklah, tanpa berlama-lama. Berikut ini ada 15 cara backup iPhone dengan iCloud dan iTunes yang mungkin saja dapat kamu coba dengan mudah.

Cara Backup iPhone Dengan iCloud

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bahwa melakukan backup iPhone dapat dilakukan melalui beberapa cara. Salah satunya dengan iCloud. Nah berikut ini ada sejumlah cara backup iPhone dengan iCloud.

1. Settings

Cara Backup iPhone
Settings

Langkah pertama dalam cara backup iPhone dengan iCloud yakni dengan membuka menu Settings terlebih dahulu seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

Baca Juga : 15 Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen Dengan Mudah

2. Wi-Fi

Cara Backup iPhone
Wi-Fi

Untuk melakukan backup data pada iPhone dengan iCloud, kamu perlu menyambungkan ponselmu ke jaringan Wi-Fi yang masih aktif. Caranya, setelah membuka menu Settings pada langkah sebelumnya, lalu buka Wi-Fi.

Kenapa harus membackup dengan Wi-Fi, karena rata-rata data yang akan dibackup memiliki ukuran yang cukup besar. Jadi sangat di sayangkan apabila kita melakukan backup menggunakan data seluler.

3. Hidupkan Wi-Fi

Cara Backup iPhone
Hidupkan Wi-Fi

Setelah itu kamu bisa menghidupkan Wi-Fi untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

4. Pilih Jaringan Wi-Fi

Cara Backup iPhone
Pilih Jaringan

Jika sudah menghidupkan Wi-Fi, maka secara otomatis ponselmu akan mencari dan memperlihatkan sejmlah jaringan Wi-Fi yang aktif. Pilih salah satu jaringan Wi-Fi yang tersedia.

5. Masuk Ke Settings Lagi

Cara Backup iPhone
Settings

Jika sudah memilih jarngan Wi-Fi yang tersedia. Kamu bisa melanjutkan tahap ini dengan masuk lagi ke Settings.

6. Ketuk ID Apple

Cara Backup iPhone
ID Apple

Setelah membuka Settings lagi, maka kamu perlu scroll ke bawah sampai menemukan ID Apple milikmu. Jika sudah ketemu, silahkan klik pada ID Apple tersebut.

7. iCloud

Cara Backup iPhone
iCloud

Setelah itu kamu akan mendapatkan sejumlah pilihan, nah yang perlu kamu pilih adalah iCloud.

8. Pilih Data Yang Ingin Dibackup

Cara Backup iPhone
Pilih Data yang Akan Dibackup

Pada tahap ini kamu akan diberikan sejumlah pilihan mengenai data apa saja yang hendak kamu backup. Data-data yang bisa kamu pilih antara lain, Photos, Mail, Contacts, Calendars, dan lain sebagainya.

9. iCloud Backup

Cara Backup iPhone
iCloud Backup

Setelah menentukan data apa saja yang akan kamu backup. Maka dalam tahap ini kamu perlu menggeser layar, lalu ketuk iCloud Backup untuk melakukan backup terhadap sejumlah data yang kamu pilih tadi.

Perlu diketahui, untuk iOS versi lama, mungkin opsi ini akan bertuliskan Backup dan bukan iCloud Backup.

10. Aktifkan iCloud Backup

Cara Backup iPhone
Aktifkan iCloud Backup

Setelah itu aktifkan opsi iCloud Backup dengan menggeser sakelar yang berada di samping kanan sampai berwarna hijau.

11. Back Up Now

Cara Backup iPhone
Back Up Now

Langkah terakhir untuk melakukan backup dengan iCloud yakni dengan mengetuk tombol Back Up Now. Maka secara otomatis proses backup pada sejumlah data yang dipilih tadi akan segera dimulai.

Cara Backup iPhone Dengan iTunes

Tak hanya dengan iCloud saja, namun kamu juga dapat melakukan backup pada iPhone kesayanganmu dengan iTunes. Nah berikut ini ada beberapa cara backup iPhone dengan iTunes yang mungkin saja bisa kamu coba.

1. Pahami Apa Yang Di Backup

Cara Backup iPhone
Pahami Apa yang Dibackup

Dalam hal ini iTunes hanya akan membackup semua data meliputi, pengaturan, kontak, pesan, data aplikasi, dan foto dari Camera Roll. Sehingga data-data seperti musik, podcast dan video tidak akan terbackup.

2. Hubungan iPhone Ke PC

Cara Backup iPhone
Hubungkan iPhone

Untuk melakukan backup iPhone dengan iTunes, maka kamu perlu menyambungkan iPhone kesayanganmu ke PC yang sudah terinstal iTunes. Dalam hal ini, pastikan kamu menggunakan kabel USB yang ORI. Karena iPhone menggunakan sebuah konektor khusus dalam kabel USB bawaannya.

3. Buka iTunes

Cara Backup iPhone
Buka iTunes

Jika iPhone sudah terhubung dengan PC. Selanjutnya hal yang perlu kamu lakukan yakni membuka iTunes. Setelah iTunes terbuka dengan sempurna, kamu bisa memilih tab Summary untuk ponsel-mu. Caranya klik View, lalu pilih Show Sidebar. Maka iPhone milikmu akan tercantum pada bingkai yang terletak di bagian kiri iTunes. Lalu klik agar Device Summary dapat terbuka.

4. Back Up Now

Cara Backup iPhone
Back Up Now

Langkah terakhir yakni dengan mengeklik Back Up Now. Maka secara otomatis iTunes akan membackup semua data-data tadi dari iPhone milikmu ke PC. Dalam hal ini kamu bisa melihat hasil backup dengan cara mengeklik menu Preference dan memilihtab Devices. Kamu akan melihat sebuah backup yang baru saja kamu buat pada daftar Device Bakcup.

 Akhir Kata

Mungkin hanya itu saja panduan mengenai cara backup iPhone dengan iCloud dan iTunes yang dapat saya bagikan. Semoga artikel tersebut bisa dipahami dengan mudah dan dapat menjadi panduan yang baik dan benar untuk kalian semua. Terima kasih.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.