15 Cara Backup Data Aplikasi Android Tanpa Root Dengan Mudah
Untuk melakukan backup terhadap semua data aplikasi mengharuskan kita untuk melakukan rooting android terlebih dahulu. Seperti backup menggunakan aplikasi Titanium Backup yang mengharuskan kita untuk melakukan rooting terlebih dahulu sebelum melakukan backup.

Cara Backup Data – Setiap aplikasi di Android tentu memiliki datanya masing-masing. Biasanya sih data dari aplikasi akan tersimpan di folder root. Sehingga untuk melakukan backup terhadap semua data aplikasi mengharuskan kita untuk melakukan rooting android terlebih dahulu. Seperti backup menggunakan aplikasi Titanium Backup yang mengharuskan kita untuk melakukan rooting terlebih dahulu sebelum melakukan backup.

Mendengar hal tersebut, tentu membuat sejumlah pengguna android yang tidak melakukan rooting sedikit menyesal karena tida bisa melakukan backup pada sejumlah data aplikasinya. Padahal hal tersebut dapat diatasi dengan mudah. Hal ini dikarenakan adanya sejumlah software yang akhir-akhir ini dibuat untuk memungkinkan kita melakukan backup data aplikasi android meskipun android tersebut tidak memiliki hak akses root.

Walaupun saat ini sudah terdapat berbagai macam cara backup data aplikasi pada android tanpa root. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan jika ternyata masih ada sejumlah orang yang belum bisa melakukan backup data tersebut.

Lalu bagaimana cara backup data aplikasi android tanpa root?

Sesuai pertanyaan di atas, dalam artikel ini tentu kalian akan mendapatkan jawabnya dengan mudah, tak hanya mudah namun juga men-detail. Nah, berikut ini ada 15 cara backup data aplikasi android tanpa root yang mungkin bisa kamu coba.

1. Instal Helium – App Sync and Backup di PC

Cara Backup Data
Instal Helium di PC

Dalam cara backup data aplikasi android tanpa root, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menginstal Helium - App Sync and Backup di PC. Dalam hal ini, kamu bisa mendapatkan software tersebut secara gratis dengan mengunjungi alamat https://www.clockworkmod.com/carbon.

2. Instal Helium – App Sync and Backup di Android

Cara Backup Data
Instal Helium di Android

Setelah menginstalnya di PC, kamu juga harus menginstalnya di android yang akan di backup data aplikasinya. Dalam hal ini, kamu bisa mengunduh aplikasi Helium untuk Android secara gratis di Google Play Store.

Baca Juga : 15 Cara Backup iPhone Dengan iCloud dan iTunes

3. Buka Helium

Cara Backup Data
Buka Helium

Apabila sudah menginstal Helium di PC dan Android. Maka dalam tahap ini kamu perlu membuka aplikasi Helium pada PC terlebih dahulu.

4. Settings

Cara Backup Data
Settings

Selanjutnya kita beralih ke Android. Untuk melakukan backup, Helium menggunakan fitur USB Debugging. Sehingga dalam hal ini kamu perlu mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu. Caranya dengan masuk ke menu Setting pada android mu terlebih dahulu. Untuk tahap selanjutnya, kamu bisa mengikuti langkah berikutnya.

5. Tentang Ponsel

Cara Backup Data
Tentang Ponsel

Setelah berada di menu Setting android, kamu bisa scroll ke bagian bawah dan masuk ke menu Tentang Ponsel. Dalam menu tersebut tentu kamu akan menemukan sejumlah informasi mengenai ponsel milikmu. Sedangkan yang perlu kamu lakukan disini adalah mencari Nomor Bentukan.

6. Ketuk 7 Kali Nomor Bentukan

Cara Backup Data
Nomor Bentukan

Apabila sudah ketemu dengan Nomor Bentukan ponsel kalian masing-masing. Maka dalam tahap ini kamu harus mengetuk Nomor Bentukan sebanyak 7 kali. Hal ini guna memunculkan Opsi Developer.

7. Masuk ke Opsi Developer / Pengembang

Cara Backup Data
Opsi Pengembang

Apabila sudah mengetuk Nomor Bentukan sebanyak 7 kali. Maka secara otomatis Opsi Developer akan muncul. Untuk masuk ke dalam Opsi Developer, kamu bisa membuka kembali menu Settings. Lalu scrol ke bagian bawah, pada bagian tersebut kamu bisa menemukan Opsi Developer.

8. Aktifkan Opsi Developer

Cara Backup Data
Aktifkan Opsi Pengembang

Setelah menemukan Opsi Developer yang berada di bagian bawah menu Settings. Silahkan ketuk pada Opsi Developer tersebut. Lalu aktifkan Opsi Developer seperti pada gambar di atas.

9. Aktifkan USB Debugging

Cara Backup Data
Aktifkan USB Debugging

Setelah Opsi Developer aktif, pada halaman tersebut kamu bisa scroll ke bawah hingga menemukan USB Debugging. Jika sudah ketemu, silahkan aktifkan USB Debugging.

10. Buka Helium di Android dan Hubungkan Dengan PC

Cara Backup Data
Buka Helium

Apabila USB Debugging di android milikmu sudah aktif, kamu bisa memulai backup data aplikasi dengan membuka aplikasi Helium di Android terlebih dahulu. Setelah itu hubungkan android dengan PC menggunakan kabel USB.

11. Pilih Metode Backup

Cara Backup Data
Metode Backup

Pada awalnya, ketika membuka aplikasi Helium di Android, maka kamu akan melihat sejumlah metode backup. Namun pada pembahasan kali ini kita hanya akan membuat backup data aplikasi secara manual.

12. Pilih Aplikasi yang Akan Dibackup

Cara Backup Data
Pilih Aplikasi

Nah untuk backup data aplikasi di android secara manual ini bisa kamu mulai dengan melakukan swipe ke tab backup. Setelah itu kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang hendak di backup.

13. Select All

Cara Backup Data
Select All

Jika kamu ingin melakukan backup data aplikasi pada semua aplikasi yang ada di android-mu. Kamu bisa melakukannya dengan simpel, yakni hanya dengan mengetuk opsi Sellect All seperti pada gambar di atas. Jika sudah silahkan ketuk tombol Backup.

14. Pilih Lokasi Penyimpanan

Cara Backup Data
Pilih Penyimpanan

Setelah mengetuk tombol Backup, maka secara otomatis kamu akan dihadapkan oleh sejumlah pilihan penyimpanan. Dalam hal ini, kamu bisa memilih salah satu penyimpanan yang tersedia. Dimana nantinya penyimpanan tersebut akan digunakan untuk menyimpan data backup.

15. Selesai

Cara Backup Data
Done

Jika sudah, langkah akhir yang perlu kamu lakukan hanyalah menunggu proses backup. Sebenarnya proses ini bisa berlangsung sangat cepat dan bisa juga berlangsung cukup lama. Hal ini ditentukan oleh seberapa besar data yang di backup. Tentu semakin besar data yang akan di backup maka akan semakin lama pula proses backup.

Akhir Kata

Nah itulah panduan mengenai 15 cara backup data aplikasi android tanpa root yang mungkin bisa kamu coba. Semoga artikel di atas dapat menjadi panduan yang mudah di pahami dan semoga juga dapat menjadi panduan yang baik dan benar.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.