15 Cara Backup & Restore Chat LINE Dengan Mudah
Belum lama ini aplikasi LINE menyediakan fitur baru. Yakni sebuah fitur yang bisa kamu gunakan untuk melakukan backup chat history. Sehingga kamu tidak akan kehilangan semua history chat mu meskipun kamu berniat untuk ganti smartphone.

Cara Backup Chat LINE LINE merupakan salah satu aplikasi chatting dan video call yang diklaim oleh banyak orang sebagai aplikasi video call terbaik di android. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk menggunakan LINE.

Meskipun aplikasi chatting dan video call ini sendiri terasa cukup berat untuk dijalankan pada android dengan spesifikasi rendah. Namun sepertinya tidak begitu bermasalah, lantaran fiturnya yang cukup lengkap.

Bicara soal fitur, belum lama ini aplikasi LINE menyediakan fitur baru. Yakni sebuah fitur yang bisa kamu gunakan untuk melakukan backup chat history. Sehingga kamu tidak akan kehilangan semua history chat mu meskipun kamu berniat untuk ganti smartphone.

Lalu bagaimana cara agar semua history chat LINE kita tidak hilang di saat kita menginstal LINE di smartphone lain atau baru?

Jawaban yang tepat adalah melakukan backup pada smartphone lama, dan melakukan restore hasil backup tersebut pada smartphone yang baru. Ya, jawaban tersebut bisa kita terapkan menggunakan fitur terbaru LINE yang tadi saya bicarakan.

Sayangnya, meskipun LINE sudah menyediakan fitur tersebut. Namun masih banyak orang yang belum bisa memanfaatkan fitur itu. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya akan menuliskan sebuah artikel mengenai 15 cara backup & restore chat LINE dengan mudah.

Cara Backup Chat LINE Dengan Mudah

Cara backup chat LINE dengan mudah sebenarnya bisa kita lakukan melalui beberapa cara. Nah berikut ini ada beberapa cara backup chat LINE yang mungkin saja bisa kamu coba dengan mudah.

1. Update LINE

Cara Backup Chat LINE
Update

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam cara backup chat LINE dengan mudah yakni dengan melakukan update atau pembaruan aplikasi LINE itu sendiri. Karena fitur backup chat history ini hanya tersedia pada aplikasi LINE terbaru.

Untuk melakukan update, kamu bisa buka Google Play Store. Lalu klik icon pencarian dan cari LINE. Setelah itu ketuk pada aplikasi LINE dan pilih tombol update.

Baca Juga : 15 Cara Mengganti Tema Line Secara Gratis

2. Buka LINE

Cara Backup Chat LINE
Open

Jika proses update LINE sudah selesai, maka dalam tahap ini kamu perlu membukannya terlebih dahulu.

3. Settings

Cara Backup Chat LINE
Settings

Apabila LINE sudah terbuka, maka yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke menu Setting dari aplikasi LINE. Dalam hal ini kamu bisa masuk ke menu Setting tersebut dengan cara mengetuk icon gear yang terletak di bagian pojok kanan atas.

4. Chats

Cara Backup Chat LINE
Chats

Setelah masuk ke menu Setting dalam aplikasi LINE. Kamu bisa melanjutkan tahap ini dengan mengetuk Chats terlebih dahulu.

5. Back up and restore chat history

Cara Backup Chat LINE
Back up and restore

Selanjutnya kamu akan dibawa menuju ke menu Chats, dimana dalam menu tersebut kamu dapat melanjutkan tahap ini dengan cara mengetuk pada tulisan Back up and restore chat history.

6. Google Account

Cara Backup Chat LINE
Google Account

Selanjutnya kamu perlu mengatur akun Google mu yang hendak dijadikan sebagai media penyimpanan hasil backup dari chat history LINE mu. Caranya ketuk Google Account, lalu pilih akun Google yang hendak dijadikan media penyimpanan.

7. Back up to Google Drive

Cara Backup Chat LINE
Backup to Google Drive

Apabila sudah melakukan pengaturan pada akun Google yang akan digunakan. Maka pada tahap ini kamu bisa mulai melakukan backup chat history LINE mu dengan mengetuk Back up to Google Drive yang terletak di atas pengaturan Google Account tadi.

8. Selesai

Cara Backup Chat LINE
Selesai

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan hanyalah menunggu hingga proses backup chat history LINE selesai dan berhasil. Yap, sampai disini sebenarnya kamu sudah berhasil melakukan backup chat LINE. Bagaimana, mudah bukan?

Cara Restore Chat LINE Dengan Mudah

Sebenarnya kamu sudah berhasil dalam melakukan backup chat LINE. Namun rasanya tidak lengkap jika saya membagikan panduan mengenai cara melakukan backup saja, dan tanpa membagikan bagaimana caranya melakukan restore backup tersebut. Oleh karena itu, berikut ini saya juga akan membagikan cara restore hasil backup chat LINE.

1. Instal LINE

Cara Backup Chat LINE
Instal

Pertama-tama kita instal LINE terlebih dahulu dari Google Play Store, namun jika kamu sudah memilikinya, maka kamu bisa skip ke tahap berikutnya. Akan tetapi pastikan LINE yang kamu miliki merupakan versi terbaru.

2. Buka LINE

Cara Backup Chat LINE
Open

Jika sudah menginstal LINE versi terbaru, maka kamu perlu membuka LINE tersebut terlebih dahulu sebelum memulai tahap selanjutnya.

3. Settings

Cara Backup Chat LINE
Settings

Setelah aplikasi LINE terbuka, kamu bisa melanjutkan tahap ini dengan membuka Settings aplikasi LINE. Caranya cukup dengan mengetuk tombol icon gear yang terletak di pojok kanan atas.

4. Chats

Cara Backup Chat LINE
Chats

Jika sudah, tentu kamu akan melihat sejumlah pengaturan lain, bukan? Nah, yang perlu kamu pilih adalah pengaturan Chats untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

5. Back up and restore chat history

Cara Backup Chat LINE
Back up and restore

Untuk melakukan restore chat LINE, dalam menu ini kamu bisa memilih tulisan Back up and restore chat history.

6. Google Account

Cara Backup Chat LINE
Google Account

Selanjutnya klik pada tulisan Google Account. Nah dalam tahap ini pastikan kamu menggunakan akun Google yang tadi kamu gunakan untuk melakukan backup chat LINE.

7. Restore

Cara Backup Chat LINE
Restore

Jika sudah, maka kamu akan melihat sebuah opsi bertuliskan Restore yang terletak di bawah sendiri. Nah, dalam tahap ini yang perlu kamu lakukan hanyalah mengetuk pada tulisan Restore tersebut.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa cara backup dan restore chat LINE yang dapat saya bagikan. Semoga artikel di atas dapat di pahami dengan mudah, dan semoga bisa menjadi sebuah panduan yang baik dan benar bagi semua para pembaca.

Baca Juga