15 Cara Belajar Matematika Agar Tidak Membosankan
Matematika itu sulit? Yah bagi sebagian orang bahkan menjadi mindset pelajar secara umum. Padahal belajar matematika itu bisa menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Anda bisa mencoba cara belajar matematika berikut ini!

Cara belajar matematika itu bisa dilakukan dengan cara yang sangat beragam. Tujuannya adalah untuk membuat matematika tidak menjadi pelajaran yang rumit dan membosankan. Karena pada dasarnya belajar matematika itu adalah kebutuhan dan bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Matematika merupakan ilmu konkrit yang semua perhitungannya adalah dengan berdasarkan benda yang ada atau kejadian yang benar-benar terjadi. Jadi, seharusnya belajar matematika itu mudah.

Untuk membuat belajar matematika itu menjadi mudah anda perlu melakukan beberapa hal. Selengkapnya anda bisa membaca cara belajar matematika agar tidak membosankan berikut ini.

1. Lakukan Perubahan Pola Pikir

15 Cara Belajar Matematika Agar Tidak Membosankan
Pola Pikir

Matematikan selalu dianggap sebagai pelajaran yang susah. Pola pikir ini telah ditertanam pada pelajar dari zaman ke zaman. Jika anda memiliki pola pikir yang sama seperti itu. Maka mulai sekarang lakukan perubahan pola pikir. Karena dengan pola pikir tersebut anda hanya akan membuat matematika menjadi lebih susah lagi.

2. Jadikan Sebagai Kebutuhan

15 Cara Belajar Matematika Agar Tidak Membosankan
Jadikan Kebutuhan

Setelah anda melakukan perubahan pola pikir. Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menjadikan matematika sebagai kebutuhan. Katakan pada diri anda bahwa anda membutuhkan matematika dalam berbagai bidang kehidupan jadi anda harus mempelajarinya. Dengan menjadikannya sebagai kebutuhan anda tidak akan melihat sisi sulitnya.

3. Buat Dalam Bentuk Permainan

15 Cara Belajar Matematika Agar Tidak Membosankan
Metode Permainan

Permainan membuat matematika menjadi menyenangkan. Secara tidak langsung akan merubah pola pikir yang awalnya menganggap susah menjadi sesuatu hal yang menyenangkan. Bahkan dengan berbagai macam permainan yang menarik anda akan terus memainkannya. Salah satu bentuk permainan tradisional yang menggunakan konsep matematika adalah ular tangga. Permainan menggunakan mata dadu ini akan mengajarkan konsep berhitung yang sangat sederhana. 

4. Buat Ilustrasi Cerita

15 Cara Belajar Matematika Agar Tidak Membosankan
Ilustrasi

Sama halnya dengan permainan, sebuah cerita juga akan menarik perhatian. Cerita-cerita sederhana sekalipun akan tetap menjadi menarik. Hal yang perlu diperhatikan dalam konsep cerita adalah penekanan angka-angka dalam cerita yang akan berakhir pada sebuah pertanyaan. Konsep ilustrasi cerita ini sangat sering digunakan bahkan digunakan dalam pembuatan soal ujian.

5. Aplikasikan Dalam Benda atau Kejadian Konkrit

15 Cara Belajar Matematika Agar Tidak Membosankan
Benda Konkrit

Matematika merupakan ilmu konkrit, bukan khayalan. Jadi segala sesuatu yang dihitung dalam matematika pada dasarnya memiliki benda-benda. Misalnya menghitung uang, pada dasarnya uang itu memang benar-benar ada meskipun tidak dilihat pada saat menghitung. Nah untuk membuat pelajaran matematika menjadi lebih mudah lagi, adalah dengan memperlihatkan benda atau kejadiannya. Misalnya dengan meminta untuk menghitung jumlah kelereng maka kelerengnya harus ada pada saat perhitungan, sehingga.

6. Gunakan Poster

15 Cara Belajar Matematika Agar Tidak Membosankan
Poster

Poster merupakan salah satu benda yang biasa digunakan sebagai pelengkap interior ruangan. Poster ini memiliki daya tarik tersendiri karena terpasang di dinding dan sangat mudah untuk dilihat. Jadi anda bisa membuat poster-poster berupa rumus-rumus matematika yang memudahkan anda untuk mengingat rumus-rumus tersebut. Konsepnya adalah semakin sering dilihat maka akan semakin cepat pula dipahami.

7. Ikut Bimbingan Belajar

15 Cara Belajar Matematika Agar Tidak Membosankan
Bimbingan Belajar

Jika ternyata belajar sendiri membuat matematika itu masih terasa sulit. Maka cara yang bisa ditempuh adalah dengan ikut bimbingan belajar. Tempat bimbingan belajar biasanya memiliki metode mengajar praktis yang membuat seseorang mudah memahami matematika. Konsep pembelajarannya juga biasanya dibuat sangat menarik.

8. Privat Di Rumah

15 Cara Belajar Matematika Agar Tidak Membosankan
Privat

Berbeda dengan bimbingan belajar. Privat matematika di rumah akan membuat anda lebih fokus belajar. Anda hanya belajar dengan guru privat saja. Tidak ada teman lain layaknya di sekolah atau tempat bimbingan belajar. Jad, tidak ada yang akan mengalihkan perhatian. Guru privat juga lebih fokus dalam memberikan materi dan mengukur tingkat keberhasilan pelajaran.

9. Kursus Online

15 Cara Belajar Matematika Agar Tidak Membosankan
Kursus Online

Jika anda adalah orang yang memiliki jiwa introvert, tidak ingin terlalu banyak bergaul dengan orang-orang. Maka anda bisa menempuh cara belajar online. Sangat banyak tempat kursus online yang bisa anda pilih. Tentunya anda bebas belajar dimana saja dan kapan saja karena materinya bisa diakses secara online melalui website.

10. Gunakan Aplikasi Smartphone

15 Cara Belajar Matematika Agar Tidak Membosankan
Aplikasi Smartphone

Kemajuan teknologi informasi memudahkan berbagai macam pemenuhan kebutuhan manusia. Salah satunya adalah belajar matematika. Saat ini anda memiliki banyak pilihan aplikasi untuk belajar matematika.

11. Belajar Kelompok

15 Cara Belajar Matematika Agar Tidak Membosankan
Belajar Kelompok

Cara belajar yang menyenangkan dan bisa membuat belajar matematika lebih mudah adalah dengan belajar kelompok. Anda bisa bergabung atau membentuk kelompok belajar yang bisa saling membantu. Semua orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda sehingga bisa saling membantu dalam mengatasi kekurangan dalam pemahaman berbagai rumus matematika.

12. Gunakan Jarimatika

15 Cara Belajar Matematika Agar Tidak Membosankan
Jarimatika

Jarimatika merupakan konsep pembelajaran matematika yang sangat populer. Belajar matematika dengan jarimatika sangat membantu dalam memahami pelajaran matematika dasar mulai penjumlahan sampai perkalian. Dengan cara ini tentunya akan lebih mudah, karena alat bantu yang digunakan adalah bagian tubuh yaitu tangan sendiri.

13. Belajar Secara Bertahap

15 Cara Belajar Matematika Agar Tidak Membosankan
Belajar Bertahap

Salah satu penyebab belajar matematika menjadi sulit adalah karena adanya loncatan materi. Belajar matematika harusnya memiliki tahapan tersendiri. Jadi, penguatan harus dilakukan pada materi dasar kemudian lanjut pada materi berikutnya. Jika belajar matematika dibuat secara terstruktur dan kuat dari dasar maka belajar matematika tidak sesulit yang dibayangkan.

14. Rajin Berlatih

15 Cara Belajar Matematika Agar Tidak Membosankan
Rajin Berlatih

Pepatah ala bisa karena biasa juga berlakua pada cara belajar matematika. Jadi, semakin sering berlatih mengerjakan tugas-tugas matematika maka akan semakin terasa mudah. Jadi untuk bisa menguasai pelajaran matematika dengan cepat harus rajin berlatih.

15. Niat Belajar Matematika

15 Cara Belajar Matematika Agar Tidak Membosankan
Niat Belajar

Kalau mindset (Pola pikir) sudah benar maka kunci untuk belajar matematika kembali pada niat. Seberapa kuat niatnya untuk belajar akan menentukan keberhasilannya dalam menguasai pelajaran matematika. Jangan sampai hanya gagal mengerjakan satu soal saja sudah menyerah. Jadi, perbaiki niat dan lakukan langkah-langkah di atas. Anda akan lebih mudah menguasai pelajaran matematika.

Baca Juga: 15 Cara Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Efektif.

Demikian pembahasan tentang cara belajar matematika. Semoga bisa membantu untuk anda yang masih berpikir kalau matematika itu susah. Selamat mencoba!

Baca Juga