6 Suku Dengan Biaya Pernikahan Termahal di Indonesia
6 Suku Dengan Biaya Pernikahan Termahal di Indonesia

Indonesia memang terkenal memiliki banyak sekali suku bangsa. Karena memiliki banyak suku bangsa, Indonesia juga memiliki banyak ragam budaya, mulai dari makanan, rumah adat, makanan tradisional sampai tari tradisional. Indonesia memang sangat kaya akan hal tersebut.

Selain itu, mahar pernikahan tiap suku pun berbeda. Ada yang terendah sampai yang tertinggi tergantung dari sukunya masing-masing. Sebenarnya biaya pernikahan itu cukup murah, akan tetapi perayaan dan adatnya yang mahal. Bahkan ada beberapa suku di Indonesia yang harus mengeluarkan puluhan bahkan ratusan juta setiap kali melakukan upacara pernikahan.


Mahar pernikahan yang mahal mendapatkan respon yang positif dan negatif. Ada yang setuju dan ada yang tidak setuju. Dibawah ini ada beberapa suku yang kalau mempersunting wanita dari suku tersebut anda harus bekerja lebih ekstra lagi, sebab biaya pernikahannya sangat mahal. Berikut suku tersebut.


1. Gadis Suku Batak

pernikahan adat batak
pernikahan adat batak


Suku Batak terdapat di provinsi Sumatera utara. Tidak mudah untuk mempersunting gadis Batak, kamu benar benar harus kerja lebih keras lagi untuk mengumpulkan biaya pernikahan kalian. Kamu harus membayar mahar yang biasa disebut dengan sinamot kepada orangtua si wanita. Besarnya mahar biasanya ditentukan dari pendidikan dan pekerjaan si wanita. Semakin tinggi gelar si wanita dan semakin bagus pekerjaannya, maka sinamot yang harus dibayar pun harus tinggi. Misalnya untuk wanita yang tama S1 dan bekerja sebagai PNS, maka sinamot yang harus dibayar adalah minimal 50 juta dan bahkan lebih. Itu baru sinamot, belum ikut untuk acara adat. Acara adatnya harus meriah dan semuanya ditanggung oleh pihak keluarga si pria. Selain mahal, acara adat pernikahan di suku Batak juga terbilang sangat ribet. Tapi harga tersebut pasti terbayar karena rata-rata boru Batak mempunyai wajah yang cantik dan hati yang lembut walaupun diluarnya kasar. Bagaimana, sudah siap untuk mempersunting boru Batak?

2. Gadis Aceh

pernikahan adat aceh
pernikahan adat aceh


Gadis aceh juga terkenal memiliki mahar yang sangat tinggi. Berbeda dengan suku Batak, gadis Aceh dilamar menggunakan emas. Banyaknya emas yang diberikan kepada keluarga si wanita juga tergantung, mulai dari 3 mayam sampai 33 mayam. Bahkan ada yang lebih dari 33 mayam. Satu mayam emas di aceh berkisar antara 1,7 juta rupiah. Gak kebayangkan kalau orangtua si wanita meminta mahar anaknya sampai 30 mayam. Itu juga belum ikut biaya resepsi dan biaya pernikahan. Gimana, udah siap melamar cewek Aceh?

3. Gadis suku Nias

pernikahan adat nias
pernikahan adat nias


Suku Nias terletak di provinsi Sumatera Utara. Untuk menikahi wanita dari suku Nias juga harus mengeluarkan uang yang cukup banyak. Untuk menikahi wanita suku Nias, kamu harus membeli babi yang jumlahnya mencapai 25 ekor. Rata rata harga 1 ekor babi itu bisa mencapai 1 juta rupiah. Gak kebayang kalau 25 ekor, berarti kamu harus mengeluarkan uang 25 juta rupiah untuk membeli babi tersebut. Tapi tenang, jika kamu tidak sanggup untuk membeli 25 ekor babi tersebut, kamu bisa mengabdi kepada mertuamu sampai harga 25 ekor babi tersebut bisa lunas. Bagaimana, sudah siap melamar gadis dari suku Nias?

4. Gadis suku banjar

pernikahan adat banjar
pernikahan adat banjar


Untuk menikahi gadis dari suku banjar, kamu harus memberi jujuran atau berupa uang yang telah ditentukan nilainya. Biasanya kamu harus membayar uang sebesar 5-20 juta rupiah, bisa juga lebih. Itu belum ikut pesta pernikahan. Kamu juga harus mempersiapkan peralatan untuk kebutuhan rumah tangga kamu kelak. Misalnya meja, kursi, tempat tidur, rak piring, televisi dan lain lain. Banyaknya tamu undangan yang akan diundang juga tergantung dari seberapa besar jujuran yang kamu beri, semakin banyak kamu memberi jujuran, maka semakin banyak undangan yang akan diundang. Tapi sebaliknya, semakin sedikit jujuran yang kamu beri, maka semakin sedikit undangan yang akan diundang.

5. Gadis suku sasak

pernikahan adat sasak
pernikahan adat sasak


Suku sasak biasanya bertempat di Lombok. Untuk menikahi gadis sasak, kamu harus membayar mahar yang dihitung berdasarkan jarak rumah si pria ke rumah si wanita. Selain dihitung berdasarkan jarak rumah si pria ke rumah si wanita, mahar juga ditentunkan dari status kebangsawanan si wanita, pekerjaan dan juga pendidikan si wanita. Hampir sama dengan tradisi orang Batak. Semakin jauh rumah si wanita dari rumah si pria, maka semakin banyak mahar yang harus dibayar. Dan juga jika pendidikan si wanita tinggi dan pekerjaannya juga tinggi, maka mahar akan bertambah mahal, ditambah lagi jika dia keturunan bangsawan, maka mahar yang harus dibayar pun bisa sangat mahal.

6. Gadis suku bugis

pernikahan adat bugis
pernikahan adat bugis


Suku Bugis berada di wilayah Sulawesi. Untuk bisa menikahi gadis bugis, kamu harus bisa membayar mahar yang sangat mahal. Sama seperti masyarakat Batak, besarnya uang panai dalam masyarakat bugis ditentukkan oleh tingginya pendidikan dan bagusnya pekerjaan si wanita. Semakin tinggi pendidikan si wanita dan semakin bagus pekerjaan si wanita, uang panai yang dibayar bisa sangat mahal. Sebenarnya uang panai tidak terhitung sebagai mahar pernikahan melainkan uang adat yang harus diberikan yang jumlahnya juga bisa ditentukan oleh kesepakatan kedua keluarga. Selain uang panai, si pria juga harus memberikan emas dan tanah kepada keluarga si wanita. Bagaimana, sudah siap meminang gadis suku bugis?

Itulah beberapa suku di Indonesia yang biaya pernikahannya sangat mahal, bahkan ada yang mencapai ratusan juta rupiah. Tapi kalau namanya sudah cinta, apapun pasti akan dilakukan si pria untuk mendapatkan gadis pujaan hatinya, termasuk untuk mencari biaya pernikahan yang sangat mahal itu.

Baca Juga