16 Cara Mempromosikan Produk Secara Mudah dan Praktis
Pada saat kita mempunyai sebuah produk pastinya diperlukan sebuah promosi agar produk dikenal masyarakat. Di samping itu sebuah promosi nyatanya tidak begitu gampang bahkan membutuhkan biaya yang mahal. Namun bila kita mengetahui cara mempromosikan produk secara mudah pastinya kita dapat memperkecil resiko kerugian.

Cara Mempromosikan Produk – Produk adalah barang yang dijual kepada konsumen. Produk sendiri dibutuhkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Selain itu, produk ada yang dibuat secara terbatas bahkan ada yang dibuat tanpa dibatasi. Produk yang unik pastinya akan mudah dibeli konsumen. Selain itu sebuah produk juga diperlukan sebuah promosi. Berikut ini cara mempromosikan produk.

 

1.  Promosi di Web Marketplace

Cara Mempromosikan Produk
Promosi di Web Marketplace

Cara mempromosikan produk yang pertama adalah dengan menggunakan web marketplace.  Marketplace sekarang ini sudah banyak tersedia dikarenakan perkembangan zaman yang sangat cepat bahkan marketplace sedang menjadi booming. Marketplace sendiri ada yang memberikan tempat gratis untuk penjual, adapun ada yang bayar. Bila kamu tidak mau repot untuk mempromosikan produk, marketplace dapat menjadi salah satu solusi untuk dicoba karena tidak perlu bersusah payah untuk membuat banyak traffik ke website.

 

2.  Survey Data Pasar

Cara Mempromosikan Produk
Survey Data Pasar

Sebelum kita mempromosikan produk, hal yang pertama perlu dilakukan adalah mengetahui data pasar. Hal ini bertujuan agar produk yang kita jual masih mempunyai kisaran jumlah berapa pemintaan di tengah masyarakat. Disaat kita mengetahui data kebutuhan permintaan pastinya hal ini tidak akan membuat kita rugi karena kita mengetahui kondisi pasar secara jelas. Cara mencegah kerugian yang sangat besar diperlukan sebuah kecermatan untuk membaca peluang pasar yang ada.  

 

3. Memberikan Insentif

Cara Mempromosikan Produk
Memberikan Insentif

Salah satu cara yang dapat menarik pelanggan untuk datang kepada kita adalah dengan memberikan insentif. Pemberian insentif dapat dilakukan bila pelanggan yang sudah menjadi pelanggan tetap kita mengajak orang lain untuk membeli produk yang kita miliki.  Hal ini pastinya akan membuat semangat pelanggan karena mendapat reward dari kita. Di samping itu jangan pernah melepaskan pelanggan setia dengan produk yang kita jual.

 

4. Bagikan Produk Secara Gratis

Cara Mempromosikan Produk
Bagikan Produk Secara Gratis

Salah satu cara mempromosikan produk yang paling mudah dilakukan adalah dengan memberikan produk secara gratis kepada pelanggan. Hal ini memicu pelanggan untuk membeli lagi di kemudian hari. Bila perlu kita meminta pendapat kepada pelanggan mengenai produk yang diberikan secara gratis itu. Pastinya hal ini dapat membuat perbaikan yang lebih baik untuk di masa depan nanti.

 

5. Promosi di Sosial Media

Cara Mempromosikan Produk
Promosi di Sosial Media

Salah satu yang tidak boleh terlewatkan adalah melakukan promosi melalui sosial media. Sosial media sendiri sudah menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Tanpa berinteraksi dengan sosial media sedikit pun pastinya rasanya akan kurang. Sosial media sendiri tanpa terdiri dari facebook, instagram, twitter, linkedIn dll. Pilihlah sosial media yang sesuai dengan kebutuhanmu sendiri.

 

6.  Sponsor dalam Event

Cara Mempromosikan Produk
Sponsor dalam Event

Bila produk yang kita jual termasuk baru, salah satu promosi yang dapat dilakukan adalah menjadi sponsor dalam sebuah event. Dalam sebuah event bila kita menjadi sponsor dapat memberikan barang yang kita punya. Hal yang kita dapatkan dari sebuah event pastinya dapat memperkenalkan produk kepada pengunjung event. Di samping itu, logo usaha kita akan muncul dalam event.

 

7. Kerjasama dengan Bisnis Lain 

Cara Mempromosikan Produk
Kerjasama dengan Bisnis Lain

Dalam bisnis pastinya kita akan bertemu dengan banyak jenis bisnis lainnya. Di situlah kita dapat memanfaatkan kesempatan untuk memperkuat promosi produk yang kita jual. Caranya dengan melakukan kerjasama dengan bisnis lain. Pilihlah yang memang dibutuhkan untuk operasional usaha. Contohnya bila kita mempunyai produk pakaian yang pastinya dibutuhkan sebuah kurir untuk pengiriman maka kita dapat melakukan kerjasama dengan kurir pengiriman yang telah dipercaya oleh pelanggan. Di samping itu kita juga bisa mendapatkan tambahan dari pelanggan yang sudah setia dengan partner bisnis kita.

 

8. Banner

Cara Mempromosikan Produk
Banner

Salah satu promosi yang sudah sering dilakukan oleh semua orang namun  tidak boleh dilewatkan adalah menggunakan banner. Banner sendiri dapat memberikan informasi kepada orang sekitar mengenai produk yang kita jual. Di samping itu banner dapat ditaruh dimana saja. Banner dapat membuat penasaran orang sekitar untuk mencoba produk yang kita jual.

 

9. Membership

Cara Mempromosikan Produk
Membership

Salah satu keuntungan dengan adanya membership adalah membuat kita tahu secara detil mengenai pelanggan. Di samping itu membuat pelanggan menjadi ingin membeli kembali karena mendapatkan reward jika menjadi member setia. Dengan cara ini pastinya perusahaan akan dibuat kemudahan dalam menggolongkan pelanggan setia produk.

 

10. Free Shipping

Cara Mempromosikan Produk
Free Shipping

Sekarang ini yang dicari oleh pelanggan ketika belanja online adalah free shipping. Free shipping menjadi sebuah alasan seseorang untuk belanja online karena tidak perlu repot untuk belanja keluar rumah. Usaha yang memberikan free shipping kepada pelanggannya pastinya akan lebih disukai dibanding yang tidak memberikan free shipping sama sekali.

 

11. Brosur

Cara Mempromosikan Produk
Brosur

Cara promosi yang masih digunakan saat kita sedang melakukan penjualan dalam suatu event ataupun kegiatan lainnya adalah dengan menggunakan brosur. Brosur dapat diberikan kepada pengunjung tanpa perlu kita menjelaskan satu per satu mengenai produk yang dijual. Di samping itu, brosur sudah menjelaskan produk secara detil.

 

12. Diskon

Cara Mempromosikan Produk
Diskon

Salah satu yang paling ditunggu-tunggu oleh pembeli adalah adanya sebuah diskon. Diskon dapat memberikan rasa antusias konsumen untuk membeli produk sebanyak-banyaknya karena tidak setiap hari diadakan diskon. Selain itu, kegiatan diskon produk dapat mendatangkan konsumen terhadap produk kita.

 

13. Kuis

Cara Mempromosikan Produk
Kuis

Cara yang dapat dilakukan untuk menarik konsumen di media sosial adalah dengan mengadakan kuis. Dengan adanya kuis pastinya banyak orang mencoba untuk meraih hadiah tersebut.  Saat itulah konsumen akan membeli produk kita sebanyak-banyaknya demi meraih juara. Selain itu kita mendapatkan dukungan dalam peningkatan followers dalam media sosial.

 

14. Blog

Cara Mempromosikan Produk
Blog

Cara yang sangat ampuh namun membutuhkan waktu yang cukup lama adalah menggunakan blog. Produk yang kita punya wajib harus mempunyai blog. Dengan blog konsumen dari belahan dunia pun dapat mengenal produk kita tanpa berkunjung ke toko kita sekali pun. Selain itu, cobalah untuk melakukan optimalisasi blog agar menjadi posisi pertama di google.

 

15. Influencer Media Sosial

Cara Mempromosikan Produk
Influencer Media Sosial

Saat ini banyak sekali influencer yang bertebaran di media sosial. Pilihlah influencer yang sesuai dengan produkmu. Untuk menggunakan influencer pastinya kita membutuhkan biaya besar karena influencer mempunyai kekuatan yaitu followers yang banyak. Dengan influencer pastinya kita akan mendapatkan feedback yang menguntungkan dikemudian harinya. 

 

16. Kerjasama dengan Blogger

Cara Mempromosikan Produk
Kerjasama dengan Blogger

Cara mempromosikan produk yang terakhir adalah dengan melakukan kerjasama dengan blogger. Blogger akan memberikan review mengenai produk kita pada blognya yang pastinya akan dibaca oleh pembaca. Dapat pula kita membayar blogger untuk memberikan review produk.  

Loading...

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.