22 Permainan Anak-Anak Jaman Dulu Yang Kini Mulai Di Tinggalkan
Banyak sekali permainan anak-anak jaman dulu yang kini mulai di tinggalkan,mungkin karena jaman sekarang beda dengan jaman dulu,bila anak-anak jaman dulu lebih suka bermain di luar dengan temannya,kalau jaman sekarang anak-anak lebih suka diam sendiri di rumah dengan gadjetnya.

Di jaman sekarang ini anak-anak kecil sudah mengenal benda yang namanya Gadjet atan Handfone yang di dalamnya terdapat banyak sekali permainan,hingga menyebabkan anak-anak lebih suka duduk diam di rumah dengan gadjetnya,dari pada bermain ke luar rumah bersama anak lainnya.

Berbeda dengan jaman dulu,anak-anak sama sekali belum mengenal gadjet atau handphone,dan mereka lebih suka bermain bersama anak-anak lainnya di luar atau di pekarangan rumah mereka,banyak sekali macam-macam permainan yang sering anak-anak mainkan pada jaman dulu seperti,bermain kelereng/gundu,bermain engklek,dan masih banyak permainan tradisional yang sering di mainkan oleh anak-anak jaman dulu,namun sayangnya permainan tradisional itu sudah mulai di tinggalkan pada saat sekarang,karena anak-anak lebih mengenal game yang terdapat di gadjet mereka dari pada permainan tradisional.

Kali ini saya akan membahas tentang permainan anak-anak jaman dulu yang sekarang sudah mulai hilang dan terlupakan,berikut 22 permainan anak-anak jaman dulu yang mulai di tinggalkan.

1.Permainan Gasing

permainan anak anak
Gangsing

Ada yang tahu permainan ini,ya ini adalah permainan gasing,dimana anak-anak saling beradu gasing,siapa yang gasingnya paling lama berputar,itu adalah pemenangnya,permainan ini sangat seru dan membuat anak-anak bahagia,namun sayangnya permainan gasing ini sudah mulai jarang di mainkan anak-anak sekarang.

2.Bermain senapan bambu

permainan anak anak
Senapan bambu

Di sunda biasanya permainan ini di sebut dengan pepeletokan,alat yang di gunakan adalah tembakan yang di buat dari bambu,dan peluruhnya terbuat dari kertas koran atau kertas apa saja yang sudah di basahi,dan di bulat-bulat,lalu di masukkan ke dalam bambu,cara bermainnya yaitu dengan di tembakan ke lawan.

3.Congklak

permainan anak anak
Congklak

Permainan ini juga di kenal dengan permainan dakon,biasanya di mainkan oleh 2 orang saja,jaman dulu permainan ini biasa menggunakan biji-bijian,biji jagung,batu,kerikil,dan juga kerang,namun setelah jaman semakin maju,permainan ini mulai meluas dan orang mulai membuat permainan ini dari pelastik.

4.Bermain engklek

permainan anak anak
Engklek,via harianguru.com

Permainan engklek,pasti ada yang masih ingatkan dengan permainan ini,di sunda permainan ini di sebut permainan sondah,cara bermainnya yaitu,terlebih dulu kita menggambar kotak-kotak di tanah seperti pada gambar,secara bergiliran kita harus melompati kotak-kotak tersebut dengan satu kaki,jangan sampai kaki kita keluar dari garis karena itu yang membuat kita kalah,selain itu kita juga harus membawa genteng kecil,atau uang receh sebagai gacok,sebelum melompati kotak,gacok itu di lempar ke kotak yang kita tuju.

5.Bermain petak umpet

permainan anak anak
Petak umpet

Semua orang pasti tahu permainan ini,permainan ini sangat seru bila di mainkan banyak orang,cara bermainnya yaitu,salah satu anak berhitung dengan menutup mata,dan yang lainnya harus cepat sembunyi,dalam hitungan ke 10,si penghitung sudah harus membuka mata,dan mulai mencari teman-temannya yang sudah bersembunyi.

6.Permainan boi-boian

permainan anak anak
Boi-boian,via kolaga.net

Permainan ini biasanya terdiri dari 2 tim,yang satu tim penyusun genteng yang satunya lagi tim penghancur,cara bermainnya yaitu,tim penyusun harus mematikan tim penghancur dengan melempar bola tenis ke bagian tubuh tim penghancur.

7.Ular tangga

permainan anak anak
Ular tangga

Permainan ini sangat seru,namun sayangnya permainan ini sudah mulai di tinggalkan,cara bermain ular tangga yaitu,pertama yang di lakukan adalah dengan mengocok dadu,dan melemparnya,bila keluar titik 2,berarti kita harus maju 2 kotak,dan bila keluar titik 6,maka kita bisa terus bermain dan mengocok dadunya lagi,di dalam permainan itu ada gambar ular dan ada tangga,ular untuk turun dan tangga untuk naik,pokoknya seru deh permainan yang satu ini.

8.Lompat tali

permainan anak anak
Lompat tali

Permainan ini minimal di lakukan oleh 3 anak,lebih seru bila dilakukan lebih banyak anak,cara bermainnya yaitu,2 orang memegang tali,dan secara bersamaan menggerakan tali tersebut dengan gerakan tangan memutar,yang satu orang lagi melompat-lompat ketika tali di gerakkan,biasanya tali nya terbuat dari gelang karet yang di sambung-sambung menjadi panjang.

9.Layang-layang

permainan anak anak
Layang-layang

Kalian pasti pernah mendengar kata musim layangan kan?dimana banyak sekali orang bermain layangan,mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun,biasanya permainan ini ada saat cuacanya mendukung,tidak saat musim hujan,banyak orang terhibur dengan permainan ini,namun permainan ini sudah jarang sekali terlihat,mungkin anak-anak sekarang lebih suka main perang-perangan di gadjet mereka,dari pada main layang-layangan.

10.Permainan yoyo

permainan anak anak
Yoyo

Permainan yang mulai di tinggalkan selanjutnya adalah permainan yoyo,biasanya yoyo yang di mainkan terbuat dari kayu yang di beri celah di tengahnya untuk di kasih tali yang panjang,kalian juga pasti tahu cara bermainnya kan?permainan ini saat ini sudah jarang di mainkan oleh anak-anak.

11.Permainan kotak pos

permainan anak anak
Permainan kotak pos,via youtube.com

Kalau di sunda,anak-anak sering bermain permainan kotak pos,permainan ini di iringi sebuah nyanyian khas,tujuan dari permainan ini yaitu harus menyebutkan hewan-hewan atau buah-buahan yang berawal dari hurup-hurup,seperti dari hurup "a",ayam,anjing,angsa dan lainnya yang berawalan hurup "a".

12.Permainan do mi ka do

permainan anak anak
Do mi ka do

Permainan ini biasa di mainkan oleh banyak orang,permainan ini termasuk permainan yang cukup unik,cara bermainnya yaitu dengan gerakan seperti menepukkan tangan ke tangan teman,di ikuti oleh yang lainnya,sambil menyanyikan lagu do mi ka do,tangan siapa yang terakhir di tepuk saat lagu berakhir,maka dia harus keluar dan berhenti bermain.

13.Permainan monopoli

permainan anak anak
Monopoli

Permainan yang biasanya terdiri dari 4 pemain ini,memang sudah jarang di mainkan,dari permainan ini kita bisa belajar mengatur strategi untuk membangun aset.

14.Bola bekel

permainan anak anak
Bola bekel

Untuk anak-anak perempuan jaman dulu,pasti tahu dengan permainan yang satu ini,permainan bola bekel biasanya di mainkan minimal oleh 2 orang,lebih banyak yang ikut main lebih seru,namun permainan ini kini sudah jarang terlihat.

15.Permainan ular naga

permainan anak anak
Ular naga

Permainan ini melibatkan banyak orang,dua di antaranya harus berpegangan tangan ke atas,dan yang lainnya menjadi ular,permainan ini juga di barengi dengan nyanyian khas untuk permainan ini,saat lagunya berakhir,maka yang tertangkap harus berhenti dari permainan.

16.Bermain tepuk kartu

permainan anak anak
Tepuk kartu,via youtube.com

Saat ini sudah jarang sekali anak yang bermain tepuk kartu,permainan ini biasanya melibatkan dua orang,cara bermainnya yaitu dengan menepukkan tangan ke lantai di depan kartu yang sudah di tumpuk,agar keluar angin,jika kartu itu terbalik saat di tepuk,maka kartu itu menjadi milik yang menepuk.

17.Lilin mainan

permainan anak anak
Lilin mainan

Mungkin sekarang masih ada anak yang suka bermain lilin mainan,namun sudah jarang sekali,lilin mainan ini biasanya di bentuk sesuai keinginan anak yang memainkannya,bisa hewan,bisa juga buah-buahan atau bisa juga tak berbentuk apapun.

18.Galasin

permainan anak anak
Galasin,via okezone.com

Permainan ini terdiri dari 2 grup,yang setiap grupnya melibatkan 3-5 orang,tujuan dari permainan ini adalah,menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik.

19.Permainan bepe

permainan anak anak
Permainan Bepe

Untuk anak perempuan,bermain bepe adalah permainan yang terpavorit,bepe itu sejenis gambar orang beserta baju-bajunya,yang sering di mainkan anak perempuan jaman dulu,karena jaman sekarang sudah tidak ada lagi.

20.Petak jongkok

permainan anak anak
Petak jongkok,via okezone.com

Permainan ini di mainkan tanpa menggunakan alat bantu apapun,cara bermainnya cukup dengan berjongkok untuk menghindari kejaran lawan.

21.Kelereng/Gundu

permainan anak anak
Gundu/kelereng

Siapa yang tidak tahu permainan ini,walaupun sudah banyak di tinggalkan,namun permainan ini masih tetap di ingat,kelereng adalah benda bulat yang terbuat dari kaca yang di dalamnya terdapat corak yang unik,cara memainkannya yaitu,dengan menggambar sebuah lingkaran di atas tanah,lingkaran tersebut di gunakan untuk menyimpan kelereng dari masing-masing pemain.

22.Jajangkungan/egrang

permainan anak anak
Egrang,via blogspot.com

Kalau di sunda permainan ini di sebut jajangkungan,yaitu bambu yang di buat seperti di gambar,dan di jadikan alat untuk berjalan.

Itulah permainan anak-anak jaman dulu yang sudah banyak di tinggalkan.

Baca Juga