15 Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Secara Alami
Setiap bayi pastinya tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya penyakit batuk karena kekebalan tubuh yang masih lemah sehingga mudah terserang penyakit. Cara mengobati batuk pada bayi sendiri diperlukan kehati-hatian agar tidak membuat fatal pada tubuh bayi.

Cara Mengobati Batuk pada Bayi - Batuk tidak hanya terjadi pada orang dewasa namun batuk juga dapat terjadi pada bayi ataupun anak-anak. Batuk pada bayi sendiri dapat terjadi karena beberapa hal seperti alergi terhadap sesuatu. Untuk mengobati batuk pada bayi sendiri tidak boleh sembarangan karena badan bayi berbeda dengan badan orang dewasa. Berikut ini cara mengobati batuk pada bayi.

1. Minyak Pijat

Cara Mengobati Batuk pada Bayi
Minyak Pijat

Cara mengobati batuk pada bayi yang pertama adalah menggunakan minyak pijat. Minyak pijat tersebut dapat berupa minyak atsiri, minyak zaitun ataupun minyak kayu putih. Hal yang perlu dilakukan dapat dengan cara mencampur minyak kayu putih dengan minyak zaitun. Kemudian usapkan bayi dan tutup tubuh bayi dengan kain bersih. Diamkan hingga badan bayi menjadi hangat.

2. Kunyit

Cara Mengobati Batuk pada Bayi
Kunyit

Kunyit sendiri selalu menjadi andalan untuk pengobatan alami bagi tubuh. Kunyit dapat dimanfaatkan untuk mengobati batuk pada bayi. Cara menggunakan kunyit sebagai pengobatan dengan cara taruh bubuk kunyit pada dada bayi sebelum menyusui. Lakukan hal tersebut dua kali sehari hingga batuk sembuh.

3. Madu

Cara Mengobati Batuk pada Bayi
Madu

Cara traditional yang aman dan mudah dilakukan adalah dengan cara menggunakan madu dengan tambahan lemon. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan 1 sendok madu dan 1 buah lemon. Kemudian peras lemon yang mana airnya yang digunakan sebagai obat. Campur antara lemon dan madu. Berikan ramuan tersebut kepada bayi. Bayi akan merasakan kehangatan pada tenggorokan karena ramuan tersebut.

4. Uap

Cara Mengobati Batuk pada Bayi
Uap

Uap sendiri dapat dilakukan di dalam rumah untuk mengobati batuk pada bayi. Caranya dengan menggunakan kamar mandi sebagai tempat uap. Sebelumnya siapkan bak mandi untuk bayi. Kemudian masukkan air hangat ke dalam bak. Taruh bayi pada bak selama 15 menit. Perlu diperhatikkan agar jangan memberikan air terlalu panas pada bayi karena akan merusak kulit bayi.  

5. Obat Penurun Demam

Cara Mengobati Batuk pada Bayi
Obat Penurun Demam

Salah satu cara lainnya adalah dengan menggunakan obat penurun demam. Obat yang dapat digunakan adalah paracetamol untuk bayi berumur 37 pekan dengan berat lebih dari 4 kg sedangkan untuk bayi berusia lebih dari tiga bulan dengan berat tidak mencapai 5 kg dapat menggunakan ibuprofen.  

6. Istirahat yang Cukup

Cara Mengobati Batuk pada Bayi
Istirahat yang Cukup

Cara yang paling mudah untuk mengobati batuk adalah dengan membuat bayi untuk beristirahat yaitu tidur. Bila bayi memiliki istirahat yang cukup pastinya hal ini akan membuat fisik bayi menjadi kuat. Batuk disebabkan oleh lemahnya fisik badan. Bila bayi mudah tertidur saat digendong maka ada baiknya bila mengendong bayi hingga tertidur. Namun bila bayi mudah tertidur di kasurnya maka bayi biarkan tidur di kasurnya.

7. Makanan yang Meringankan Batuk

Cara Mengobati Batuk pada Bayi
Makanan yang Meringankan Batuk

Faktor pemberian makanan untuk bayi di saat batuk juga sangat mempengaruhi. Bila bayi berusia enam bulan atau kurang maka ibu dapat memberikan ASI ataupun susu formula. Sebaliknya bila bayi menuju umur 1 tahun maka ibu dapat memberikan makanan yang lembut disukai anak. Berhati-hati dalam memberikan makanan juga sangat penting agar batuk bayi tidak menjadi parah.

8. Meninggikan Kepala

Cara Mengobati Batuk pada Bayi
Meninggikan Kepala

Pada saat bayi sedang mengalami lemah karena batuk yang dideritanya. Ibu bisa membantu dengan cara meninggikan kepala bayi. Hal yang pertama dilakukan adalah mencari bantal untuk pondasi kepala bayi menjadi tinggi atau menggunakan handuk dengan cara dilipat sehingga menjadi tinggi saat akan digunakan untuk kepala bayi.

9. Pemberian Cairan Tubuh

Cara Mengobati Batuk pada Bayi
Pemberian Cairan Tubuh

Di saat mengalami batuk pastinya bayi mengalami banyak kehilangan cairan karena kelelahan. Pemberian cairan tubuh sangatlah penting untuk bayi. Orang tua dapat memberikan susu cokelat, air putih ataupun jus. Pemberian tersebut hanya dapat dilakukan untuk bayi berusia 6 bulan ke atas. Sedangkan bila di bawah usia 6 bulan maka ada baiknya bila diberikan ASI ataupun susu formula.

10. Jeruk

Cara Mengobati Batuk pada Bayi
Jeruk

Jeruk memiliki banyak manfaat dalam tubuh. Selain mempunyai kandungan vitamin C, jeruk juga dapat menyembuhkan batuk pada bayi. Jeruk dapat diberikan langsung pada bayi atau dengan cara memeras jeruk terlebih dahulu agar mudah ditelan airnya oleh bayi.

11. Jahe

Cara Mengobati Batuk pada Bayi
Jahe

Jahe adalah obat traditional yang memiliki sejuta manfaat khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Jahe mengandung sifat anti inflamasi, antibakteri serta antitusif. Cara menggunakan jahe sebagai obat dengan cara merebus jahe, kayu manis serta air menjadi satu dalam sebuah panci. Gunakan air perasan untuk diminum oleh bayi. Selain itu dapat ditambahkan madu agar membuat rasa menjadi enak.

12. ASI

Cara Mengobati Batuk pada Bayi
ASI

Salah satu obat yang tak perlu diragukan lagi untuk menghilangkan batuk adalah dengan memberikan ASI. ASI sendiri adalah obat segala penyakit bagi bayi. Ibu perlu memberikan ASI secara intens agar bayi dapat cepat sembuh.

13. Mencuci Tangan

Cara Mengobati Batuk pada Bayi
Mencuci Tangan

Di saat bayi sedang batuk, kebersihan tangan juga perlu dijaga agar penyakit tidak menjadi parah. Di saat batuk mengenai tangan maka yang perlu dilakukan adalah mencuci tangan sang bayi hingga bersih. Hal ini untuk mencegah terjadinya infeksi.

14. Cuka Sari Apel

Cara Mengobati Batuk pada Bayi
Cuka Sari Apel

Cuka Sari Apel ternyata juga berguna untuk menyembuhkan batuk pada bayi. Cuka Sari Apel sendiri hanya perlu diminum oleh bayi. Berikan cuka sari apel sesuai dengan takaran usianya dan tidak berlebihan.

15. Lemon

Cara Mengobati Batuk pada Bayi
Lemon

Cara mengobati batuk pada bayi yang terakhir adalah dengan menggunakan lemon. Lemon yang mengandung rasa asam yang sangat tinggi ternyata juga berguna untuk menyembuhkan batuk pada bayi. Hanya perlu merebus lemon dan jahe selama 10 menit. Kemudian manfaatkan rebusan untuk diminum. Minum rebusan lemon di saat tidak panas agar tidak  membahayakan mulut bayi.

Baca Juga