17 Cara Mengatasi Bayi Pilek dengan Mudah Dan Alami
Penyakit pilek adalah penyakit yang mengeluarkan lendir melalui hidung. Di samping itu penderita terkadang juga merasakan pusing serta demam yang tinggi. Beberapa orang yang mengalami pilek bahkan tidak nafsu untuk makan. Cara mengatasi bayi pilek sendiri dapat dilakukan secara aman bila menggunakan obat-obat tradisional yang sudah dilakukan sejak nenek moyang terdahulu.

Cara Mengatasi Bayi Pilek –  Pilek adalah penyakit yang dapat membuat si penderita menjadi tidak semangat untuk melakukan berbagai aktifitas. Selain itu, pilek terkadang juga membuat badan menjadi demam serta pusing. Pilek sendiri dapat didapatkan oleh orang lain ataupun karena kekebalan tubuh yang sangat lemah. Khususnya pada bayi, pilek dapat disebabkan karena  tidak mendapatkan ASI. Berikut ini cara mengatasi bayi pilek.

1. ASI

Cara Mengatasi Bayi Pilek
ASI

Cara mengatasi bayi pilek yang pertama adalah memberikan ASI. Pemberian ASI kepada bayi adalah wajib dilakukan bagi setiap ibu. ASI sendiri adalah obat mujarab yang akan menyembuhkan bahkan mencegah segala penyakit yang akan menyerang pada bayi.

2. Mencuci Tangan

Cara Mengatasi Bayi Pilek
Mencuci Tangan

Di saat bayi mengalami pilek, tangan bayi perlu diperhatikkan juga karena menyentuh pilek yang berasal dari hidungnya. Hal ini untuk mencegah penyakit yang lainnya untuk menyerang bayi. Bila perlu di saat akan makan, ataupun tidur tangan bayi diwajibkan untuk dicuci dengan bersih.   

3. Jeruk Nipis dan Madu

Cara Mengatasi Bayi Pilek
Jeruk Nipis dan Madu

Cara selanjutnya untuk mengatasi bayi pilek adalah menggunakan jeruk nipis dan madu. Jeruk nipis dan madu dapat menyejukkan tenggorokan bayi. Jeruk nipis dan madu dihidangkan dalam keadaan hangat. Hindari untuk memberikan minuman kepada bayi dalam keadaan sangat panas.

4. Bawang Merah dan Minyak Telon

Bawang Merah

Bawang merah biasanya digunakan untuk menghilangkan demam tinggi serta masuk angin. Campurkan bawang merah dan minyak telon kemudian taruh pada dada, punggung serta perut bayi. Untuk membuat nyaman bayi lakukan pemijitan secara perlahan-lahan untuk membuat tenang. Lakukan hal ini setiap hari hingga pilek sembuh.

5. Garam

Cara Mengatasi Bayi Pilek
Garam

Garam yang biasa digunakan untuk memberikan rasa asam kepada masakan ini ternyata juga dapat menyembuhkan bayi pilek. Garam dipercaya dapat membuat gejala pilek pada bayi untuk cepat sembuh. Caranya sendiri sangat mudah. Garam dibuat larutan untuk disemprotkan ke hidung bayi. Dapat pula dengan menggunakan pipet tetes yang sudah dimasukkan dengan larutan garam. Kemudian teteskan pada hidung sang bayi sebanyak dua tetes. Larutan garam ini berguna untuk mempercepat proses ingus menjadi keluar serta membuat hidung menjadi tenang. Perlu diperhatikkan juga bila garam dihancurkan terlebih dahulu agar menjadi halus.  

6. Istirahat

Cara Mengatasi Bayi Pilek
Istirahat

Salah satu faktor penting agar bayi cepat sembuh dari pileknya adalah memberikan waktu istirahat yang cukup. Pada saat mendapatkan pilek, tubuh bayi semakin lemah karena terlalu fokus kepada pileknya serta membuat bayi menjadi tidak nafsu untuk tidak melakukan aktifitas khususnya makan. Perhatikkan juga apakah pada saat pilek bayi mendapatkan waktu istirahat yang cukup atau tidak. Bila bayi susah tidur lakukan kegiatan yang membuat dirinya untuk cepat tidur seperti bermain dengan benda kesayangannya. Hal ini akan membuat bayi lelah dan ingin segera tidur.  

7. Posisi Tidur

Cara Mengatasi Bayi Pilek
Posisi Tidur

Ketika bayi tidur, posisi tidur juga perlu diatur agar proses penyembuhan menjadi cepat. Posisi tidur yang baik ketika pilek adalah miring. Hal ini untuk mempermudah bayi untuk bernafas. Ketika bayi sedang merasa ngantuk, orang tua dapat menaruh bayi di tempat tidur dengan cara memiringkannya. Bila bayi tidur dalam keadaan telentang pastinya hal ini akan membuat keadaan pilek semakin parah.   

8. Memijat Hidung

Cara Mengatasi Bayi Pilek
Memijat Hidung

Salah satu cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mengatasi bayi pilek adalah dengan cara memijat hidung bayi. Pemijatan dilakukan dari hidung, alis hingga wajahnya. Memijat hidung dapat membuat ingus untuk cepat keluar. Namun perlu diperhatikan bila tidak mengetahui cara memijat hidung dengan benar maka  hindari hal ini yang mana akan membuat pilek menjadi lebih parah bahkan cedera.   

9. Uap Alami

Cara Mengatasi Bayi Pilek
Uap Alami

Uap alami dapat bersumber dari uap panas. Untuk melakukannya di rumah kamu dapat menggunakan air panas yang di taruh dalam baskom. Dekatkan bayi dengan baskom tersebut. Namun perlu berhati-hati agar tidak terlalu dekat agar tidak terkena air panas. Uap panas dapat membuat hidung menjadi lega serta memperlancar pernafasan agar menjadi lancar. Lakukan hal ini sebanyak dua kali dalam sehari saat pilek datang pada bayi.

10. Bersihkan Hidung

Cara Mengatasi Bayi Pilek
Bersihkan Hidung

Bayi pada umumnya tidak bisa membersihkan pileknya dengan tangannya sendiri. Di sinilah peran orang tua diperlukan untuk membersihkan pilek dari hidungnya. Hidung adalah jalur utama untuk bernapas. Bila hidung terisi dengan ingus pastinya hal ini juga akan mempengaruhi proses pernapasannya. Untuk membersihkan ingus pada bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena dapat membuat cedera. Dapat dilakukan menggunakan alat kecil yang dikhususkan untuk membersihkan bayi di toko obat.

11. Meninggikan Kepala

Cara Mengatasi Bayi Pilek
Meninggikan Kepala

Pada saat akan tidur, kepala bayi perlu ditinggikan agar mempermudah bayi untuk bernapas. Di samping itu juga akan memperlancar ingus untuk keluar dari hidung. Cara untuk meninggikan kepala di saat tidur dengan membuat ganjelan kepala yang lebih tinggi dari badan. Dapat dengan cara menggunakan bantal ataupun dengan melipat handuk.

12. Minyak Kelapa

Cara Mengatasi Bayi Pilek
Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang digunakan untuk menyembuhkan pilek pada bayi adalah dengan menggunakan minyak kelapa organik. Minyak kelapa dapat membuat badan bayi menjadi hangat dan nyaman. Gosokkan minyak kelapa pada kaki, punggung serta hidung bayi. Hindari untuk memberikan minyak kelapa pada tangan bayi agar tidak terkucek pada mata yang mana akan membuat perih mata.

13. Gunakan Humidifier

Cara Mengatasi Bayi Pilek
Gunakan Humidifier

Penggunaan humidifier untuk ruangan berfungsi untuk menenangkan bayi pada saat tidur. Humidifier sendiri dapat diberikan beberapa tetes aroma minyak alami yang mana bisa membuat tenang bayi saat tidur dan tidak selalu ingin nangis. Bila ruangan menggunakan AC, ada baiknya dimatikan atau dikecilkan suhunya untuk tidak memperparah keadaan pilek.

14. Minum Probiotik

Cara Mengatasi Bayi Pilek
Minum Probiotik

Minum probiotik sendiri dikhususkan untuk ibu yang sedang menyusui bayi. Pemberian probiotik sendiri berguna untuk memberikan kekebalan tubuh sang ibu. Apapun yang dimakan oleh ibu pastinya hal ini akan mempengaruhi ASI yang diberikan kepada bayi.

15. Obat Medis

Cara Mengatasi Bayi Pilek
Obat Medis

Bila pilek tak kunjung sembuh dalam waktu beberapa lama, ada baiknya bila orang tua mengajak bayi ke dokter untuk melakukan pengobatan secara detil. Dapat pula dengan menggunakan obat untuk penyembuhan yang mana sudah diberikan resep oleh dokter.

16.  Menurunkan Demam

Cara Mengatasi Bayi Pilek
Menurunkan Demam

Bayi pilek biasanya disertai dengan demam. Bila demam turun biasanya pilek pada bayi juga akan sembuh dengan sendirinya. Orang tua dapat mengompres kain dengan air hangat  yang ditempelkan pada jidat bayi.  

17. Kunyit

Cara Mengatasi Bayi Pilek
Kunyit

Cara mengatasi bayi pilek yang terakhir adalah dengan memanfaatkan kunyit. Selain untuk mengobati pilek, kunyit juga dapat mencegah kanker. Bubuk kunyit dapat diolah dengan dicampurkan oleh susu ataupun dengan mengoleskan bubuk kunyit pada tempat yang biasanya digunakan oleh bayi untuk menyusui.


Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.