17 Makanan Sehat Untuk Anak,Yang Dapat Mencerdaskan Otak Si Kecil
Sebagai orang tua,kita harus pintar memilih-milih makanan untuk anak,karena orang tua di tuntut untuk dapat mengoptimalkan kemampuan otak anak,yaitu salah satunya dengan cara memberikan makanan sehat untuk anak,seperti sayur-sayuran,buah-buahan serta kacang-kacangan,agar anak cerdas dan sehat.

Masa anak-anak adalah masa pertumbuhan,dimana orang tua di tuntut untuk dapat mengoptimalkan kemampuan anak.

Untuk dapat mengoptimalkan kemampuan otak anak,orang tua harus pintar-pintar memilih makanan untuk anak,karena masa kanak-kanak adalah masa pertumbuhan.

Sebagai orang tua tentunya kita harus memberikan makanan yang kaya akan nutrisi dan gizi yang cukup,karena makanan yang dia makan berpengaruh pada pertumbuhan dan kemampuan otak anak.

Nah agar bunda sekalian tidak memilih makanan yang salah,kali ini saya akan membahas mengenai,makanan sehat untuk anak yang baik untuk pertumbuhan,dan di percaya dapat mencerdaskan otak anak,yuk simak ulasannya sebagai berikut.

1.Buah-buahan

makanan sehat untuk anak
Buah-buahan

Buah-buahan memang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita,terutama untuk kesehatan,karena di dalam buah-buahan terkandung banyak sekali nutrisi dan vitamin,serat serta mineral alami,nah agar pertumbuhan anak kita baik,maka berikanlah anak kita buah-buahan setiap hari,karena pada dasarnya seluruh buah-buahan itu baik dan menyehatkan untuk anak-anak dan balita.

2.Gandum

makanan sehat untuk anak
Gandum

Otak membutuhkan suplai glukosa dari tubuh yang bersifat harus terus menerus,sehingga tubuh kita membutuhkan makanan yang kaya akan serat,seperti gandum.

Menurut penelitian,gandum memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak,gandum memiliki kandungan Vitamin A,Vitamiin B6,dan Vitamin E,mineral,serat,kalsium,zat besi,serta tokotrienol yang dapat menurunkan kolestrol dalam darah.

Gandum sangat baik bila di konsumsi oleh anak-anak,karena selain baik untuk pertumbuhan anak,gandum juga bisa melancarkan pencernaan,seperti susah BAB.

3.Kacang-kacangan

makanan sehat untuk anak
Kacang-kacangan

Kacang-kacangan terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak,karena kacang-kacangan mengandung banyak vitamin,mineral serta kaya akan serat,dan asam lemak omega-3.

4.Selai kacang

makanan sehat untuk anak
Selai kacang

Kandungan thiamin dan vitamin E yang terkandung dalam selai kacang terbukti dapat melindungi membran sel saraf,dan membantu otak dan sistem saraf dalam pengelolaan glukosa untuk membentuk energi yang di butuhkan oleeh tubuh.

5.Susu

makanan sehat untuk anak
Susu

Susu mengandung protein dan kalsium yang tinggi,protein dan kalsium sangat di butuhkan oleh tubuh kita,terutama anak-anak,protein berfungsi untuk mambantu tubuh membentuk jaringan otak sedangkan kalsium berfungsi untuk menjaga kekuatan gigi dan tulang.

6.Salmon

makanan sehat untuk anak
Salmon

Ikan salmon sangat baik sekali di konsumsi oleh anak-anak dan balita,karena ikan salmon mengandung lemak omega-3 yang berfungsi untuk menjaga perkembangan otak,menurunkan resiko inflamasi,serta mencegah depresi.

7.Telur

makanan sehat untuk anak
Telur

Makanan sehat untuk anak berikutnya adalah telur,telur di percaya dapat membantu tubuh menyerap kalsium,karena kandungan kalsium dan vitamin D yang terdapat dalam telur.

8.Tomat

makanan sehat untuk anak
Tomat

Tomat adalah makanan sehat untuk anak yang berikutnya,tomat terbukti bagus untuk kesehatan tubuh anak,masaklah tomat terlebih dahulu sebelum di konsumsi,tomat mengandung zat yang bernama lycopene,yang merupakan antioksidant pelawan kanker.

9.Kayu manis

makanan sehat untuk anak
Kayu manis

Kayu manis adalah rempah yang bisa memberikan energi pada anak,kayu manis sangat di butuhkan anak-anak karena untuk menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh.

10.Yogurt

makanan sehat untuk anak
Yogurt

Jangankan anak kecil,orang dewasa pun pasti suka dengan cemilan yang satu ini,yogurt mengandung bakteri baik yang berfungsi menjaga pencernaan,dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

11.Coklat hitam

makanan sehat untuk anak
Coklat hitam

Coklat hitam atau coklat asli memang rasanya sedikit pahit,namun di balik rasa pahitnya itu,coklat hitam mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kecerdasan otak anak.

Coklat hitam mengandung flaponoid yang berkhasiat untuk menurunkan resiko dimensia dan melindungi otak dari kerusakan,namun konsumsilah coklat hitam secara teratur dan jangan berlebihan,karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

12.Brokoli

makanan sehat untuk anak
Brokoli

Brokoli sangat kaya akan nutrisi dan gizi,brokoli juga mengandung kolin dan mengandung Vitamin C dan K,yang bagus untuk kesehan dan kecerdasan anak,serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Berikanlah anak makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi,seperti brokoli ini,karena selain menyehatkan tubuh anak,brokoli juga baik untuk meningkatkan kinerja otak anak.

13.Oatmeal

makanan sehat untuk anak
Oatmeal

Oatmeal sangat bagus di konsumsi oleh anak-anak,karena oatmeal kaya akan nutrisi yang dapat memberikan energi untuk otak,siapkan oatmeal sebagai menu sarapan pagi untuk anak.

Selain itu oatmeal juga mengandung Vitamin B dan E,serta mengadung serat,seng dan kalium yang membantu fungsi otak agar mampu bekerja lebih maksimal.

14.Buah berry

makanan sehat untuk anak
Buah berry

Buah berry adalah buah-buahan yang bagus untuk anak karena kaya akan nutrisi untuk otak anak,buah berry,seperti blue berry,strawberry,dan juga cerry,selain rasanya yang nikmat dan menyegarkan,buah-abuahan berry ini juga memiliki vitamin dan mineral yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja otak dan memory,jadikanlah buah berry ini jus yang enak di nikmati saat anak selesai bermain.

15.Daging segar

makanan sehat untuk anak
Daging segar

Daging mempunyai manfaat yang sangat besar bagi si kecil,karena lemak omega-3 nya yang terkandung dalam daging segar,dapat meningkatkan perkembangan otak anak,namun jangan konsumsi berlebihan,karena kalau mengkonsumsi daging secara berlebihan,akan berdampak tidak baik untuk anak.

16.Sayuran berwarna

makanan sehat untuk anak
Sayuran berwarna

Sayuran memang sangat banyak sekali manfaatnya bagi tubuh,sayuran yang berwarna,seperti kubis merah,bayam,wortel,kangkung dan sayur lainnya,mengandung antioksidant yang sangat tinggi yang juga berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kekuatan otak.

17.Kunyit/Curcumin

makanan sehat untuk anak
Kunyit/Curcumin

Kunyit atau curcumin baik di konsumsi oleh anak,karena curcumin dapat melawan peradangan dan pembentukan plak blok alzheimer,konsumsilah kunyit yang di campur dengan madu,untuk menjadikan otak anak cerdas.

Itulah 17 makanan sehat untuk anak,yang dapat mencerdaskan otak anak,pintar-pintarlah dalam memberikan makan pada anak,agar anak tumbuh dengan baik,sehat serta cerdas.

Baca Juga