15 Ciri ciri Anak Cacingan yang Dapat dikenali
Cacingan pada anak nyatanya sangat berbahaya bila ditangani secara lambat. Orang tua sendiri harus memberikan pengobatan secara dini bila anak sudah terserang cacingan. Untuk memastikan anak terserang atau tidak dengan cacingan pastinya orang tua harus mengetahui ciri ciri anak cacingan dengan bertanya kepada yang ahlinya.

Ciri ciri Anak Cacingan –  Cacingan adalah penyakit yang bisa diderita oleh anak-anak maupun orang dewasa. Cacingan biasanya terjadi pada anak yang sudah memasuki sekolah. Cacingan pada anak ternyata sangat mudah dikenali bila orang tua sangat memperhatikkan perilaku anak secara detil. Cacingan sendiri sangat berbahaya bila dibiarkan tumbuh pada tubuh sang anak. Berikut ini ciri-ciri anak cacingan.  

 

1. Mudah Mengantuk

Ciri ciri Anak Cacingan
Mudah Mengantuk

Ciri ciri anak cacingan yang pertama adalah anak mudah mengantuk. Bila anak mudah mengantuk pada waktu yang tidak wajar, orang tua perlu mengecek kondisi anak tersebut ke dokter. Jam tidur anak biasanya terjadi pada siang hari setelah makan siang dan pada malam harinya. Namun bila anak mudah tidur di saat tidak ada aktifitas padat maka bisa saja itu terjadi karena penyakit cacingan sudah hinggap di dalam tubuh  yang mana merusak metabolisme tubuh.

 

2. Sakit Perut

Ciri ciri Anak Cacingan
Sakit Perut

Bila anak mengalami sakit perut yang wajar bahkan membuat anak menangis bisa saja penyakit cacingan sudah menjadi parah. Hal yang perlu dilakukan hanya perlu ke dokter untuk dilakukan tindak lanjut. Selain penyakit cacingan menjadi parah, anak bisa juga terkena penyakit lainnya seperti diare, ataupun penyakit perut lainnya.  

 

3. Lemah dan Mudah Sakit

Ciri ciri Anak Cacingan
Lemah dan Mudah Sakit

Apakah kamu pernah melihat anak yang suka makan namun tidak tumbuh-tumbuh. Bisa saja anak mendapatkan cacingan karena metabolisme badan menjadi lemah karena dimakan oleh cacing. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah melakukan pengobatan ke dokter untuk penyembuhan. Bila cacingan diatasi dengan tepat pastinya cacingan bisa hilang dari tubuh.

 

4. Keluar dari Anus

Ciri ciri Anak Cacingan
Keluar dari Anus

Salah satu tanda yang menandakan adanya cacingan adalah keluarnya cacing dari anus anak. Bila orang tua ingin memastikan secara pasti dengan melihatnya setelah membuang air besar. Disisi lain anak juga suka menggaruk bokongnya karena merasa gatal. Bila hal ini telah terjadi pada anak maka sudah dipastikan bahwa anak menderita cacingan.  

 

5. Susah Tidur

Ciri ciri Anak Cacingan
Susah Tidur

Bila pada malam harinya anak susah tidur karena tidak tidur siang hal ini bukanlah hal yang wajar. Anak yang tidak tidur siang biasanya akan mudah tidur di malam harinya. Selain itu anak semakin rewel dan cerewet karena rasa gatal yang diderita pada bokongnya. Oleh karena itu peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membantu sang anak.  

 

6. Iritasi Kulit

Ciri ciri Anak Cacingan
Iritasi Kulit

Tanda yang dapat jadi patokan bila terjadinya cacingan yaitu anak mengalami iritasi kulit di sekitar anus. Hal ini terjadi karena anak mengalami gatal dan tidak tahan untuk menggaruknya sehingga timbul iritasi kulit. Bila anak semakin rewel  karena rasa perih yang sangat tajam maka perlu diberikan pengobatan yang tepat agar tidak membuat keadaan semakin parah.

 

7. Sering Menggaruk Anus

Ciri ciri Anak Cacingan
Sering Menggaruk Anus

Apabila suatu hari anda melihat anak sedang menggaruk anus bisa saja hal ini terjadi karena cacingan sedang tumbuh menjadi subur sehingga membuat gatal si anak. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan membersihkan anus. Bila perlu melakukan pengobatan yang teratur untuk penyembuhan.

 

8. Meludah

Ciri ciri Anak Cacingan
Meludah

Bila anda melihat anak suka meludah tanpa sakit tenggorokan ataupun batuk maka bisa saja hal ini disebabkan karena cacing tumbuh di dalam perut anak. Cacing yang tumbuh dalam perut anak juga membuat anak untuk sering meludah. Bahkan air liur yang dikeluarkan bisa melebihi batas normal.

 

9. Badan Terlalu Kurus

Ciri ciri Anak Cacingan
Badan Terlalu Kurus

Anak yang tidak mempunyai nafsu makan bisa juga disebabkan oleh adanya cacing di dalam tubuh. Bahkan bila anak sudah diberi vitamin agar memiliki nafsu makan namun tidak memiliki perubahan bisa jadi hal ini karena cacingan. Oleh karena itu untuk memastikan ada baiknya bila orang tua melakukan pengecekan ke dokter.

 

10. Batuk

Ciri ciri Anak Cacingan
Batuk

Semua anak pastinya pernah merasakan yang namanya batuk. Namun bila batuk yang dirasakan anak berbeda dari batuk biasanya bahkan waktunya sangat lama bisa jadi cacingan masuk ke dalam tubuh. Cacingan sendiri bisa saja masuk melalui mulut sehingga tertelan oleh anak. Oleh karena itu perlu perhatikkan setiap benda yang akan masuk ke dalam mulut anak karena kuman bisa saja masuk dengan mudah.

 

11. Wajah Pucat

Ciri ciri Anak Cacingan
Wajah Pucat

Wajah pucat pada anak menandakan bahwa anak tidak sehat. Bila anak memiliki nafsu makan yang tinggi namun wajah masih pucat bisa jadi makanan tidak sampai ke dalam perut dengan baik karena telah dimakan oleh cacing perut.  

 

12. Nyeri Perut

Ciri ciri Anak Cacingan
Nyeri Perut

Bila anak sering mengalami nyeri di perut hal ini bisa disebabkan karena menderita cacingan. Orang tua tidak boleh menyepelekan jika anak sering merintih kesakitan di daerah perutnya. Selain itu hal yang perlu dilakukan oleh orang tua adalah membawa anak ke dokter untuk pengobatan.

 

13. Kekurangan Darah

Ciri ciri Anak Cacingan
Kekurangan Darah

Selain cacing tumbuh di dalam perut anak, cacing juga akan menghisap darah sang anak. Hal ini menyebabkan anak kekurangan darah serta anak menjadi kekurangan nutrisi makanan. Hal ini sangat diperparah bila orang tua telat mengetahui untuk melakukan pengobatan.

 

14. Pernapasan Terganggu

Ciri ciri Anak Cacingan
Pernapasan Terganggu

Selain cacing menghisap darah serta memakan makanan yang dimakan oleh anak, cacing juga dapat membuat pernapasan anak menjadi terganggu. Bila cacing sudah masuk organ tubuh lainnya pastinya hal ini perlu penanganan medis yang cukup serius.

 

15. Mual dan Muntah-muntah

Ciri ciri Anak Cacingan
Mual dan Muntah-muntah

Ciri ciri anak cacingan yang terakhir adalah anak mengalami mual serta muntah-muntah. Anak mual dan muntah  biasanya terjadi karena belum makan diakibatkan perut kosong. Namun bila anak sudah makan namun mengalami mual dan muntah-muntah dengan waktu yang tidak wajar bisa saja hal ini sebabkan oleh cacing perut.

Baca Juga