15 Cara Mengatasi Bayi Susah Bab dengan Mudah Dan Aman
Bayi sendiri memiliki pencernaan yang sangat berbeda dengan orang dewasa. Selain itu, bayi tidak boleh sembarangan untuk mengkonsumsi makanan ataupun minuman karena tidak semuanya cocok. Bahkan bila makanan dan minuman yang tidak cocok pastinya hal ini akan mempengaruhi pada pembuangannya. Cara mengatasi bayi susah bab sendiri dapat dilakukan secara alami.

Cara mengatasi bayi susah bab – Setiap hari manusia harus melakukan bab untuk mengeluarkan kotoran jahat yang ada pada tubuh melalui anus. Bila sehari saja tidak  melakukan bab pastinya tubuh akan merasa aneh. Bab sendiri sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun tidak semua  bab dapat mengeluarkan bab dengan mudah karena faktor tertentu. Sama halnya dengan bayi, bayi juga perlu melakukan bab. Namun tidak semua bayi mengeluarkan bab dengan baik. Berikut ini cara mengatasi bayi susah bab.

 

1. Air Hangat

Cara Mengatasi Bayi Susah Bab
Air Hangat

Cara mengatasi bayi susah bab yang pertama adalah dengan menggunakan air hangat. Bila bayi mengalami susah bab pastinya hal ini berkaitan dengan masalah percernaannya. Untuk memperlancar percernaan bayi agar lancar bab dapat menggunakan air hangat. Air hangat tersebut perlu dicampur dengan madu. Kemudian berikan pada bayi. Hindari memberikan bayi dengan air yang sangat panas.

 

2. Mandi Air Hangat

Cara Mengatasi Bayi Susah Bab
Mandi Air Hangat

Bila bayi biasa mandi dengan air dingin, mandi air hangat dapat menjadi solusi untuk memperlancar bayi agar bab. Hal ini sangat mudah dilakukan dan sangat manjur untuk membantu bayi ketika bab. Selain itu, jangan terlalu lama ketika mandi dengan air hangat yang mana dapat membuat masuk angin sang bayi.

 

3. Pijat

Cara Mengatasi Bayi Susah Bab
Pijat


Selain orang dewasa yang mendapatkan pijatan, bayi pun juga bisa mendapatkan pijatan dengan ketentuan tertentu. Di saat bayi mengalami susah bab, orang tua dapat memberikan pijatan pada organ tertentu seperti perut ataupun kaki dengan minyak telon. Bila orang tua tidak mengetahui cara melakukan pijatan dengan benar, bertanyalah kepada orang yang ahli.

 

4. Menggerakkan Kaki

Cara Mengatasi Bayi Susah Bab
Menggerakkan Kaki

Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh orang tua ketika bayi mengalami susah bab adalah dengan menggerakkan kaki sang bayi seperti mengayuh sepeda secara perlahan. Hal ini berguna untuk memberikan kenyamanan dan merefleksikan bayi tersebut. Di samping itu, membantu usus sang bayi untuk melakukan bab.

 

5. ASI

Cara Mengatasi Bayi Susah Bab
ASI

Tak ada yang menyangka bila ASI dari seorang ibu adalah obat untuk sang bayi. ASI ibu sendiri mengandung kolostrum yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Di saat bayi sakit, bayi wajib memberikan ASI secara penuh dan hindari untuk memberikan susu formula. Di samping itu, ibu sendiri juga perlu mengkonsumsi banyak sayuran dan buah untuk memberikan kelancaran ASI kepada sang bayi.

 

6. Pepaya

Cara Mengatasi Bayi Susah Bab
Pepaya

Pepaya sendiri dipercaya untuk memperlancar usus besar. Hal ini dikarenakan pepaya mempunyai serat yang tinggi. Pepaya  dapat menyembuhkan bayi yang susah bab. Caranya hanya perlu menghaluskan pepaya atau membuat jus pepaya. Bila perlu minum jus pepaya setiap harinya.

 

7. Lidah Buaya

Cara Mengatasi Bayi Susah Bab
Lidah Buaya

Selain dimanfaatkan untuk perawatan wajah ataupun rambut, lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk mengobati bayi yang susah bab. Caranya hanya perlu mengambil daging lidah buaya lalu rebus dengan 1 gelas air. Kemudian tambahkan 2 sendok madu. Minumkan pada bayi selagi hangat.

 

8. Air Minum

Cara Mengatasi Bayi Susah Bab
Air Minum

Beberapa bayi sudah ada yang diperbolehkan untuk meminum air putih. Bagi bayi, air putih adalah faktor penting untuk melancarkan bab. Di saat bayi kekurangan air pastinya hal ini akan mempengaruhi proses babnya. Oleh karena itu, bayi perlu minum air putih dengan takaran yang sewajarnya.

 

9. Makanan Sehat

Cara Mengatasi Bayi Susah Bab
Makanan Sehat

Bayi sendiri perlu mendapatkan asupan makanan sehat untuk proses pertumbuhannya apalagi sayuran hijau. Hal ini sangat membantu bayi dalam bab. Selain sayuran, bayi juga memerlukan asupan buah. Beberapa buah dapat mempermudah pencernaan pada bayi.

 

10. Tidak Memberi Bubur

Cara Mengatasi Bayi Susah Bab
Tidak Memberi Bubur

Ketika bayi sudah dapat mengunyah makanan yang lain seperti bubur namun bayi mengalami susah bab, lakukan perberhentian terlebih dahulu. Hal yang dibutuhkan bayi ketika bayi susah bab adalah ASI serta makanan pendamping yang dapat memberikan kemudahan untuk bab.

 

11. Mengganti Susu Formula

Cara Mengatasi Bayi Susah Bab
Mengganti Susu Formula

Bila bayi hanya minum susu formula dan mengalami susah bab pastinya hal ini ada ketidakcocokan antara bayi dengan susu formula. Susu formula sendiri memiliki kandungan yang tidak semua tubuh bayi dapat menerimanya. ASI ataupun susu formula mempunyai efek yang berbeda pada bayi. Oleh karena itu, di saat bayi merasa tidak cocok dengan susu formula maka waktunya untuk mengganti susu formula dengan merek yang lain.

 

12. Laksatif Alami

Cara Mengatasi Bayi Susah Bab
Laksatif Alami

Di saat bayi mengalami susah bab, orang tua dapat memberikan laksatif alami. Laksatif alami biasanya dimiliki pada buah. Buah-buahan sendiri perlu diolah menjadi jus agar dapat dikonsumsi dengan mudah oleh bayi. Bayi sendiri membutuhkan banyak serat agar mempermudah proses babnya.

 

13. Minyak Bayi

Cara Mengatasi Bayi Susah Bab
Minyak Bayi

Setiap bayi pastinya pernah merasakan susah bab. Saat susah bab itu datang pastinya hal ini akan menyusahkan sang bayi. Orang tua dapat memberikan minyak bayi dengan cara mengolesinya di sekitar anus. Hal ini untuk mempermudah pencernaan dan mengobati bila ada luka pada anus bayi. Bila bayi mengalami luka yang cukup parah lakukan pengobatan dengan segera.

 

14. Kegiatan Aktif

Cara Mengatasi Bayi Susah Bab
Kegiatan Aktif

Bayi sendiri juga perlu melakukan kegiatan aktif untuk proses pencernaan. Di saat bayi aktif bergerak pastinya hal ini juga mempengaruhi pencernaan bayi. Berbeda bila bayi tidak bergerak pastinya hal ini akan mempengaruhi pada otot-otot badan. Pastikan bayi melakukan banyak kegiatan yang sesuai dengan kebutuhannya.  

 

15. Konsultasi Dokter

Cara Mengatasi Bayi Susah Bab
Konsultasi Dokter

Cara mengatasi bayi susah bab yang terakhir adalah berobat ke dokter. Bila anda sudah melakukan berbagai cara dengan bahan-bahan alami namun bayi tidak kunjung sembuh ada baiknya bila melakukan konsultasi ke dokter. Hindari memberikan obat-obatan yang bukan anjuran dokter. Selain itu bayi sendiri memiliki tubuh yang sensitif sehingga diperlukan sebuah kehati-hatian untuk merawat bayi.

 

Baca Juga