18 Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Yang Orang Tua Harus Ketahui
Anak berkebutuhan khusus memiliki beberapa karakteristik yang dapat diamati oleh orang disekitarnya. Apa saja karakteristik tersebut? Simak dalam ulasan berikut ini.

Anak dengan kebutuhan khusus adalah kategori anak istimewa yang membutuhkan perhatian dan kasih sayang ekstra. Kebutuhan khusus pada anak dapat disebabkan beberapa faktor seperti gangguan pada masa kehamilan hingga kecelakaan saat tumbuh kembang anak. Biasanya anak dengan kebutuhan khusus memiliki kecenderungan IQ dibawah rata rata atau memiliki kelainan pada fisiknya. Berikut ini adalah beberapa karakteristik anak dengan kebutuhan khusus yang perlu orang tua ketahui.

1) Sulit Dalam Melakukan Komunikasi

18 Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus
Sulit Dalam Melakukan Komunikasi

Anak dengan kebutuhan khusus kerap mengalami kesulitan ketika melakukan komunikasi dengan orang lain, bahkan orang terdekat. Hal ini terjadi karena anak dengan kebutuhan khusus memang tidak suka membuka diri dan mempelajari hal baru. Pada anak usia dini karakteristik sulit dalam melakukan komunikasi ini akan dengan mudah diamati, jika anak usia dini mengalami kesulitan saat berkomunikasi seperti menirukan ucapan yang biasa dia dengar, dan perkembangan peniruan ucapannya jauh dibawah anak pada umumnya maka ada kemungkinan anak tersebut masuk kedalam anak berkebutuhan khusus.

2) Mengalami Kesulitan Dalam Belajar

18 Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus
Mengalami Kesulitan Dalam Belajar

Kesulitan dalam belajar merupakan salah satu karakteristik anak dengan kebutuhan khusus. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor gangguan, misalnya gangguan pada otak yang menyebabkan sang anak memiliki kemampuan berpikir dibawah rata rata.

3) Memiliki Kelainan Pada Fisik

18 Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus
Memiliki Kelainan Pada Fisik

Salah satu pembeda anak dengan kebutuhan khusus dengan anak pada umumnya adalah adanya kelainan pada fisik sang anak, yang membuat dirinya merasa berbeda dengan yang lain. Kelainan fisik ini dapat terjadi pada masa kehamilan, proses melahirkan ataupun saat tumbuh kembang.

4) Memiliki Kecenderungan Sikap Membangkang

18 Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus
Memiliki Kecenderungan Sikap Membangkang

Anak dengan kebutuhan khusus memiliki karakteristik kecenderungan untuk membangkang. Anak dengan kebutuhan khusus tidak dapat membedakan apakah yang dilakukannya itu bahaya, salah atau benar, dia akan melakukan apapun yang dia inginkan dan ketika orang lain melarang atau menasehatinya, anak dengan kebutuhan khusus akan membangkang dan menolak dengan cara memberontak.

5) Mengalami Kesulitan Membaca dan Menulis

18 Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus

Pada beberapa kasus, anak dengan kebutuhan khusus mengalami kesulitan dalam mengekspresikan diri melalui tulisan dan memiliki kecenderungan tidak mampu membaca. Kesulitan menulis pada anak dengan kebutuhan khsus biasanya terkait dengan belum mampunya anak memegang alat tulis dengan benar.

6) Tidak Paham Arah

18 Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus
Tidak Paham Arah

Salah satu karakteristik anak dengan kebutuhan khusus adalah disorientasi, atau tidak mampu memahami orientasi, baik waktu maupun arah. Anak dengan kebutuhan khusus kerap kebingungan ketika ditanya arah seperti timur, selatan, utara dan sebagainya.

7) Bersikap Sesuai Kebiasaan

18 Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus
Bersikap Sesuai Kebiasaan

Anak dengan kebutuhan khusus memiliki pola kebiasaan tetap, dimana pola tersebut yang sudah dianggap sebagai sesuatu yang aman. Dan kebiasaan itu dilakukan akan terus dilakukan hingga dewasa. Pola kebiasaan yang dimaksud misalnya, setelah makan, mandi, duduk diteras lalu menonton tv, jika pola tersebut diubah menjadi makan, menonton tv, duduk diteras lalu mandi akan membuat anak berkebutuhan khusus terganggu. Memaksakan perubahan kebiasaan ini akan membuat anak dengan kebutuhan khusus mengalami kecemasan dan kegelisahan berlebihan.

8) Memiliki Kebiasaan Suka Meniru

18 Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus
Memiliki Kebiasaan Suka Meniru

Echolalia ataupun membeo adalah salah satu karakteristik anak dengan kebutuhan khusus yang harus di hadap dengan penuh kesabaran. Anak dengan kebutuhan khusus kerap suka meniru tingkah laku, gaya bicara orang terdekat atau orang yang dianggapnya menarik.

9) Kerap Iri Dengan Orang Lain

18 Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus
Kerap Iri Dengan Orang Lain

Anak dengan kebutuhan khusus yang sudah dewasa seringkali masih memiliki perasaan dan pola pikir balita yang membuatnya mudah iri pada orang lain yang dianggapnya mendapatkan perhatian yang berlebihan. Pada umumnya dia ingin mendapatkan perhatian seperti yang didapatkan oleh orang lain.

10) Perubahan Mood Tanpa Alasan

18 Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus
Perubahan Mood Tanpa Alasan

Anak dengan kebutuhan khusus dapat tertawa, menangis ataupun marah tanpa alasan yang jelas. Hal ini karena anak dengan kebutuhan khusus tidak mampu mengendalikan emosi.

11) Memiliki Kecenderungan Introvert

18 Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus
Memiliki Kecenderungan Introvert

Anak dengan kebutuhan khusus memiliki kecenderungan untuk tetap pada kondisi yang menurutnya nyaman dan aman sehingga sulit membuka diri dengan lingkungan baru. Jika dipaksakan dalam kondisi dengan lingkungan ramai dan orang baru, anak dengan kebutuhan khusus akan menjadi sosok Introvert yang sangat tertutup.

12) Memiliki Kecenderungan Untuk Melukai Tubuh Sendiri

18 Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus
Memiliki Kecenderungan Untuk Melukai Tubuh Sendiri

Anak dengan kebutuhan khusus tidak mampu membedakan bahaya atau tidak, salah atau benar, baik atau buruk. Karena itu baik disadari maupun tidak, anak dengan kebutuhan khusus memiliki kecenderungan untuk melukai tubuhnya sendiri karena mungkin saja apa yang dilakukannya tidak dianggap sebagai sesuatu yang menyakitkan.

13) Memiliki Kecenderungan Emosional Tinggi

18 Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus
Memiliki Kecenderungan Emosional Tinggi

Anak dengan kebutuhan khusus mudah sekali emosi, tak hanya marah, namun terkadang mereka dapat tiba tiba terhanyut dalam kesepian dan depresi mendalam. Untuk menghadapi karakteristik ini, keluarga harus selalu mendampingi sang anak hingga moodnya kembali membaik.

14) Mudah Berprasangka Buruk

18 Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus
Mudah Berprasangka Buruk

Anak dengan kebutuhan khusus memiliki kecenderungan menafsirkan dan menyimpulkan segala sesuatu secara negatif. Butuh kesabaran ekstra untuk menghadapi karakteristik yang satu ini.

15) Berbicara Tanpa Henti

18 Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus
Berbicara Tanpa Henti

Anak dengan kebutuhan khusus memiliki karakteristik berbicara tanpa henti dan tanpa makna dimana hal yang dia ucapkan terkadang mengulang kalimat yang dianggapnya menarik secara terus menerus.

16) Mudah Gugup Saat melakukan Sesuatu Yang Baru

18 Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus
Mudah Gugup Saat melakukan Sesuatu Yang Baru

Jika anak dengan kebutuhan khusus dipaksa atau terpaksa melakukan sesuatu yang baru akanmembuat dirinya menjadi cemas dan gelisah. Salah satu tanda kegelisan yang dapat diamati diantara sering menyedot jari tangan, mengigit jari, menggaruk garuk kulit atau benda sekitar dengan kuku. Maka untuk mengindari tindakan tindakan yang berbahaya , dibutuhkan pendampingan setiap waktu.

Baca Juga : 15 Tips Supaya Bayi Berjalan Dalam Waktu Cepat

17) Memiliki Rasa Sensitif yang Tinggi

18 Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus
Memiliki Rasa Sensitif yang Tinggi

Anak dengan kebutuhan khusus memiliki tingkat kesensitifan yang begitu tinggi. Meskipun mereka sulit diajak berkomunikasi namun jika ada hal yang menyinggung mereka, mereka segera menyadari hal itu dan melakukan reaksi. Reaksi yang dapat muncul beragam, mulai pemberontakan, pernyataan ketidaksukaan dan kemungkinan terburuk yang dapat terjadi adalah tindakan anarkis.

18) Sering Melamum Dengan Tatapan Kosong

18 Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus
Sering Melamum Dengan Tatapan Kosong

Anak dengan kebutuhan khusus memiliki kecenderungan melamun dengan tatapan kosong, ketika hal ini terjadi, sebenarnya anak dengan kebutuhan khusus sedang asyik menikmati dunianya sendiri.

Demikian ulasan mengenai 18 karakteristik anak berkebutuhan khusus. Semoga bermanfaat.

Baca Juga